Lompat ke isi

Mawar tongkat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Mawar tongkat
Alcea Edit nilai pada Wikidata
Taksonomi
KerajaanPlantae
DivisiTracheophyta
OrdoMalvales
FamiliMalvaceae
GenusAlcea Edit nilai pada Wikidata
Linnaeus, 1753
Species
See text

Alcea adalah genus lebih dari 80 spesies tanaman berbunga di keluarga panirak Malvaceae, umumnya dikenal sebagai mawar tongkat . [1] Mereka berasal dari Asia dan Eropa. [1] Satu-satunya spesies mawar tongkat dari Amerika, mawar tongkat sungai liar termasuk dalam genus yang berbeda.

Keterangan

[sunting | sunting sumber]

Mawar tongkat adalah tanaman tahunan, dua tahunan, atau abadi yang biasanya berbentuk tegak dan tidak bercabang. Rumputan biasanya memiliki lapisan rambut berbentuk bintang. Helaian daun sering kali berbentuk lobus atau bergigi, dan bertumpu pada tangkai daun yang panjang. Bunganya mungkin soliter atau tersusun dalam fasikula atau tandan . Kelopak berlekuk biasanya lebarnya lebih dari tiga sentimeter dan mungkin berwarna merah jambu, putih, ungu, atau kuning. Buahnya adalah schizocarp, berupa piringan kering yang terbagi menjadi lebih dari 15 bagian yang berisi biji. [2]  

Mawar tongkat adalah tanaman hias taman yang populer. Mereka mudah ditanam dari biji. Trah dengan bunga merah menarik perhatian burung kolibri dan kupu-kupu . Kultivar telah dibiakkan, terutama dari A. rosea . Mereka termasuk 'Chater's Double' berbunga ganda, 'Creme de Cassis' berwarna raspberry, dan 'The Watchman', yang memiliki bunga merah marun gelap, hampir hitam. [3]

Batang mawar tongkat dapat digunakan sebagai kayu bakar, dan akarnya dapat digunakan sebagai obat. [4] [5]

Referensi

[sunting | sunting sumber]
  1. ^ a b Tang, Y.; et al. "Alcea". Flora of China. Missouri Botanical Garden, St. Louis, MO, and Harvard University Herbaria, Cambridge, Massachusetts. Diakses tanggal 24 July 2012. 
  2. ^ Tang, Y.; et al. "Alcea". Flora of China. Missouri Botanical Garden, St. Louis, MO, and Harvard University Herbaria, Cambridge, Massachusetts. Diakses tanggal 24 July 2012. 
  3. ^ Hollyhock: A. rosea. Better Homes and Gardens.
  4. ^ Tang, Y.; et al. "Alcea". Flora of China. Missouri Botanical Garden, St. Louis, MO, and Harvard University Herbaria, Cambridge, Massachusetts. Diakses tanggal 24 July 2012. 
  5. ^ Aydin, S.; Öztürk, Y.; Başer, K. H. C.; Kirimer, N.; Kurtar-Öztürk, N. (1992). "Effects of Alcea pallida L. (A.) and Tilia argentea Desf. Ex DC infusions on swimming performance in mice". Phytotherapy Research. 6 (4): 219–220. doi:10.1002/ptr.2650060411.