Finding Neverland

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Finding Neverland
Findingneverlandposter.jpg
Poster film Finding Neverland
Sutradara Marc Forster
Produser Richard N. Gladstein
Nellie Bellflower
Skenario David Magee
Berdasarkan The Man Who Was Peter Pan 
oleh Allan Knee
Pemeran Johnny Depp
Kate Winslet
Julie Christie
Radha Mitchell
Dustin Hoffman
Musik Jan A. P. Kaczmarek
Sinematografi Roberto Schaefer
Penyunting Matt Chesse
Perusahaan
produksi
FilmColony
Distributor Miramax Films
Tanggal rilis
  • 4 September 2004 (2004-9-4) (Festival Film Venesia)
  • 29 Oktober 2004 (2004-10-29) (Britania Raya)
  • 12 November 2004 (2004-11-12) (terbatas di Amerika Serikat)
  • 17 Desember 2004 (2004-12-17) (secara luas di Amerika Serikat)
Durasi
101 menit[1]
Negara Britania Raya
Amerika Serikat
Bahasa Inggris
Anggaran $25 juta[2]
Pendapatan kotor $116,766,556[2]

Finding Neverland adalah film biografi drama keluarga tahun 2004 yang disutradarai oleh Marc Forster dan diproduseri oleh Richard N. Gladstein dan Nellie Bellflower. Naskah film ini ditulis oleh David Magee berdasarkan drama The Man Who Was Peter Pan karya Allan Knee. Film ini dibintangi oleh Johnny Depp, Kate Winslet, Julie Christie, Radha Mitchell dan Dustin Hoffman.

Film Finding Neverland ditayangkan secara perdana di Festival Film Venesia pada tanggal 4 September 2004 dan dirilis di Britania Raya pada tanggal 29 Oktober 2004. Film ini dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 12 November 2004 secara terbatas dan 17 Desember 2004 secara luas. Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Film ini menceritakan tentang seorang penulis Skotlandia bernama J. M. Barrie (Johnny Depp), hubungan persaudaraannya dengan Sylvia Llewelyn-Davies (Kate Winslet) dan persahabatan dekatnya dengan putra Sylvia – George (Nick Roud), Jack (Joe Prospero), Peter (Freddie Highmore) dan Michael (Luke Spill) – yang menginspirasi drama klasik Peter Pan, or The Boy Who Never Grew Up.

Setelah mendapatkan kritik negatif atas dramanya, Little Mary, J. M. Barrie bertemu dengan Sylvia dan empat putranya yang masih kecil (George, Jack, Peter dan Michael) di Kensington Gardens, dan persahabatan mereka tumbuh dan menjadi erat. Barrie dapat membuktikan bahwa ia dapat menjadi seorang teman bermain dan sosok ayah pengganti bagi putra Sylvia, dan kejenakaan imajinatif putra Sylvia memberi Barrie ide-ide yang digabungkan ke dalam drama tentang anak laki-laki yang tidak ingin tumbuh dewasa, terutama bernama Peter, yang terinspirasi dari putra Sylvia yang bermasalah, Peter Llewelyn-Davies. Meskipun Barrie melihat keluarga ini sebagai orang yang luar biasa dan inspiratif, orang-orang mulai mempertanyakan hubungannya dengan keluarga Llewelyn-Davies. Sylvia merupakan seorang ibu tunggal, sementara suaminya meninggal karena kanker dan meninggalkan Sylvia dengan empat putranya untuk membesarkan dirinya sendiri. Istri Barrie, Mary (Radha Mitchell), yang akhirnya menceraikannya, dan ibu Sylvia, Emma du Maurier (Julie Christie), keberatan dengan waktu yang dihabiskan Barrie bersama keluarga Llewelyn-Davies. Emma juga berusaha mengendalikan putrinya dan cucunya, terutama karena Sylvia menjadi semakin lemah karena penyakit langka. Sepanjang perjalanan, Barrie melanjutkan petualangan bersama Sylvia dan empat putranya. Barrie juga merasa dirinya merupakan seorang anak laki-laki dan menghabiskan waktu bersama keluarga adalah suatu hal yang istimewa. Barrie melakukan petualangan yang dimiliki dengan empat putra Sylvia dan membuat mereka terlibat dalam sebuah drama yang disebut Peter Pan.

