Munggangsari, Grabag, Purworejo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Munggangsari
Desa
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Tengah
KabupatenPurworejo
KecamatanGrabag
Kodepos54265
Luas... km²
Jumlah penduduk... jiwa
Kepadatan... jiwa/km²

Munggangsari adalah sebuah desa di kecamatan Grabag, Purworejo, Jawa Tengah, Indonesia. Desa ini berjarak sekitar 2 kilometer dari pusat pemerintahan kecamatan Grabag atau 25 kilometer baratdaya ibukota kabupaten. Wilayah selatan desa ini berbatasan langsung dengan Samudra Hindia.

Batas wilayah[sunting | sunting sumber]

Batas-batas wilayahnya adalah sebagai berikut:

Utara Desa Duduwetan, Desa Rejosari dan Desa Ketawangrejo
Timur Desa Ketawangrejo
Selatan Samudra Hindia
Barat Desa Pasaranom dan Desa Kertojayan

Pembagian wilayah[sunting | sunting sumber]

  1. Dusun Munggangsari Kulon
  2. Dusun Munggangsari Wetan

Potensi[sunting | sunting sumber]

Munggangsari merupakan desa agraris. Sejak tahun 1988, desa ini terkenal sebagai desa penghasil semangka terbesar di daerahnya, bahkan mulai tahun 1998 para petani semangka telah mulai ekspansi menanam semangka di kecamatan lain, bahkan di pulau Sumatera. Saat ini, berbagai macam tanaman palawija berhasil dikembangkan para petani di desa ini, terutama jagung, dan bahkan terong dan cabe. Di saat musim kemaraupun para petani berhasil menanam dan mengembangkan berbagai tanaman pangan dan sayuran dengan teknologi sumur bor dan diesel.

Selain itu, Munggangsari juga terkenal sebagai desa penghasil gula kelapa (gula Jawa) di Purworejo. Selain bercocok tanam, sebagian besar masyarakat Munggangsari bekerja sebagai penderes kelapa (pengambil nira kelapa). Kebon kelapa mereka terletak di daerah pesisir (pantai) +/- 800m dari tempat tinggal. Model pertanian dan industri rumah tangga inilah yang dapat mendongkrak perekonomian warga desa.