Mindful Yoga

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Profesor Jon Kabat-Zinn memelopori penggunaan Mindful Yoga untuk mengobati stres di klinik Mindfulness-Based Stress Reduction miliknya.

Mindful Yoga[1] atau Yoga Mindfulness[2] (bahasa Indonesia: yoga yang dilakukan dengan perhatian atau dengan kesadaran penuh) merupakan gabungan latihan mindfulness ala Buddhis dengan yoga sebagai latihan untuk menyediakan sarana latihan yang juga meditatif dan berguna untuk mengurangi stres. Buddhisme dan Hinduisme sejak zaman kuno telah berbagi banyak aspek filsafat dan praktik termasuk perhatian penuh, memahami penderitaan yang disebabkan oleh pandangan yang salah tentang realitas, dan menggunakan keadaan terkonsentrasi dan meditasi untuk mengatasi penderitaan tersebut.

Pada 1990, Jon Kabat-Zinn mempelopori penggunaan gabungan yoga dan mindfulness untuk stres di Amerika dan sejak saat itu telah dianjurkan dalam berbagai bentuk oleh ahli yoga dan meditasi serta penulis dari berbagai latar belakang, seperti Anne Cushman, Frank Jude Boccio, Stephen Cope, Janice Gates, Cyndi Lee, Phillip Moffitt, dan Sarah Powers. Kursus di Mindful Yoga tersedia di pusat meditasi Buddhis, studio yoga, dan klinik stres di seluruh dunia.

Asal-usul[sunting | sunting sumber]

Kuno[sunting | sunting sumber]

Hinduisme dan Buddha berbagi banyak konsep di balik Mindful Yoga, seperti karma, rantai sebab-akibat tanpa akhir, yang dilambangkan dengan simpul tak berujung di tengah roda doa Nepal ini.

Ahli Mindful Yoga Anne Cushman menyatakan bahwa hatha yoga dan meditasi Buddhis adalah cabang dari tradisi kontemplatif India yang sama. Menurut Anne, sikap duduk (asana) merupakan objek meditasi yang bermanfaat dalam menyiapkan tubuh dan pikiran untuk melakukan meditasi duduk. Sementara, Buddhisme menawarkan struktur formal dari filosofi dan meditasi yang dapat mendayagunakan konsentrasi, energi, disiplin, dan kepekaan yang dikembangkan selama latihan sikap duduk.[3]

Stephen Cope yang merupakan ahli Yoga meneliti tumpah tindih antara raja yoga Patanjali dan Buddhisme di bukunya yang berjudul The Wisdom of Yoga pada 2006. Dia menyatakan bahwa keduanya berkaitan dengan "masalah penderitaan dan masalah yang berkaitan dengan melihat kenyataan/realita".[4] Kedua tradisi tersebut menyediakan "tiga set alat" yaitu teknik untuk mengembangkan keadaan konsentrasi yang intens, mengembangkan perilaku yang terampil guna mengurangi penderitaan, dan cara bagaimana pikiran membangun diri kita. Cope menulis bahwa keduanya mengakui "realitas biasa" sebagai konstruksi mental yang membingungkan, sama seperti dengan konstruktivisme modern. Mereka setuju penderitaan dapat diakhiri selamanya jika dapat menghapuskan kebingungan dalam pikiran melalui cara seperti itu.

Mereka juga setuju dengan mengatakan banyak "pilar" dari penjelasan mereka tentang realitas dengan konsep samskara (kesan pada kesadaran), prajna (wawasan ke dalam realitas), samadhi (konsentrasi), samvega (keinginan mendesak untuk berubah), karma (sebab dan akibat), klesha (penderitaan), dan nirodha (menenangkan pikiran). Namun, Cope juga menulis bahwa praktik meditasi dan wawasan yang dijelaskan oleh Patanjali hilang dari tradisi yoga aliran barat, meskipun diajarkan dalam agama Buddha.[4]

Modern[sunting | sunting sumber]

Praktisi dapat menggunakan asana yoga seperti Virabhadrasana I sebagai kesempatan untuk mengamati pikiran dan sensasi mereka.[1]

Ahli yoga Jon Kabat-Zinn yang merupakan profesor kedokteran sekaligus pelopor dari Mindulness Yoga menulis pada 1990 bahwa "Mindful hatha yoga adalah teknik utama ketiga dalam meditasi formal yang kami praktikkan di klinik stres (di University of Massachusetts Medical School) bersama dengan pemindaian tubuh[5][a] dan meditasi duduk". Kabat-Zinn mengembangkan kursus asli dalam pengurangan stres berbasis "mindfulness" termasuk Mindful Yoga dan meditasi duduk.[6]

