Mission Majnu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Mission Majnu
SutradaraShantanu Bagchi
Produser
Ditulis oleh
  • Aseem Arrora
  • Sumit Batheja
  • Parveez Shaikh
CeritaParveez Shaikh
Aseem Arrora
Pemeran
Penata musikSkor:
Ketan Sodha
Lagu:
Tanishk Bagchi
Rochak Kohli
Raghav Sachar
Arko
SinematograferBijitesh De
Penyunting
  • Nitin Baid
  • Siddharth S. Pande
Perusahaan
produksi
DistributorNetflix
Tanggal rilis
  • 20 Januari 2023 (2023-01-20)
Durasi129 menit[1]
NegaraIndia
BahasaHindi

Mission Majnu adalah sebuah film mata-mata cerita seru bahasa India 2023 disutradarai oleh Shantanu Bagchi dan diproduksi oleh Ronnie Screwvala, Amar Butala dan Garima Mehta.[2][3] Dibintangi oleh Sidharth Malhotra, film ini mengambil latar sebelum dan selama Perang India-Pakistan 1971.[4][5][6] Rashmika Mandanna, Parmeet Sethi, Sharib Hashmi, Kumud Mishra, dan Rajit Kapur memainkan peran pendukung.

Film ini mengalami beberapa kali penundaan, pertama dijadwalkan untuk rilis di bioskop pada 13 Mei 2022 dan kemudian pada 10 Juni tahun yang sama sebelum ditunda tanpa batas waktu.[7] Pada akhirnya, perilisan teatrikal film tersebut dibatalkan dan dirilis langsung di Netflix pada 20 Januari 2023.[8]

Plot[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1971, Amandeep "Aman" Singh IPS adalah penyamaran mendalam RAW operasi lapangan, yang berada di Pakistan pada sebuah penugasan rahasia dengan nama samaran Tariq Hussain. Dalam perjalanannya, Aman jatuh cinta pada Nasreen Hussain, seorang gadis buta dan keduanya menikah. Pada bulan Mei 1974, India melakukan uji coba nuklir pertama, yang menyebabkan Pakistan secara diam-diam bergegas membuat senjata nuklirnya sendiri dengan bantuan insinyur nuklir Abdul Qadeer Khan.

Selama kampanye Pemilihan umum India 1977, Perdana Menteri Indira Gandhi dinilai mengenai situasi tersebut oleh Ketua RAW R. N. Kao, dan dia mengarahkan dia untuk menemukan lokasi fasilitas nuklir. Kao menugaskan misi tersebut kepada Aman. Pawang Aman, Sharma, memberitahu dia tentang misi barunya yang bernama "Misi Majnu". Dalam perjalanan, Aman bertemu dengan dua agen RAW lainnya – Aslam Usmaniya dan Raman Singh (dengan nama samaran Maulvi Saab), yang ditempatkan di Pakistan. Aman berhasil mengumpulkan informasi bahwa Pakistan memang membuat senjata nuklir.

Setelah pemilihan umum di India, pemerintahan baru dibentuk dan pemimpin baru serta Perdana Menteri baru Morarji Desai percaya dalam membangun hubungan melalui diplomasi dan cara-cara damai, dan menentang segala bentuk peperangan termasuk spionase dan pengumpulan intelijen. Kao mengundurkan diri agar operasi di Pakistan tetap berjalan, dan bersembunyi dari Perdana Menteri. Sementara itu, Israel sedang mempersiapkan serangan terhadap fasilitas militer Quetta, karena salah mengira bahwa itu adalah fasilitas senjata nuklir. Aman berhasil menemukan fasilitas nuklir di Kahuta, namun tidak dapat mengumpulkan bukti fisik.

Sharma mengetahui bahwa Israel akan menyerang Quetta dalam 48 jam. Aman kembali ke Kahuta dan mengumpulkan rambut personel Angkatan Darat yang bekerja di fasilitas nuklir, yang diam-diam dia kirimkan ke India, di mana fasilitas tersebut diuji dan ditemukan mengandung sejumlah kecil radiasi, yang menunjukkan adanya plutonium di Kahuta. Serangan Israel terhadap Quetta dapat dihindari. Masalah ini diungkapkan kepada Desai berdasarkan bukti-bukti baru, dimana ia mempertimbangkan rekan-rekan Pakistan dan ketidakmampuan Pakistan untuk dipercaya. ISI memburu dan membunuh agen rahasia RAW yang beroperasi di Pakistan termasuk rekan Aman, Aslam dan Raman.

