Mosfilm

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Киноконцерн «Мосфильм»
Kinokontsern Mosfilm
Jenis Perusahaan
Industri/jasa Film
Didirikan 30 Januari 1924
Kantor pusat Moskwa, Rusia
Tokoh penting Karen Shakhnazarov (pemimpin)
Produk Film
Acara televisi
Karyawan 1.500
Situs web www.mosfilm.ru

Mosfilm (bahasa Rusia: Мосфильм, Mosfil'm diucapkan [məsˈfʲilʲm]) adalah salah satu studio film terbesar dan tertua di Rusia dan Eropa.[1] Studio ini telah memproduksi banyak film peraih penghargaan sejak zaman Soviet, meliputi film-film karya Sergei Eisenstein dan Andrei Tarkovsky yang dianggap sebagai sutradara besar Soviet.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Unit produksi film yang dilengkapi fasilitas studio pertama di Moskwa didirikan pada bulan November 1923 oleh Aleksandr Khanzhonkov dan Iosif Ermolev sebagai bagian dari Goskino. Film pertama produksi Mosfilm adalah На крыльях ввысь (Na kryl'yakh vvys', Kepak Sayap ke Langit) yang disutradarai oleh Boris Mikhin.

Pada tahun 1927, kompleks studio film baru mulai dibangun di kawasan Bukit Lenin, Moskwa, yang lantas dinamai Perusahaan Gabungan Soyuzkino Peringatan Sepuluh Tahun Revolusi Oktober Moskwa. Pada tahun 1934, namanya diubah jadi Moskinokombinat, lalu Mosfilm pada tahun 1936. Pada bulan Agustus 1941, saat Perang Patriotik Raya berkecamuk, awak studio film ini diungsikan ke Alma-Ata, RSS Kazakhstan, lalu bergabung dengan unit produksi film Soviet lainnya membentuk Pusat Studio Film Gabungan (TsOKS). Awak Mosfilm baru dipulangkan ke Moskwa pada akhir 1943.

Logo legendaris Mosfilm, yang menampilkan monumen Buruh dan Wanita Kolkhoz karya Vera Mukhina dan Menara Spasskaya di lingkungan Kremlin Moskwa, pertama kali muncul pada tahun 1947 dalam film komedi musikal Весна (Vesna, Musim Semi) yang disutradarai Grigori Aleksandrov serta dibintangi Lyubov Orlova dan Nikolay Cherkasov.

Hingga bubarnya Uni Soviet, Mosfilm telah memproduksi lebih dari 3.000 film. Setelah itu, Mosfilm beroperasi sebagai perusahaan produksi film semi-pemerintah yang dipimpin sutradara Karen Shakhnazarov. Pada tahun 2011, Mosfilm merilis sejumlah film klasik produksinya untuk ditonton gratis secara daring.[2]

Film-film pilihan[sunting | sunting sumber]

Disutradarai Sergei Eisenstein
Disutradarai Andrei Tarkovsky
Lainnya

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Russian film goes global". ANO "TV-Novosti". 25 April 2010. Diakses tanggal 19 November 2016. 
  2. ^ Mosfilm uploads celluloid classics to YouTube

Pranala luar[sunting | sunting sumber]