Pada 2008, Nora Isaacs yang merupakan ahli yoga dan editor Yoga Journal menulis mengenai membawa mindfulness ke matras dan menyatakan bahwa ahli yoga dari berbagai latar belakang seperti Frank Jude Boccio,[2] Cope, Janice Gates, Cyndi Lee, Phillip Moffitt, dan Sarah Powers telah menemukan manfaat menggabungkan "Mindfulness" dengan sikap duduk yang disebut dengan Mindful Yoga.[1] Nora Isaacs menjelaskan manfaat dari tidak bereaksi atas ketidaknyamanan yang dialami seseorang dalam sikap berdiri seperti pose Virabhadrasana I dan hanya mengamati pikiran dan sensasi seseorang ketika melakukan pose tersebut.

Dia berkomentar bahwa Jalan Utama Berunsur Delapan Buddhisme dan Ashtanga Yoga memiliki kesamaan yang mana keduanya dimulai dari praktik dan perilaku etis yang termasuk ke pelatihan dalam konsentrasi dan kesadaran.[1] Dia juga mengutip dari Cope yang mengatakan bahwa dia melihat Buddha dan Patanjali sebagai saudara yang menggunakan bahasa yang berbeda, tetapi mereka berbicara tentang hal yang sama dan menunjuk hal yang sama pula.[1] Isaacs menulis bahwa yoga menekankan konsentrasi pada satu objek seperti napas, sedangkan ajaran Buddhisme menyerukan perhatian penuh pada semua peristiwa saat mereka mencapai kesadaran seseorang.[1] Dia mengutip dari Boccio yang mengatakan bahwa dirinya tidak hanya berlatih sikap duduk dengan penuh perhatian; "Saya mengajar dan melatih mindfulness melalui gerakan sikap duduk".[1] Isaacs juga melaporkan bahwa Cushman menemukan bahwa latihan mindfulness dapat memudahkan praktik yoga bagi orang-orang yang kesulitan melakukan meditasi duduk.[1]

Praktik[sunting | sunting sumber]

Wakil Presiden India, Venkaiah Naidu, merilis buku Mansi Gulati Yoga and Mindfulness,[7] New Delhi, 2018

Michelee Ribeiro yang merupakan ahli yoga menulis bahwa Mindful Yoga menerapkan ajaran kesadaran Buddha tradisional ke latihan fisik yoga yang mana merupakan pendekatan holistik untuk menghubungkan pikiran manusia dengan napasnya. Bagi Michelee, poin kuncinya adalah menjadi terbuka dan tertarik pada sensasi di dalam tubuh sehingga masing-masing dapat ditelusuri sepenuhnya dan kemudian dilepaskan.[8]

Cope menambahkan bahwa sikap duduk dan pranayama (pernapasan yoga) telah muncul di banyak retret meditasi Buddhis. Praktik yoga klasik dan Buddhisme merupakan “tradisi yang similiar” yang mana saling melakukan “penyesuaian”, atau keduanya melanjutkan bertukar ide dan praktik yang sudah berlangsung selama 2.000 tahun.[9]

Cushman menulis ketika dia pertama kali mengajar yoga di retret meditasi, muridnya mengatakan kepadanya bahwa dengan melakukan yoga dapat memberi mereka cara baru untuk terhubung dengan "kehadiran yang penuh dengan perhatian" dan membuat mereka lebih mudah untuk membawa apa yang telah mereka temukan di dalam meditasi saat kembali ke kehidupan sehari-hari.[4] Latihan Mindful Yoga telah menyebar ke pusat-pusat meditasi dan klinik stres dengan kelas dan kursus yang tersedia di seluruh dunia, misalnya di West London Buddhist Centre.[10]

Buku[sunting | sunting sumber]