Aman mencoba melarikan diri ke Dubai bersama Nasreen yang sedang hamil, yang tidak menyadari bahwa agen ISI sedang mengejar mereka. Aman mengalihkan perhatian agen ISI cukup lama untuk membiarkan Nasreen naik pesawat dan pergi tanpa hambatan namun terbunuh dalam prosesnya. Nasreen mendarat di Dubai, di mana dia bertemu Kao di bandara dan membaca surat dari Aman yang mengungkapkan identitas aslinya.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Produksi[sunting | sunting sumber]

Film ini diumumkan pada Desember 2020.[9][10][11] Fotografi utama dimulai pada Februari 2021 di Lucknow dan filmnya selesai pada September 2021.[12][13]

Lagu tema[sunting | sunting sumber]

Mission Majnu
Lagu tema karya Tanishk Bagchi, Rochak Kohli, Raghav Sachar dan Arko
Dirilis23 Januari 2023[14]
GenreLagu tema film unggulan
Durasi29:08
BahasaHindi
LabelZee Music Company
Official audio
Mission Majnu - Full Album di YouTube

Skornya disusun oleh Ketan Sodha. Lagu-lagunya disusun oleh Tanishk Bagchi, Rochak Kohli, Raghav Sachar dan Arko, dan liriknya ditulis oleh Manoj Muntashir, Shabbir Ahmed, Rohit Sharma dan A. M.Turaz.

Single pertama berjudul "Rabba Janda" dirilis pada 25 Desember 2022. Single kedua berjudul "Maati Ko Maa Kehte Hain" dirilis pada 17 Januari 2023.

Daftar lagu
No.JudulLirikMusikPenyanyiDurasi
1."Rabba Janda"Shabbir AhmedTanishk BagchiJubin Nautiyal4:06
2."Maati Ko Maa Kehte Hain"Manoj MuntashirRochak KohliSonu Nigam, Rochak Kohli3:55
3."Channa Ve Assi Marjawange"Rohit SharmaRaghav SacharRaj Barman4:53
4."Rabba Janda" (Reprise)Shabbir Ahmed, Tanishk BagchiTanishk BagchiAltamash Faridi0:57
5."Tum Ho"A. M. TurazArkoPapon3:40
6."Channa Ve Assi Marjawange" (Reprise)Rohit SharmaRaghav SacharJyotica Tangri4:51
7."Rabba Janda" (Female Version)Shabbir AhmedTanishk BagchiZyra Nargolwala2:56
8."Maati Ko Maa Kehte Hain" (Extended Version)Manoj MuntashirRochak KohliSonu Nigam1:25
9."Rabba Janda" (Acoustic)Shabbir AhmedTanishk BagchiJubin Nautiyal2:25
Durasi total:29:08

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Bollywood Hungama menilai film tersebut 3,5 dari 5 bintang dan menyebut film tersebut sebagai "kisah yang mencekam" dengan naskah yang ketat, adegan yang cerdas, eksekusi yang kencang, dan penampilan yang mengesankan."[15] Tushar Joshi untuk India Today memberi peringkat 3 dari 5 bintang dan menulis, "Sidharth bagus dalam adegan di mana dia berjuang melawan stigma dan rasa sakit dari masa lalunya namun ingin terus maju dan menunjukkan kesetiaannya kepada keluarganya." negara dan tim. Rashmika Mandanna tidak punya banyak hal untuk dilakukan selain mencoba menjalin kimia dengan Sid."[16] Dhaval Roy dari The Times of India menilai film tersebut 3 dari 5 dan menulis bahwa film tersebut "mencengkeram di beberapa bagian, tapi terlalu nyaman, sehingga menghilangkan narasinya. Meskipun bagus, aksinya membentang di beberapa tempat dan membuat film tampak diformulasikan".[17] Dishya Sharma dari News 18 memberi peringkat film tersebut 3 dari 5 bintang dan menulis "Mission Majnu merampas sensasi film mata-mata. Tontonlah untuk melihat Sidharth dan Rashmika dalam cara yang berbeda avatar".[18]

