Monster's Ball

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Monster's Ball
Monsterspub1.jpg
Poster film Monster's Ball
Sutradara Marc Forster
Produser Lee Daniels
Skenario Milo Addica
Will Rokos
Pemeran Billy Bob Thornton
Halle Berry
Heath Ledger
Peter Boyle
Musik Asche and Spencer
Sinematografi Roberto Schaefer
Penyunting Matt Chesse
Perusahaan
produksi
Lee Daniels Entertainment
Distributor Lionsgate Films
Tanggal rilis
  • 11 November 2001 (2001-11-11) (Festival Lembaga Film Amerika)
  • 26 Desember 2001 (2001-12-26) (terbatas di Amerika Serikat)
  • 1 Maret 2002 (2002-3-1) (secara luas di Amerika Serikat)
Durasi
112 menit[1]
Negara Amerika Serikat
Bahasa Inggris
Anggaran $4 juta[2]
Pendapatan kotor $44,909,486[2]

Monster's Ball adalah film drama romantis Amerika Serikat tahun 2001 yang disutradarai oleh Marc Forster dan diproduseri oleh Lee Daniels. Naskah film ini ditulis oleh Milo Addica dan Will Rokos. Film ini dibintangi oleh Billy Bob Thornton, Halle Berry, Heath Ledger dan Peter Boyle.

Film Monster's Ball ditayangkan secara perdana di Festival Lembaga Film Amerika pada tanggal 11 November 2001 dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 26 Desember 2001 secara terbatas dan 1 Maret 2002 secara luas. Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Hank Grotowski (Billy Bob Thornton) dan putranya, Sonny (Heath Ledger), bekerja sebagai perwira di sebuah penjara di Louisiana. Mereka tinggal dengan ayah Hank yang sakit, Buck (Peter Boyle), seorang pensiunan perwira yang istrinya bunuh diri.

Hank merupakan wakil kepala penjara. Ia mengawal eksekusi terpidana pembunuh, Lawrence Musgrove (Sean Combs). Seperti yang dijelaskan kepada Sonny oleh Hank, di kedai makan malam sebelumnya, "Monster's Ball" merupakan sebutan dari tim eksekusi malam itu. Prosesnya terbukti terlalu kuat bagi Sonny ketika ia mengawal Lawrence ke kursi listrik sehingga Lawrence muntah dan kemudian ambruk.

Hank berseteru dengan Sonny di kamar mandi penjara setelah itu, lalu ia menamparnya karena "terlalu lemah" dan "merusak jalan terakhir seorang pria". Di rumah, Hank menyerang Sonny di tempat tidurnya dan menyuruhnya keluar dari rumah. Sonny mengambil pistol dan mengancam ayahnya, membuat Hank mundur. Perseteruan berakhir di ruang tamu mereka dengan Hank di bawah todongan senjata, tiarap di atas karpet dan Sonny di kursi Buck. Sonny bertanya kepada ayahnya apakah ia membenci Sonny. Setelah Hank dengan tenang menegaskan bahwa ia memang membencinya, Sonny menjawab, "Baik, aku selalu mencintaimu," dan kemudian menembak dirinya sendiri di dadanya dan meninggal seketika.

Hank mengubur Sonny di kebun belakang dengan upacara pemakaman singkat karena Sonny lemah, seperti komentar Buck. Hank kemudian mundur dari pekerjaannya, membakar seragamnya di halaman belakang dan mengunci pintu kamar Sonny. Ia membeli pompa bensin lokal dalam upaya menemukan kesamaan dengan ayahnya dan memberikan pengalihan di masa pensiunnya. Selama beberapa tahun penahanan Lawrence, istrinya, Leticia (Halle Berry), telah bekerja sambil membesarkan putra mereka, Tyrell (Coronji Calhoun), yang mewarisi bakat seni ayahnya. Leticia menghina Tyrell karena kegemukan. Seiring dengan masalah rumah tangganya, Leticia kesulitan memenuhi kebutuhan secara finansial, menyebabkan kehilangan mobil keluarga dan yang lebih buruk lagi, pemberitahuan penggusuran di rumahnya. Karena sangat membutuhkan uang, Leticia mengambil pekerjaan di sebuah restoran yang sering dikunjungi oleh Hank.

