Mitsukurinidae

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Mitsukurinidae
Rentang fosil: 146–0 jtyl
Kapur Awal sampai Sekarang
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
Filum:
Kelas:
Ordo:
Famili:
Mitsukurinidae

Genera
Sinonim
  • Scapanorhynchidae

Mitsukurinidae adalah famili hiu dengan satu genus yang hidup, Mitsukurina, dan 5 genera fosil: Anomotodon, Protoscapanorhynchus, Pseudoscapanorhynchus, dan Scapanorhynchus, dan Woellsteinia,[1] meskipun beberapa taksonomis mempertimbangkan Scapanorhynchus adalah sinonim Mitsukurina.[2][3] Satu-satunya spesies hidup yang diketahui adalah hiu goblin, Mitsukurina owstoni.

Famili hiu ini dinamakan untuk menghormati Kakichi Mitsukuri yang membawa holotipe dari spesies satu-satunya di famili ini kepada David Starr Jordon untuk dijelaskan secara ilmiah.[4]

Ciri paling khas dari hiu goblin adalah moncongnya yang panjang, berbentuk sekop, seperti paruh, jauh lebih panjang daripada hiu lainnya. Hidung panjangnya ditutupi dengan ampulla Lorenzini yang memungkinkannya merasakan medan listrik kecil yang dihasilkan oleh mangsa di dekatnya, yang dapat ditangkapnya dengan memperbesar rahangnya dengan cepat.[5] Mereka juga memiliki rahang yang panjang dan menonjol.[6] Saat rahangnya ditarik kembali, hiunya mirip dengan hiu harimau pasir, Carcharias taurus, dengan hidung panjang yang tidak biasa. Hidungnya yang mirip hidung goblin menjadi alasan mengapa hiu tersebut dinamakan demikian. Hiu-hiu ini hanya terlihat sekitar 50 kali sejak penemuannya pada 1897.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Mikko's Phylogeny Archive
  2. ^ Froese, Rainer; Daniel Pauly, ed. (2010). "List of Nominal Species of Mitsukurinidae (Goblin shark)". FishBase. Diakses tanggal 2010-08-24. 
  3. ^ "Scapanorhynchus". Integrated Taxonomic Information System. 
  4. ^ Jordan, David Starr (1898). "Description of a species of fish (Mitsukurina owstoni) from Japan, the type of a distinct family of Lamnoid Sharks". Proceedings of the California Academy of Sciences. Series 3. 1: 199–201 – via Biodiversity Heritage Library. 
  5. ^ Stevens, J.; Last, P.R. (1998). Paxton, J.R.; Eschmeyer, W.N., ed. Encyclopedia of Fishes. San Diego: Academic Press. hlm. 63. ISBN 0-12-547665-5. 
  6. ^ Froese, Rainer and Pauly, Daniel, eds. (2005). "Mitsukurina owstoni" di situs FishBase. Versi 10 2005.