Hiu harimau pasir

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
hiu harimau pasir (Carcharias taurus)

Hiu harimau pasir (Carcharias taurus), sand tiger shark adalah spesies hiu berhabitat di perairan subtropis dan berilklim diseluruh dunia. hiu ini mendiami diwilayah landas benua, ia juga ditemui diterumbu karang atau diwilayah bangkai kapal . meskipun namanya hiu harimau pasir, hiu ini tidak memiliki hubungan dekat dengan hiu harimau (Galeocerdo cuvier), namun iya sesungguhnya ia sepupu dari hiu putih raksasa (Carcharodon carcharias). Selama masa kehamilan, embrio yang paling banyak dikembangkan akan memberi makan pada saudara kandungnya, sebuah strategi reproduksi yang dikenal sebagai kanibalisme intrauterine yaitu "embriophagy" atau juga disebut adelphophagy - secara harfiah berarti "makan saudaranya sendiri".

Nama umum[sunting | sunting sumber]

karena hiu harimau pasir tersebar diseluruh dunia, ia memiliki banyak nama umum. istilah "hiu harimau pasir" sebenarnya mengacu pada empat spesies hiu harimau pasir yang berbeda dalam keluarga Odontaspididae.selanjutnya namannya membuat kebingungan dengan hiu harimau Galeocerdo cuvier, dimana ia tidak terkait dengan hiu harimau pasir. namun hiu perawat abu-abu (grey nurse shark) nama yang umum digunakan di australia dan inggris, lalu di india ia disebut hiu perawat biru (blue-nurse sand tiger). walaupun dinamai hiu perawat hiu ini juga tidak ada kaitan nya dengan Ginglymostomatidae. lalu di afrika selatan ia dinamai hiu bergigi compang-camping (spotted ragged-tooth shark)[1].

Indetifikasi[sunting | sunting sumber]

ada empat jenis dari hiu harimau pasir

  1. hiu harimau pasir Carcharias taurus
  2. hiu harimau pasir india Carcharias tricuspidatus. Sangat sedikit yang diketahui tentang spesies ini yang, yang dijelaskan sebelum tahun 1900, mungkin sama dengan (sinonim dari) harimau pasir C. taurus.
  3. hiu harimau pasir bergigi kecil Odontaspis ferox. spesies ini penyebaran terdapat diseluruh dunia. dan jarang terlihat namun biasanya menghuni air yang lebih dalam daripada c.taurus.
  4. hiu harimau bermata besar Odontaspis noronhai. menghuni perairan dalam di amerika, hanya sedikit diketahui dari hiu ini
Diagram yang menunjukkan perbedaan antara C. taurus dan O. ferox

Masalah yang paling mungkin terjadi saat mengidentifikasi hiu macan pasir adalah saat berada di hadapan salah satu dari dua spesies Odontaspis. Pertama, harimau pasir biasanya ia sedikit berbintik, terutama pada bagian belakang tubuh. Namun, ada beberapa perbedaan lain yang mungkin lebih bisa diandalkan:

  1. dibawah bagian sirip ekor hiu harimau pasir sangat kecil;
  2. sirip punggung kedua hiu harimau pasir hampir sama besarnya dengan sirip punggung pertama (yaitu depan).
  3. Sirip punggung pertama (yaitu bagian depan) harimau pasir relatif tidak simetris;
  4. sirip punggung harimau pasir lebih dekat dengan sirip perut daripada sirip dada, sirip punggung pertama diposisikan lebih mundur.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

hiu harimau pasir bermata besar (Odontaspis noronhai),ditangkap oleh nelayan di hawaii

hiu harimau pasir dapat tumbuh sepanjang 2-3 meter[2] dan berat nya hingga 91-159 kilogram. kepala nya runcing, Tubuhnya kekar dan besar dan mulutnya melampaui mata. mata hiu harimau pasir yang kecil, dan kurang kelopak mata. Sebuah harimau pasir biasanya berenang dengan mulut terbuka menampilkan tiga baris yang gigi yang runcing,menonjol,dan bermata halus. hiu ini memiliki warna abu-abu keperakan dan berwarna putih di bagian bawah tubuhnya[3]. pada tahun 2007 spesimen albino terfoto di south west rock, australia. Gigi hiu ini tidak memiliki kelekatan melintang (seperti juga hiu lainnya) tapi memiliki ukuran yang besar. hiu ini jarang menyerang manusia biasanya ia akan menyerang jika merasa terusik[4]. hiu harimau pasir dikategorikan rentan ke daftar merah IUCN[5], Ini adalah hiu besar yang paling banyak disimpan di akuarium publik karena toleransi untuk penangkaran.

Penyebaran[sunting | sunting sumber]

hui harimau pasir tinggal di perairan pasifik, atlantik, dan hindia, laut mediterania dan laut adriatik[6]. di barat daya atlantik, ditemukan di teluk maine florida, teluk meksiko, bahama dan bermuda, dan selatan brazil ke utara argentina. dari atlantik timur ke mediterania ke kepulauan canaria, lalu di perairan ghana dan senegal, dan selatan nigeria ke kamerun. di barat daya hindia ditemukan, di afrika selatan ke selatan mozambik. kecuali madagaskar. hiu ini juga ada di laut merah dan mungkin ditemukan di timur india. dipasifik barat, ditemukan di jepang dan australia, kecuali selandia baru.

Makanan[sunting | sunting sumber]

hiu ini termasuk hewan nokturnal, ketika siang hari ia bersembunyi di gua karang atau di puing-puing bangkai kapal. ia biasanya memangsa ikan, krustasea, cumi-cumi, ikan pari, dan hiu lain yang berukuran kecil.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Common Names List - Carcharias taurus". www.fishbase.org (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2017-11-20. 
  2. ^ "Carcharias taurus :: Florida Museum of Natural History". www.floridamuseum.ufl.edu (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2017-11-20. 
  3. ^ "Sand tiger shark videos, photos and facts - Carcharias taurus". Arkive (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2017-11-20. 
  4. ^ "Sand Tiger Shark | National Geographic". 2010-09-10. Diakses tanggal 2017-11-20. 
  5. ^ "Carcharias taurus (Grey Nurse Shark, Grey Nurse Shark, Sand Tiger Shark, Sand Tiger Shark, Spotted Ragged-tooth Shark, Spotted Raggedtooth Shark)". www.iucnredlist.org. Diakses tanggal 2017-11-20. 
  6. ^ "Carcharias taurus (Dogfish shark)". Animal Diversity Web (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2017-11-20.