Lompat ke isi

Menara Bank A.S. (Los Angeles)

Koordinat: 34°03′04″N 118°15′15″W / 34.0510°N 118.2542°W / 34.0510; -118.2542
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Menara US Bank
Peta
Nama sebelumnyaMenara Library
First Interstate Bank World Center
Informasi umum
JenisKantor komersial
Gaya arsitekturPasca-modern[6]
Lokasi633 West Fifth Street, Los Angeles, California, Amerika Serikat
Koordinat34°03′04″N 118°15′15″W / 34.0510°N 118.2542°W / 34.0510; -118.2542
Penyewa sekarangLihat penyewa
Mulai dibangun1987
Rampung1989
PemilikSilverstein Properties, Inc.
Tuan tanahSilverstein Properties, Inc.
Tinggi
Arsitektural1.018 ft (310 m)
Lantai atas968 ft (295 m)
Data teknis
Jumlah lantai73
(+2 di bawah tanah)
Luas lantai1.432.540 ft (436.640 m)
Lift24
Desain dan konstruksi
ArsitekPei Cobb Freed & Partners
Ellerbe Becket
Teknisi strukturCBM Engineers
James A. Knowles & Associates
Kontraktor utamaTurner Construction Company
Referensi
[1][2][3][4][5]

Menara Bank A.S., yang dikenal secara lokal sebagai Menara Library dan sebelumnya dikenal sebagai First Interstate Bank World Center, adalah sebuah gedung pencakar langit setinggi 1.018 kaki (310,3 m) di pusat kota Los Angeles, California. Berdasarkan tinggi strukturnya, gedung ini merupakan gedung tertinggi ketiga di California, gedung tertinggi kedua di Los Angeles, tertinggi ke-24 di Amerika Serikat, tertinggi ketiga di sebelah barat Sungai Mississippi setelah Salesforce Tower dan Wilshire Grand. Center, dan gedung tertinggi ke-129 di dunia, setelah dilampaui oleh Wilshire Grand Center. Namun, Menara Bank A.S. melampaui Menara Salesforce dan Wilshire Grand Center dalam hal tinggi atap, menjadikannya satu-satunya bangunan di California yang tinggi atapnya melebihi 1.000 kaki (300 m). Karena peraturan bangunan setempat mengharuskan semua gedung bertingkat tinggi memiliki helipad, gedung ini dikenal sebagai gedung tertinggi di dunia dengan heliport di atap sejak selesai dibangun pada tahun 1989 hingga 2010 ketika China World Trade Center Tower III dibuka. Gedung ini juga merupakan gedung tertinggi ketiga di kawasan seismik aktif utama; strukturnya dirancang untuk menahan gempa berkekuatan 8,3 skala Richter. Terdiri dari 73 lantai di atas tanah dan dua tingkat parkir di bawah tanah. Konstruksi dimulai pada tahun 1987 dan selesai pada tahun 1989. Bangunan ini dirancang oleh Henry N. Cobb dari firma arsitektur Pei Cobb Freed & Partners dan biaya pembangunannya sebesar $350 juta. Ini adalah salah satu bangunan paling dikenal di Los Angeles, dan sering muncul dalam pengambilan gambar kota dalam film dan program televisi.

Kepemilikan[sunting | sunting sumber]

US Bank Tower di Los Angeles dijual kepada OUE Ltd (OUE), sebuah grup pemilik, pengembang dan operator real estate yang terdiversifikasi, pada tahun 2013. OUE, sebuah perusahaan tercatat di Singapura yang dijalankan oleh miliarder Indonesia Stephen Riady, mengakuisisi menara tersebut dan aset terkait lainnya seharga $367,5 juta. OUE mengakuisisi gedung perkantoran 72 lantai, taman Maguire Gardens yang berdekatan, dan tempat parkir dari unit perwalian investasi real estat yang berbasis di Los Angeles, MPG Office Trust Inc.

Pada tanggal 20 Juli 2020, diumumkan bahwa Larry Silverstein (Silverstein Properties), pengembang World Trade Center, membeli gedung tersebut dengan harga 430 juta dolar. Kesepakatan itu ditutup pada akhir September. Mereka mengadakan grand opening pada bulan April 2023 setelah membuat lobi baru dan lebih banyak pilihan makanan. Renovasi tersebut mencakup ruang kerja yang fleksibel, instalasi seni, dan perbaikan lainnya untuk penyewa.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Bangunan ini pertama kali dikenal dan sekarang dikenal sebagai Menara Library, karena dibangun sebagai bagian dari kawasan pembangunan kembali Perpustakaan Pusat Los Angeles senilai $1 miliar, menyusul dua bencana kebakaran di perpustakaan pada tahun 1986, dan lokasinya di seberang jalan. Kota Los Angeles menjual hak tayang kepada pengembang menara untuk membantu membiayai rekonstruksi perpustakaan. Bangunan itu juga pernah dikenal sebagai First Interstate Bank World Center tetapi nama Library Tower dipulihkan setelah First Interstate Bancorp bergabung dengan Wells Fargo Bank. Pada bulan Maret 2003, properti tersebut disewa oleh U.S. Bancorp dan gedung tersebut berganti nama menjadi Menara Bank A.S.

