Meja

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Meja dan kursi dapur dari kayu
Furnituretestrigtable1.png

Meja adalah salah satu furnitur berupa permukaan datar yang disokong oleh beberapa kaki. Meja sering dipakai untuk menyimpan barang dan makanan dengan ketinggian tertentu supaya mudah dijangkau saat kita duduk. Meja umumnya dipasangkan dengan kursi. Meja yang umum tidak memiliki laci, tapi jika berlaci dia bisa berbentuk meja rias, lemari meja dengan banyak laci, dan lain sebagainya. Meja yang khusus dipakai untuk bekerja disebut meja tulis atau bangku.

Bentuk, tinggi dan fungsi[sunting | sunting sumber]

Meja hadir dengan beragam bentuk, tinggi, dan bahan pembuat yang ditujukan untuk membangun desain, gaya, dan tujuan penggunaan. Biasanya meja mempunyai struktur permukaan datar dan dasar yang terdiri dari satu kaki atau lebih sebagai penopangnya. Untuk meja dengan satu kaki biasanya digunakan untuk menghias ruang makan. Sementara untuk meja-meja yang panjang biasanya dilengkapi dengan kaki tambahan sebagai dukungannya.

Saat ini, meja terdiri dari berbagai bentuk. Ada meja berbentuk persegi panjang, persegi, bulat, dan elips. Masing-masing bentuk meja ini memiliki ketinggian yang disesuaikan dengan kursi yang dipasangkannya.

Kebanyakan meja juga dilengkapi dengan pengatur ketinggian sehingga kita bisa menyesuaikannya tingginya yang tepat dengan mudah. Beberapa meja juga didesain secara apik agar bisa dilipat. Meja seperti biasanya digunakan untuk tujuan dibawa ke mana-mana, contohnya berkemah. Penataan meja bisa diletakkan berdiri sendiri ataupun ditempelkan pada dinding.

Jenis[sunting | sunting sumber]

Berdasarkan tujuan penggunaannya, meja bisa dibedakan menjadi beberapa jenis, yaitu :

  • [Meja Makan] adalah meja yang dirancang untuk digunakan pada acara makan resmi.
  • [Meja Tidur] adalah meja kecil yang biasa digunakan di dalam desain kamar tidur. Fungsi meja ini adalah sebagai tempat untuk meletakkan lampu, jam alarm, gelas, atau barang-barang pribadi lainnya.
  • [Meja Kopi] adalah meja berbentuk ramping dan berukuran rendah yang biasa digunakan di dalam desain ruang tamu serta diletakkan di depan sofa. Fungsi dari meja ini adalah sebagai tempat untuk meletakkan minuman, makanan ringan, buku, atau barang-barang pribadi lainnya.
  • [Meja Refektori] adalah meja panjang yang mampu menampung kursi banyak dan dirancang untuk keperluan acara makan.
  • [Meja Gambar] adalah meja yang dirancang secara khusus untuk membuat sketsa bangunan ataupun gambar teknik. Permukaan meja bisa dimiringkan sehingga memungkinkan integrasi yang lebih baik.

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]

Meja