Menu Mulai

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Menu mulai, juga dikenal sebagai tombol mulai adalah elemen antarmuka pengguna pada Microsoft Windows yang berfungsi sebagai pusat peluncuran program aplikasi.

Secara tradisional, menu mulai menampilkan daftar bersarang bagi program yang dipasang pada komputer, daftar dokumen yang baru dibuka, perintah untuk log keluar atau mematikan komputer, bantuan, pencarian berkas serta pranala ke ketetapan sistem. Kemudian, menu Start menawarkan pranala ke folder khusus seperti folder dokumen serta link ke program yang baru saja dibuka.

Secara teknis, menu mulai bukanlah wajib; program aplikasi masih dapat dibuka dengan meramban melalui Windows Explorer secara manual. Namun demikian, menu mulai menawarkan metode yang lebih mudah dan lebih praktis untuk membuka program aplikasi, bahkan di kalangan pengguna berpengalaman.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Dalam versi Windows yang terawal, program MS-DOS Executive menawarkan kedua sistem pengelola berkas dan kemampuan menu program. Kemudian ia digantikan dengan Program Manager dan File Manager pada Windows 3.0, di mana Program Pengelola mengelola kelompok program sementara Pengelola Berkas mengelola manajemen berkas.

Program Pengelola merupakan aplikasi berjendela penuh yang membutuhkan keseluruhan ruang layar untuk digunakan secara efektif. Ini terdiri dari antarmuka multi dokumen yang singkat untuk mengelola kelompok program dan memungkinkan pengguna membuka program melalui cara pintas di dalam kelompok program tersebut.

Windows 95 adalah versi di mana menu Start mulai menggantikan Pengelola Berkas, yang memadatkan Program Pengelola ke menu "pop-up" yang dapat dicapai pada setiap saat saja. Ia juga menawarkan beberapa kelebihan yang tidak ada pada Program Manager seperti membuat kelompok program baru di dalam kelompok program serta kemampuan untuk menambahkan pintasan program pada menu Start melalui teknik "seret dan tekan".

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]