Naskah iklan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Naskah iklan (Inggris: copywriting) adalah naskah yang ditulis oleh seorang penulis naskah iklan untuk disebarluaskan guna kepentingan komersial.[1] Contohnya, naskah iklan televisi, radio, majalah, koran, baliho, spanduk, dan lain sebagainya. Penulis naskah iklan lazim disebut copywriter, naskah atau teksnya disebut copy atau copywriting. Copywriting juga bisa berarti kegiatan menulisnya.

Dalam praktiknya, naskah iklan tidak hanya berupa iklan konvensional atau berkategori above the line (seperti iklan televisi, radio, atau media cetak), melainkan naskah promosi apapun yang dibutuhkan oleh industri.[2] Misalnya, teks situs web, kalender, brosur, semboyan perusahaan/produk (tagline), surat penjualan (sales letter), rilis pers (press release), direct mail, nawala (newsletter], dan masih banyak lagi.

Seorang penulis naskah iklan dituntut untuk mampu menulis teks secara kreatif dan berdasarkan riset. Ia juga wajib menguasai teknik penulisan di banyak media, seperti cetak, situs web, audio, dan audiovisual.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Madjadikara, Agus S. (2005). Bagaimana Biro Iklan Memproduksi Iklan. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama. pp. 19–20. ISBN 9789792209808. 
  2. ^ "Job Description: Copywriter". CreativePool. 2015-07-29. Diakses tanggal 2017-09-25. 
  3. ^ "Copywriter Job Description". Snagajob. 2012. Diakses tanggal 2017-09-25.