Berkas Swipe

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Berkas Swipe (Inggris: swipe file) adalah kumpulan surat iklan dan penjualan yang teruji dan terbukti. Menyimpan berkas swipe adalah praktik umum yang digunakan oleh penulis naskah iklan dan direktur kreatif sebagai referensi ide untuk proyek.[1] Penulis dan penerbit dapat mengambil manfaat dari membuat berkas swipe dari judul terlaris untuk memberi mereka ide untuk judul mereka sendiri. Humas dapat membuat berkas swipe dari berita utama siaran pers yang bagus. Copywriter juga perlu menyimpan salinan iklan berkas swipe untuk inspirasi di masa mendatang.[2]

Setiap penulis non fiksi membutuhkan berkas swipe yang dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan, seperti menulis di situs web, artikel blog, surel, atau kampanye media sosial. Penulis dapat mengambil informasi langsung melalui berkas swipe alih-alih harus menemukan ide yang segar. Berkas swipe memungkinkan waktu yang lebih sedikit untuk menyelesaikan proyek-proyek non fiksi.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Stillman, Jessica (2014-07-03). "New Small-Business Must-Have: A Swipe File". Inc.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-07-25. 
  2. ^ Parker, Sam (2010-04-26). "Routes into Copywriting — best bits from the live Q&A". the Guardian (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-07-25. 
  3. ^ Collins, Bryan (2014-11-24). A Handbook for the Productive Writer: 33 Ways You Can Finish What You Started (dalam bahasa Inggris). Bryan Collins.