Muliaman Darmansyah Hadad

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Muliaman Darmansyah Hadad
Lahir 3 April 1960 (umur 57)
Bekasi
Kebangsaan Indonesia
Pekerjaan Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan

Muliaman Darmansyah Hadad (lahir di Bekasi, Jawa Barat, 3 April 1960; umur 57 tahun) merupakan mantan Deputi Gubernur Bank Indonesia yang saat ini menjabat sebagai Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Muliaman merupakan salah satu nama calon Dewan Komisioner OJK yang dipilih langsung oleh presiden pada Mei 2012. Dan ia menjadi pilihan Komisi XI DPR untuk menduduki kursi Ketua Dewan Komisioner OJK.[1]

Sebagai salah satu nama yang lolos dalam tes tahap terakhir calon Dewan Komisioner OJK yang dipilih langsung oleh presiden, Muliaman menjalani tes wawancara dan kelayakan bersama dengan 13 calon lainnya pada Mei 2012.Dan pada akhirnya, dia menjadi pilihan Komisi XI DPR untuk menduduki kursi Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Biografi singkat[sunting | sunting sumber]

Dilahirkan di Bekasi pada tanggal 3 April 1960, semenjak Sekolah Dasar telah menyelesaikan sekolahnya lebih cepat dari yang seharusnya. Masuk Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia pada tahun 1979 mengambil Jurusan Studi Pembangunan dan memperoleh gelar Sarjana Ekonomi pada tahun 1984, yang merupakan salah satu lulusan tercepat diangkatannya. Pada tahun 1990 mengambil pendidikan S2 di John F Kennedy School of Government, Harvard University, USA dan memperoleh gelar Master of Public Administration pada tahun 1991. Selanjutnya pada tahun 1996, Muliaman mendapatkan gelar Doctor of Philosophy dari Faculty of Bussines and Economics, Monash University, Australia.

Mulai berkarya di Bank Indonesia pada tahun 1986 sebagai staf umum di Kantor Bank Indonesia cabang Mataram. Demikian juga saat berkarya di Bank Indonesia merupakan Deputi Gubernur termuda pada saat itu dan menjabat sampai sekarang. Sebagian besar waktunya di Bank Indonesia digunakan untuk menekuni bidang perbankan. Selain perbankan, bidang lain yang pernah digeluti adalah bidang perencanaan strategis dan program transformasi organisasi.

Disamping tugas kedinasan, beberapa pengalaman organisasi yang penting adalah sebagai Sekjen PP ISEI (2003-2006 dan 2006-2009), Sekretaris Dewan Penasehat Indonesian Risk Proffesionals Association (IRPA), dan Ketua Komite Evaluasi Program Pendidikan dan Latihan Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (LPPI). Selain itu, Muliaman saat ini juga berkarya sebagai Dosen Pasca Sarjana Universitas Indonesia dan Ketua ILUNI FE 2007-2010.

Selain dikenal aktif dalam mangahasilkan tulisan ilmiah yang diterbitkan pada berbagai jurnal, Muliaman juga sering tampil sebagai pembicara di berbagai forum internasional, khususnya untuk topik kerangka peraturan keuangan dan kestabilan sistem keuangan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Muliaman Darmansyah Hadad, profil.merdeka.com

Pranala luar[sunting | sunting sumber]