Anuj Kumar untuk The Hindu menulis "Ada perubahan menarik dalam cara Tariq menyampaikan informasi dan bagaimana Nasreen dapat merasakan kebenaran melalui sentuhan, namun eksekusinya membuatnya agak terlalu menjengkelkan untuk sebuah film thriller. Syukurlah , film ini tidak terlalu bersifat jingoistik dan memberikan perbedaan yang jelas dalam cara Indira Gandhi dan Morarji Desai menangani hubungan yang lemah dengan Pakistan pada tahun 1970an. Pada saat yang sama, penulis menempatkan karakter di kedua sisi dari perbatasan yang bisa melihat sejarah di luar versi perpecahan yang sering dihadirkan para politisi."[19] Saibal Chatterjee dari NDTV menilai film tersebut hanya 2 bintang dari 5 bintang dan menulis "Mission Majnu tidak memberikan sensasi semenit pun juga tidak menghasilkan tingkat ketegangan dan ketegangan yang luar biasa. Namun, bagian-bagian film, terutama pada jam kedua, menjadi hidup."[20] Shilajit Mitra untuk The New Indian Express memberi peringkat 2 dari 5 bintang dan menulis, "Mission Majnu tidak terlalu jingoistik seperti sesuatu seperti Bhuj: The Pride of India Film ini juga tidak mengomentari implikasi moral dari proliferasi nuklir; untuk itu, Anda harus melihat pilot Rocket Boys."[21]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Mission Majnu". British Board of Film Classification. Diakses tanggal 20 January 2023. 
  2. ^ "Sidharth Malhotra turns RAW agent in Mission Majnu. First-look poster out". India Today. 23 December 2020. Diakses tanggal 15 February 2021. 
  3. ^ "Sidharth Malhotra Announces His New Film With Rashmika Mandanna Titled Mission Majnu". Filmfare. 23 December 2020. Diakses tanggal 15 February 2021. 
  4. ^ "Sidharth Malhotra, Rashmika Mandanna in spy thriller 'Mission Majnu'". Sify. 23 December 2020. Diakses tanggal 15 February 2021. 
  5. ^ "Sidharth Malhotra, Rashmika Mandanna to feature in 'Mission Manju'". The New Indian Express. 23 December 2020. Diakses tanggal 15 February 2021. 
  6. ^ "Sidharth Malhotra's 'Mission Majnu' begins shoot in Lucknow". Deccan Herald. 6 February 2021. Diakses tanggal 8 April 2021. 
  7. ^ "Sidharth Malhotra and Rashmika Mandanna starrer Mission Majnu to now release on June 10, 2022". Bollywood Hungama. 9 March 2022. Diakses tanggal 9 March 2022. 
  8. ^ "Confirmed: Sidharth Malhotra and Rashmika Mandanna starrer Mission Majnu to get direct-to-digital release; will premiere on February 20 on Netflix". Bollywood Hungama. 13 December 2022. Diakses tanggal 13 December 2022. 
  9. ^ "Sidharth Malhotra, Rashmika Mandanna to headline spy thriller Mission Majnu". Cinema Express. 23 December 2020. Diakses tanggal 15 February 2021. 
  10. ^ "Sidharth Malhotra to play RAW agent in 'Mission Majnu'; THIS South Indian actor to make her Bollywood debut". DNA India. 23 December 2020. Diakses tanggal 15 February 2021. 
  11. ^ "Rashmika Mandanna to make Bollywood debut with Sidharth Malhotra's 'Mission Majnu'". The News Minute. 23 December 2020. Diakses tanggal 15 February 2021. 
  12. ^ "Sidharth Malhotra-Rashmika Mandanna-starrer Mission Majnu goes on floors in Lucknow". Cinema Express. 6 February 2021. Diakses tanggal 8 April 2021. 
  13. ^ "Sidharth Malhotra kickstarts Mission Majnu shoot in Lucknow sans Rashmika Mandanna". India Today. 6 February 2021. Diakses tanggal 8 April 2021. 
  14. ^ "Mission Majnu – Original Motion Picture Soundtrack". Jiosaavn. 23 January 2023. 
  15. ^ "Mission Majnu Movie Review". Bollywood Hungama (dalam bahasa Inggris). January 20, 2023. Diakses tanggal 23 January 2023. 3.5/5 stars
  16. ^ Joshi, Tushar (January 20, 2023). "Mission Majnu Movie Review: This is no Shershaah, but Sidharth, Rashmika's mission to entertain is a success". India Today (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 23 January 2023. 3/5 stars
  17. ^ "Mission Majnu Review: A watchable and engaging spy thriller". The Times of India. Diakses tanggal 1 February 2023. 
  18. ^ "Mission Majnu Review: Sidharth Malhotra, Rashmika Mandanna Shoulder Lukewarm Spy Film". News 18. 20 January 2023. Diakses tanggal 1 February 2023. 
  19. ^ Kumar, Anuj (20 January 2023). "'Mission Majnu' movie review: Siddharth Malhotra cannot be undercover in this formulaic mission"Akses gratis dibatasi (uji coba), biasanya perlu berlangganan. The Hindu (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 23 January 2023. 
  20. ^ Chatterjee, Saibal (January 20, 2023). "Mission Majnu Review: Lively Performance By Sidharth Malhotra Helps Espionage Drama Spring To Life". NDTV. Diakses tanggal 23 January 2023. 2/5 stars
  21. ^ Mitra, Shilajit (21 January 2023). "'Mission Majnu' movie review: Sidharth Malhotra is wasted in this witless spy thriller". The New Indian Express. Diakses tanggal 23 January 2023. 2/5 stars

Pranala luar[sunting | sunting sumber]