Menu Start

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Menu Start, juga dikenal sebagai tombol Start adalah elemen antarmuka pengguna pada Microsoft Windows yang berfungsi sebagai pusat peluncuran program aplikasi.

Secara tradisional, menu Start menampilkan daftar bersarang bagi program yang diinstal pada komputer, daftar dokumen yang baru dibuka, perintah untuk log keluar atau mematikan komputer, bantuan, pencarian file serta link ke ketetapan sistem. Kemudian, menu Start menawarkan link ke folder khusus seperti folder dokumen serta link ke program yang baru saja dibuka.

Secara teknis, menu Start bukanlah wajib; program aplikasi masih dapat dibuka dengan browsing melalui Windows Explorer secara manual. Namun demikian, menu Start menawarkan metode yang lebih mudah dan lebih praktis untuk membuka program aplikasi, bahkan di kalangan pengguna berpengalaman.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Dalam versi Windows yang terawal, program MS-DOS Executive menawarkan kedua sistem manajemen file dan kemampuan menu program. Kemudian ia digantikan dengan Program Manager dan File Manager pada Windows 3.0, di mana Program Manager mengelola kelompok program sementara File Manager mengelola manajemen file.

Program Manager merupakan aplikasi berjendela penuh yang membutuhkan keseluruhan ruang layar untuk digunakan secara efektif. Ini terdiri dari antarmuka multi dokumen yang singkat untuk mengelola kelompok program dan memungkinkan pengguna membuka program melalui cara pintas di dalam kelompok program tersebut.

Windows 95 adalah versi di mana menu Start mulai menggantikan Program Manager, yang memadatkan Program Manager ke menu "pop-up" yang dapat dicapai pada setiap saat saja. Ia juga menawarkan beberapa kelebihan yang tidak ada pada Program Manager seperti membuat kelompok program baru di dalam kelompok program serta kemampuan untuk menambahkan shortcut program pada menu Start melalui teknik "drag dan parkir".

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]