Kese, Grabag, Purworejo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search

Kese adalah sebuah desa di kecamatan Grabag, Kabupaten Purworejo, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Desa ini Terbagi menjadi 2 Dusun yaitu Rumping Jaya dan Kemayungan. Di sebelah utara Desa Kese terdapat 2 pedukuhan di tengah sawah yaitu Ngenthak dan Njetis yang masih masuk dalam wilayah dusun Rumping Jaya.

Mata Pencaharian[sunting | sunting sumber]

Mayoritas penduduk Desa Kese bekerja sebagai petani dan juga pedagang, ada pula yang menyadap nira kelapa untuk dibuat gula merah (gula jawa), sebagai PNS (Mayoritas Guru), Pegawai Bank dan juga Wiraswasta. Para Pemuda Desa Kese banyak yang merantau karena memang masih minimnya lapangan kerja di Kabupaten Purworejo, kebanyakan dari mereka merantau ke Jakarta.

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Tingkat pendidikan warga Desa Kese tergolong tinggi dimana rata - rata warganya lulus perguruan tinggi dan minimal Sekolah Menengah Atas. Banyak pula anak anak Desa Kese yang menuntut ilmu di Pondok - pondok Pesantren.

Letak Geografis[sunting | sunting sumber]

Luas wilayah Desa Kese adalah 66,075 Ha. Secara Geografis Kese berbatasan langsung dengan Desa Kumpul Rejo dan Karang Wuluh di sebelah barat, Kebondalem di sebelah utara dan timur, Dukuh Dungus di sebelah tenggara serta Tlepok Wetan dan Tlepok Kulon di sebelah selatan. Desa Kese termasuk dalam kategori Daerah dataran rendah dengan ketinggian ±14 meter dari permukaan laut (mdpl).

Pertanian[sunting | sunting sumber]

Lahan di Desa Kese adalah lahan basah dengan pengairan dari Waduk Wadas Lintang Kebumen. Hasil pertanian utama adalah Padi. Namun, ada juga beberapa Petani yang menanam buah jeruk di sawah mereka. Di waktu musim kemarau, ketika jatah air dari saluran irigasi berkurang, banyak petani yang menanam kacang hijau, mentimun atau palawija yang lain.