Suatu malam ketika hujan, Leticia dan Tyrell berjalan menyusuri jalan raya yang basah ketika Tyrell ditabrak oleh sebuah mobil. Hank, yang kebetulan mengemudi dan melihat Leticia dan Tyrell, setelah awalnya ragu-ragu, menghampiri dan mengantar mereka ke rumah sakit di mana Tyrell meninggal seketika. Atas saran pihak berwenang di rumah sakit, Hank mengantarkan Leticia pulang.

Beberapa hari kemudian, Hank mengantarkan Leticia pulang dari restoran. Mereka mulai berbicara di dalam mobil tentang duka mereka dan Leticia mengundang Hank ke rumahnya. Hank mengetahui bahwa Leticia adalah istri Lawrence, meskipun ia tidak memberitahu Leticia bahwa ia terlibat dalam eksekusi suaminya. Mereka melampiaskan kesedihan mereka dengan alkohol dan berhubungan intim.

Leticia berhenti di rumah Hank dan membawa hadiah untuknya, namun Hank tidak ada di sana. Leticia bertemu dengan Buck, yang menghinanya dan menunjukkan bahwa Hank hanya terlibat dengannya karena ia menikmati hubungan intim dengan wanita berkulit hitam. Leticia, yang merasa tersinggung dengan pernyataan itu, menolak berhubungan dengan Hank. Mengetahui hal ini, Hank memutuskan untuk membawa ayahnya ke panti jompo.

Leticia diusir dari rumahnya karena tidak membayar biaya sewa, lalu Hank meminta Leticia untuk pindah bersamanya. Leticia kemudian mengetahui keterlibatan Hank dalam kematian suaminya ketika ia menemukan gambar Hank yang dibuat oleh Lawrence ketika ia menunggu eksekusi. Leticia sedih, namun ia menunggu Hank ketika ia kembali dari kota dengan es krim. Film ini berakhir dengan mereka berdua makan es krim bersama di teras belakang.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Billy Bob Thornton sebagai Hank Grotowski
  • Halle Berry sebagai Leticia Musgrove
  • Heath Ledger sebagai Sonny Grotowski
  • Peter Boyle sebagai Buck Grotowski
  • Coronji Calhoun sebagai Tyrell Musgrove
  • Sean Combs sebagai Lawrence Musgrove
  • Mos Def sebagai Ryrus Cooper
  • Will Rokos sebagai Warden Velesco
  • Milo Addica sebagai Tommy Roulaine
  • Charles Cowan Jr. sebagai Willie Cooper
  • Amber Rules sebagai Vera

Tanggapan Kritikus[sunting | sunting sumber]

Film Monster's Ball mendapatkan review positif dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 85%, berdasarkan 143 ulasan, dengan rating rata-rata 7.3/10.[3] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 69 dari 100, berdasarkan 32 kritik, menunjukkan "ulasan yang baik".[4]

Box Office[sunting | sunting sumber]

Film Monster's Ball mendapatkan $31,273,922 di Amerika Utara dan $13,635,564 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $44,909,486, melebihi anggaran produksi film $4 juta.[2]

Pada pembukaan akhir pekan secara terbatas, film ini mendapatkan $110,552, menempati posisi ke-29 di box office. Namun, pada pembukaan akhir pekan secara luas, film ini mendapatkan $1,800,243, menempati posisi ke-17 di box office.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Monster's Ball (15)". British Board of Film Classification. March 20, 2002. Diakses tanggal July 10, 2015. 
  2. ^ a b c d "Monster's Ball (2001)". Box Office Mojo. Diakses tanggal October 12, 2012. 
  3. ^ "Monster's Ball (2001)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal February 13, 2018. 
  4. ^ "Monster's Ball reviews". Metacritic. Diakses tanggal February 13, 2018. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]