Nababan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Nababan
Tambak Ompu Domiraja Nababan di Tipang, Baktiraja, Humbang Hasundutan.
Aksara Batakᯉᯅᯅᯉ᯲
Nama margaNababan
GelarBorsak Mangatasi
Silsilah
Jarak
generasi
dengan
Siraja Batak
1Si Raja Batak
2Raja Isumbaon
3Tuan Sori Mangaraja
4Tuan Sorba Di Banua
(Raja Nai Suanon)
5Si Raja Sumba
6Toga Sihombing
7Nababan
Nama lengkap
tokoh
Borsak Mangatasi Nababan
Nama anakSiantar Julu
Kekerabatan
Induk margaSihombing
Persatuan
marga
Toga Sihombing
Kerabat
marga
Turunan
  • Sandar Nagodang
  • Tuan Sirumonggur
PadanSitorus Pane
Asal
SukuBatak
EtnisBatak Toba
Daerah asalTipang, Baktiraja

Nababan (Surat Batak: ᯉᯅᯅᯉ᯲) adalah salah satu marga Batak Toba yang berasal dari Tipang, Baktiraja, Humbang Hasundutan.

Asal[sunting | sunting sumber]

Raja Sumba
Toga Simamora Toga Sihombing
PurbaManaluDebatarajaTuan Sumerham (Rambe)Borsak Junjungan (Silaban) Borsak Sirumonggur (Lumbantoruan) Borsak Mangatasi (Nababan) Borsak Bimbinan (Hutasoit)

Menurut versi lain, Nababan, termasuk keturunan Sihombing yang lain (Silaban, Lumbantoruan, dan Hutasoit), bersaudara dengan keturunan marga Simamora yaitu Purba, Manalu, dan Simamora Debataraja (Rambe tidak termasuk karena beda ibu). Karena yang melahirkan mereka adalah Siboru Panggabean boru Lontung, sehingga mereka disebut sebagai Pitu Saina (artinya Tujuh Satu Ibu).

Leluhur marga Nababan adalah Borsak Mangatasi, anak ketiga Toga Sihombing. Keturunan lainnya berturut-turut dari yang paling tua, yakni Borsak Jungjungan (Silaban), Borsak Sirumonggur (Lumbantoruan), dan Borsak Bimbinan (Hutasoit).

Semula, Sihombing bermukim di Pulau Samosir. Namun, Sihombing beserta keempat anaknya (Silaban, Lumbantoruan, Nababan, Hutasoit) berpindah ke seberang Danau Toba, ke wilayah yang bernama Tipang. Daerah ini berada di pinggir pantai selatan Danau Toba, dengan pesisir yang sempit dan dikelilingi perbukitan yang cukup tinggi di sebelah selatannya. Bakkara, tempat pemukiman para Si Singamangaraja turun temurun, berada tidak jauh dari Tipang.

Di kemudian hari, keturunan Toga Sihombing juga menyebar dari Tipang di pesisir Danau Toba ke dataran yang lebih tinggi di Humbang. Keturunan Nababan yang membuka kampung di Sipultak adalah Ompu Domi Raja Nababan. Dari Sipultak, kemudian berpindah ke Balige, dan kembali lagi ke Sipultak.

Ompu Domi Raja mempunyai 2 orang anak laki-laki, yaitu Sandar Nagodang yang menyebar ke Lumban Patik, dan Tuan Sirumonggur yang menyebar ke Sitabotabo. Dari kedua daerah inilah, secara bertahap keturunan Nababan berpencar di berbagai daerah di dataran tinggi Humbang, yaitu:

  1. Nagasaribu, Lintongnihuta, dan sekitarnya
  2. Butar Toruan (Lumbantongatonga, Paniaran, dan Lumban Motung), dan sekitarnya
  3. Sitabotabo dan sekitarnya
  4. Sipultak dan sekitarnya
  5. Hitetano, Toba.

Keturunan Sandar Nagodang pertama bermukim di Lumbantongatonga. Sedang, keturunan Tuan Sirumonggur pertama bermukim di Sitabotabo.

Keturunan Toga Sihombing lainnya (Silaban, Lumbantoruan, Hutasoit) juga menyebar di daerah Humbang, yaitu:

  1. Silaban di Silabanrura, Butar, dan Sijamapolang.
  2. Lumbantoruan di Lintong Nihuta, Sipultak, Butar Dolok, Bahalbatu, Sibaragas, dan sekitarnya.
  3. Hutasoit di Silait-lait, HCB, Lintongnihuta, dan sekitarnya.

Seiring pertumbuhan populasi marga Nababan yang cepat, keluarga-keluarga Nababan yang baru menyebar ke berbagai tempat lainnya, terutama sejak masa revolusi kemerdekaan Indonesia. Beberapa di antaranya banyak yang menyebar ke Sidikalang, Dairi, Kutacane, Aceh Tenggara, Silangkitang, Pahae Jae, Hitetano, Habinsaran, Porsea dan ke kota-kota besar di Sumatera dan pulau lainnya di Indonesia.

Tarombo[sunting | sunting sumber]

Raja Sumba
Toga Simamora Toga Sihombing
PurbaManaluDebatarajaTuan Sumerham (Rambe)Borsak Junjungan (Silaban) Borsak Sirumonggur (Lumbantoruan) Borsak Mangatasi (Nababan) Borsak Bimbinan (Hutasoit)

Tokoh[sunting | sunting sumber]

Beberapa tokoh yang bermarga Nababan, di antaranya adalah:

Referensi[sunting | sunting sumber]