Boccio menerbitkan Mindfulness Yoga yang berkaitan dengan Buddhisme, khususnya teknik Anapanasati Sutta dan Satipatthana Sutta dengan yoga (khususnya Yoga Sutra dan sikap duduk) pada tahun 2004.[2] Di tahun yang sama, Lee menerbitkan bukunya yang berjudul Yoga Body, Buddha Mind yang menganjurkan praktik gabungan dengan mengatakan "yoga membantu umat Buddha mewujudkan meditasi mereka... demikian pula, fokus khusus perhatian dan welas asih Buddhis membantu pikiran yogi menjadi tidak memihak, terjaga, dan terhubung".[11][12] Pada tahun-tahun selanjutnya, banyak buku-buku yang membahas topik yang sama seperti Anne Cushman di tahun 2014 menerbitkan Moving into Meditation dengan topik kesadaran pada tubuh.[13] Charlotte Bells pada 2005 menerbitkan bukunya yang berjudul Mindful Yoga, Mindful Life: A Guide for Everyday Practice yang berfokus mengenai Ashtanga Yoga.[14] Hannah Moss yang pada 2018 menerbitkan bukunya yang berjudul The Practice of Mindful Yoga: A Connected Path to Awareness yang di dalamnya dia berpendapat "Yoga hanya aman dan efektif jika memiliki 'perhatian' di hati".[15] Pada 2018, Robert Butera juga menerbitkan buku Body Mindul Yoga: Create a Powerful and Affirming Relationship with Your Body.[16]

Notes[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Cushman menyatakan "Perjalanan penginderaan tubuh ini (di mana perhatian penuh diberikan ke satu bagian tubuh demi satu, merasakan sensasi apa pun yang ada) ... adalah salah satu variasi dari praktik kuno Yoga nidra ... dan teknik pemindaian tubuh yang biasa digunakan dalam tradisi Buddhis Vipassana."

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e f g h Isaacs, Nora (21 Oktober 2008). "Bring More Mindfulness Onto the Mat". Yoga Journal. Diakses tanggal 2022-02-15. 
  2. ^ a b c Boccio, Frank Jude (2004). Mindfulness Yoga: The Awakened Union of Breath Body and Mind. whole book: Wisdom Publications. ISBN 978-0861713356. 
  3. ^ Cushman, Anne. "Yoga Chic and the First Noble Truth - Lion's Roar" (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-02-15. 
  4. ^ a b c Cope, Stephen (2006). The Wisdom of Yoga : Seeker's Guide to Extraordinary LivingPerlu mendaftar (gratis). Bantam Books. hlm. 276-282. ISBN 978-0-553-38054-5. OCLC 64098584. 
  5. ^ Cushman, Anne (2014-07-08). Moving into Meditation: A 12-Week Mindfulness Program for Yoga Practitioners (dalam bahasa Inggris). Shambhala Publications. hlm. 44–45. ISBN 978-1-61180-098-2. 
  6. ^ "CURRICULUM MBSR Mindfulness Training Online". Mindfulness Based Stress Reduction Training. Diakses tanggal 2022-02-18. 
  7. ^ "Mansi Gulati's book 'Yoga And Mindfulness' launched by VP Venkaiah Naidu". Hindustan Times (dalam bahasa Inggris). 2018-11-03. Diakses tanggal 2022-02-18. 
  8. ^ Ribeiro, Michelle (15 April 2019). "What is Mindful Yoga? 4 Poses + Yoga Retreats". Positive Psychology. 
  9. ^ Cope, Stephen (2006). The Wisdom of Yoga : Seeker's Guide to Extraordinary LivingPerlu mendaftar (gratis). Bantam Books. hlm. 282. ISBN 978-0-553-38054-5. OCLC 64098584. 
  10. ^ "Mindfulness". West London Buddhist Centre (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-02-16. 
  11. ^ Lee, Cyndi (2004-08-03). Yoga Body, Buddha Mind (dalam bahasa Inggris). Penguin. ISBN 978-1-101-00741-9. 
  12. ^ Lee, Cyndi. "The Complete Package: Meditation and Yoga - Lion's Roar" (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-02-16. 
  13. ^ Cushman, Anne (2014-07-08). Moving into Meditation: A 12-Week Mindfulness Program for Yoga Practitioners (dalam bahasa Inggris). Shambhala Publications. ISBN 978-1-61180-098-2. 
  14. ^ Bell, Charlotte (2005). Mindful Yoga, Mindful Life: A Guide for Everyday Practice. whole book: Rodmell Press. ISBN 978-1930485204. 
  15. ^ Moss, Hannah (2018). The Practice of Mindful Yoga: A Connected Path to Awareness. Leaping Hare Press. hlm. 10. ISBN 978-1782405696. 
  16. ^ Butera, Robert (2018). Body Mindful Yoga: Create a Powerful and Affirming Relationship with Your Body. whole book: Llewellyn Publications. ISBN 978-0738756738.