Produser Charles Frohman (Dustin Hoffman) ragu-ragu untuk menyetujui penyusunan drama Peter Pan, meskipun ia yakin bahwa drama itu tidak memiliki daya tarik bagi para penonton teater kelas atas. Barrie memberikan pertunjukkan kepada penonton pada malam pembukaan dengan anak-anak dari panti asuhan di dekatnya, dan orang dewasa yang hadir bereaksi terhadap kesenangan mereka yang tertular dengan apresiasi mereka sendiri. Drama itu terbukti sukses besar. Barrie mengatur persiapan drama Peter Pan, tetapi ketika Peter tiba sendirian untuk tampil, Barrie bergegas ke rumah Sylvia untuk memeriksanya dan kehilangan pertunjukkannya. Peter menghadiri drama dan menyadari dramanya adalah tentang saudara-saudaranya dan Barrie.

Sylvia terlalu sakit untuk menghadiri acara malam pembukaan sehingga Barrie mengatur untuk melakukan pertunjukkan kecil yang dilakukan di rumahnya. Barrie telah memiliki aktor, alat peraga dan musisi bersama di rumah keluarga Llewelyn-Davies. Pada akhir drama, Peter Pan menunjuk ke pintu belakang dan menyiratkan bahwa Sylvia harus pergi ke Neverland. Sylvia meraih tangan putranya dan perlahan berjalan keluar ke Neverland. Ruang tamu dan kebun belakang berubah menjadi Neverland dan Sylvia terus berjalan sendiri.

Beberapa tahun kemudian, semua orang menghadiri pemakaman Sylvia. Barrie mengetahui bahwa surat wasiatnya memberitahu bahwa Barrie dan Emma harus menjaga empat putranya dan ia menyetujuinya. Film ini berakhir dengan Barrie menemukan Peter di bangku taman tempat mereka pertama kali bertemu setelah Peter kabur dari pemakaman. Peter memegang bukunya di mana ia menulis drama yang dirobeknya dan bahwa ibunya menempel kembali untuknya. Barrie duduk dan merangkul Peter untuk menghiburnya. Keduanya menghilang dan yang tersisa hanyalah bangku taman tersebut.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Tanggapan Kritikus[sunting | sunting sumber]

Film Finding Neverland mendapatkan review positif dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 82%, berdasarkan 204 ulasan, dengan rating rata-rata 7.5/10.[3] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 67 dari 100, berdasarkan 38 kritik, menunjukkan "ulasan yang baik".[4] Berdasarkan CinemaScore, film ini mendapatkan nilai "A" dari penonton film untuk skala A+ sampai F.[5]

Box Office[sunting | sunting sumber]

Film Finding Neverland mendapatkan $51,680,613 di Amerika Utara dan $65,085,943 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $116,766,556, melebihi anggaran produksi film $25 juta.[2]

Pada pembukaan akhir pekan secara terbatas, film ini mendapatkan $220,524, menempati posisi ke-26 di box office. Namun, pada pembukaan akhir pekan secara luas, film ini mendapatkan $1,960,122, menempati posisi ke-12 di box office.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Finding Neverland (PG)". British Board of Film Classification. August 4, 2004. Diakses tanggal May 15, 2013. 
  2. ^ a b c d "Finding Neverland (2004)". Box Office Mojo. Diakses tanggal October 12, 2012. 
  3. ^ "Finding Neverland (2004)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal February 13, 2018. 
  4. ^ "Finding Neverland reviews". Metacritic. Diakses tanggal February 13, 2018. 
  5. ^ "CinemaScore". cinemascore.com. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]