Meja tulis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Meja tulis ialah perabot dengan permukaan meja kerja bergaya rata yang digunakan di sekolah, kantor, rumah atau untuk aktivitas seperti akademik, profesional atau kesukaan seperti membaca, menulis atau menggunakan peralatan seperti komputer. Meja tulis kerap memiliki satu atau lebih laci, kompartemen atau kotak kepada menyimpan barang seperti perlengkapan kantor dan surat-surat.[1] Meja tulis secara umum terbuat dari kayu atau logam terkadang bahan seperti kaca.

Tidak seperti meja kebanyakan, beberapa meja tulis secara umum hanya terdapat satu sisi yang pantas untuk duduk (pengecualian seperti meja kompanyon). Sebagian meja tulis tidak mempunyai bentuk meja seperti meja lemari yang dibangun di dalam lemari besar serupa kabinet dan meja tulis praktis yang cukup ringan untuk bisa diletakkan pada pangkuan seseorang. Semenjak banyak orang bersandar pada meja kala menggunakan, sebuah meja harus kokoh. Beberapa orang menggunakan meja berdiri agar dapat berdiri kala menggunakan mereka.

Model pelajar[sunting | sunting sumber]

Kursi dan meja pelajar secara umum digunakan pada sekolah menengah dan universitas.

Meja tulis pelajar dapat berupa bentuk meja apa pun dimaksud digunakan oleh pendaftar pada tingkat pendidikan dasar, menengah atau pasca-sekolah menengah. Bermula dari Anna Breadin[2] merancang dan mematenkan sebuah meja tulis sekolah pada tahun 1889[3][4] bahwa dibangun dengan bagian meja terpasang di depan kursi kayu disertai sandaran. Sebelum itu, sebagian besar pelajar di Amerika duduk di kursi atau bangku panjang dengan meja berjarak.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Desk". Merriam-Webster. Diakses tanggal 2020-04-27. 
  2. ^ Thimmesh, Catherine (2018). Girls Think of Everything: Stories of Ingenious Inventions by Women. Houghton Mifflin Harcourt. ISBN 978-1-328-77253-4. 
  3. ^ Casey, Susan (1997). Women Invent: Two Centuries of Discoveries that Have Shaped Our World. Chicago Review Press. hlm. 12. ISBN 978-1-556-52317-5. 
  4. ^ M. Uhl, Xina (2018). The Most Influential Female Inventors. The Rosen Publishing Group, Inc. hlm. 49. ISBN 978-1-508-17973-3.