Menara ini memiliki mahkota kaca besar di puncaknya yang menyala pada malam hari. Pada tanggal 28 Februari 2004, dua 23 m (75 kaki) tanda logo, “U.S. Bank” dipasang pada mahkotanya, di tengah kontroversi mengenai pengaruhnya terhadap tampilan estetika bangunan, seperti logo First Interstate Bank sebelumnya yang dipasang pada mahkota antara tahun 1990 dan 1998.

Sasaran teroris[sunting | sunting sumber]

Pada 16 Juni 2004, Komisi 9/11 melaporkan bahwa rencana awal serangan 11 September adalah pembajakan sepuluh pesawat, salah satunya akan ditabrakkan ke dalam gedung.

Pada tanggal 6 Oktober 2005, para pejabat DPR menyatakan bahwa pemerintah telah menggagalkan rencana kedua yang sebelumnya dirahasiakan untuk menjatuhkan pesawat ke gedung tersebut pada pertengahan tahun 2002. Dalam Pidato Kenegaraan tahun 2007 yang disiarkan televisi, Presiden George W. Bush menegaskan bahwa pejabat kontraterorisme Amerika menggagalkan rencana untuk menerbangkan pesawat ke menara tersebut. Menurut Presiden Bush, rencana pemimpin Al-Qaeda Khalid Sheikh Mohammed adalah menggunakan konfederasi Asia dari Jemaah Islamiyah yang direkrut oleh militan Islam Riduan Isamuddin untuk pembajakan tersebut. Presiden Bush menegaskan para pembajak akan menggunakan bom sepatu untuk menembus pintu kokpit pesawat. Beberapa pakar kontra-terorisme menyatakan keraguannya bahwa rencana tersebut pernah dikembangkan sepenuhnya atau kemungkinan besar akan terjadi.

OUE Skyspace[sunting | sunting sumber]

Pada bulan Juli 2014, OUE Ltd. (OUE), pemilik baru gedung pencakar langit tersebut, mengumumkan pembangunan dek observasi bernama OUE Skyspace. di lantai 69 dan 70 dan sebuah restoran bernama 71Above di lantai 71. Fasilitas ini dibuka pada 24 Juni 2016, setelah renovasi dan konstruksi senilai $31 juta yang mencakup perubahan lobi lantai dasar serta pintu masuk lantai dua yang terpisah untuk wisatawan, serta skylobby dan ruang pameran di lantai 54. Akses ke dek observasi dikenakan biaya $25 per orang. Dengan tambahan $8, pengunjung dapat menuruni seluncuran kaca transparan yang ditempel di bagian luar gedung antara lantai 70 dan 69 yang dikenal sebagai Skyslide.

OUE Skyspace ditutup sementara karena pandemi COVID-19 pada Maret 2020. Pada 26 Oktober 2020, diumumkan bahwa penutupan tersebut bersifat permanen. Pada bulan Mei 2021, diumumkan bahwa renovasi oleh pemilik baru menara akan mengakibatkan konversi atraksi dek observasi kembali menjadi ruang kantor dan penghapusan perosotan, karena adanya keluhan dari penyewa kantor.

Silverstein Propeties[sunting | sunting sumber]

Dengan 78% bangunan tersebut disewa, pengembang New York Silverstein Properties mengumumkan rencana pada tahun 2021 untuk melakukan perubahan pada bangunan tersebut untuk menarik penyewa. Objek wisata tersebut akan diubah menjadi ruang perkantoran atau area komunal. Restoran 71Above akan tetap buka sementara lantai 54, di mana orang yang naik ke atas harus berganti lift, akan diubah menjadi ruang kerja bersama dengan tempat kerja, pilihan makanan dan minuman, dan dapur katering untuk acara.

Penyewa utama[sunting | sunting sumber]

Helipad atap tertinggi[sunting | sunting sumber]

Menara Bank AS adalah gedung tertinggi di dunia dengan helipad di puncak gedung hingga China World Trade Center Tower III di Beijing, yang selesai dibangun pada tahun 2010 dan memiliki helipad di puncak gedung setinggi 1.083 kaki (330 m).

Pada Maret 2018, gedung tertinggi di dunia dengan helipad atap adalah Guangzhou World Finance Center, yang juga selesai dibangun pada tahun 2010 dan memiliki helipad atap setinggi 1.439 kaki (439 m).

Dalam budaya populer[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1994, bangunan ini ditampilkan di Visiting... with Huell Howser.

Bangunan ini ditampilkan dalam beberapa film bencana, seperti Independence Day, The Day After Tomorrow, D-War, 2012, dan San Andreas.

Bangunan ini juga ditampilkan dalam waralaba permainan video populer Grand Theft Auto, muncul sebagai "Maze Bank Tower" fiksi dalam beberapa permainan dengan latar versi fiksi Los Angeles. Penampilannya yang paling menonjol adalah di Grand Theft Auto V serta Grand Theft Auto: San Andreas.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Templat:CTBUH
  2. ^ "Emporis building ID 116498". Emporis. Diarsipkan dari versi asli tanggal 17 Oktober 2015. 
  3. ^ Menara Bank A.S. (Los Angeles) di Glass Steel and Stone
  4. ^ Templat:SkyscraperPage
  5. ^ Menara Bank A.S. (Los Angeles) di basis data Structurae
  6. ^ "US Bank Tower". Emporis. Diarsipkan dari versi asli tanggal May 11, 2015. Diakses tanggal 24 Desember 2018. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]