Metasequoia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Metasequoia Edit the value on Wikidata
SJSU Dawn Redwood.JPG
Taksonomi
DivisiPinophyta
KelasPinopsida
OrdoPinales
FamiliCupressaceae
SubfamiliSequoioideae
GenusMetasequoia Edit the value on Wikidata
Hu dan W.C.Cheng, 1948
Tipe taksonomiMetasequoia glyptostroboides Edit the value on Wikidata
Species

Metasequoia atau dalam bahasa Inggris disebut dawn redwoods adalah genus pohon yang tumbuh cepat (tumbuhan peluruh), salah satu dari tiga spesies tumbuhan runjung yang dinamakan redwood. Spesies hidup metasequoia glyptostroboides (kayu merah fajar) berasal dari Lichuan, sebuah county di provinsi Hubei, Tiongkok. Meskipun yang terpendek dari pohon jenis redwood, pohon ini dapat tumbuh setinggi 165 kaki (50 meter). Penduduk desa setempat menyebutnya Shui-shan (水杉)atau "pohon aras air", yang merujuk pada bagian dari kuil lokal. Sejak ditemukan kembali pada tahun 1944, kayu merah fajar telah menjadi tanaman hias yang populer dengan contoh yang dapat ditemukan di beberapa taman di berbagai negara.

Bersama dengan Sequoia sempervirens (coast redwood) dan Sequoiadendron giganteum (sequoia raksasa) dari California, Metasequoia dikategorikan ke dalam Cupressaceae subfamili Sequoioideae. M. glyptostroboides adalah satu-satunya spesies yang hidup dari genusnya, tetapi diketahui terdapat tiga spesies fosil. Sequoioideae dan beberapa genera lainnya telah dipindahkan dari keluarga sebelumnya Taxodiaceae menjadi Cupressaceae berdasarkan analisis DNA.[1]

Galeri[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Paul A. Gadek; Deryn L. Alpers; Margaret M. Heslewood; Christopher J. Quinn (2000). "Relationships within Cupressaceae sensu lato: a combined morphological and molecular approach". American Journal of Botany. 87 (7): 1044–1057. doi:10.2307/2657004alt=Dapat diakses gratis. JSTOR 2657004. PMID 10898782.