Masyarakat Slovenia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Kursi Masyarakat Slovenia di Congress Square di Ljubljana

Masyarakat Slovenia (bahasa Slovenia: Slovenska matica,[1] Selain itu, Matica slovenska) adalah rumah penerbitan tertua kedua di Slovenia, yang didirikan pada 4 Februari, di mana tahun 1864 merupakan tahun dengan berkembangnya institusi akademis dan budaya bagi Slovenia.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Masyarakat Slovenia didirikan atas usul beberapa asosiasi patriotik Slovenia dan individu dari Maribor, yang mendesak pembentukan sebuah institusi yang akan menerbitkan literatur ilmiah mutakhir di Slovenia, dan mendorong ekspansi budaya antara orang-orang Slovenia, dan pengembangan terminologi ilmiah di Slovenia.

Pada tahun 1864, konsorsium Slovenska matica didirikan di Ljubljana. Karyanya didasarkan pada contoh institusi serupa di bagian lain Bangsa Slavia, seperti Matica hrvatska di Kroasia, Matica srpska di Vojvodina, Matice česká di Wilayah- wilayah Ceko, dan Matica slovenská di Slowakia. Konsorsium tersebut didirikan dengan modal privat, sebagaimana halnya dengan Kadipaten Carniola dan beberapa asosiasi budaya. Kaisar di Austria seperti Francis Joseph I juga memberikan kontribusi finansial yang sifatnya substansi dalam pendiriannya.

Institusi tersebut mencapai puncaknya di awal abad ke-20. Di mana pada saat itu, institusi ini berfungsi sebagai rumah penerbitan reguler di pasar bebas, yang menerbitkan buku-buku untuk publik secara umum, di mana banyak di antaranya yang menjadi bestseller; pada saat yang sama, juga berperan sebagai Akademi Ilmu Pengetahuan, yang membina budaya tinggi dan memelihara kontak dekat dengan Akademi Ilmu Pengetahuan dan Seni Yogoslavia di Zagreb, Akademi Ilmu Pengetahuan dan Seni Serbia di Belgrade, serta institusi serupa di Praha, Krakow, London dan Sankt Peterburg.

Selama Perang Dunia I, Masyarakat Slovenia juga dekat dengan properti sitaan dari otoritas Austria-Hongaria. Penyebab yang dituduhkan adalah karena penerbitan buku Gospodin Franjo ("Mister Franjo") oleh seorang penulis asal Slovenia dan petugas dari tentara Austria-Hongaria Fran Maselj Podlimbarski, yang telah memberikan kritik satire atas Pendudukan Austria-Hongaria di Bosnia dan Herzegovina.

Selama Kerajaan Yugoslavia, Masyarakat Slovenia memperluas pekerjaan penerbitannya dan pada tahun 1938, MS merupakan pendiri Akademi Ilmu pengetahuan dan Seni Sloveni. Selama pendudukan Italia di Perang Dunia II, kepemimpinan Masyarakat Slovenia bekerja sama dengan Fron Pembebasan Warga Slovenia. Pada tahun 1945, otoritas komunis dari Republik Rakyat Slovenia membolehkan mendirikan kembali institusi ini, walaupun kebijakan editorial dianggap "terlalu konservatif" oleh rezim baru. Kebanyakan propertinya dinasionaliasi oleh negara, tetapi institusi ini dibolehkan supaya lanjut berfungsi dan kemudian menerima subsidi yang substansial.

Karya institusi ini bangkit kembali pada tahun 1980-an, ketika dimulai penerbitan terjemahan secara sistematis oleh filsuf Barat utama dan teretisi politik, termasuk diantaranya penulis yang dianggap subversif atas ideologi sosialis, seperti Martin Heidegger, Machiavelli, Jan Patočka, Unamuno, José Ortega y Gasset, Aurelius Augustinus, dan karya lengkap Nietzsche.

Ketua[sunting | sunting sumber]

Sejak didirikan, Masyarakat Slovenia dipimpin oleh tokoh penting dari budaya dan kehidupan publik Slovenia.

Editor dan kanselir[sunting | sunting sumber]

Banyak individu terkemuka menjabat sebagai editor dan kanselir (sekretaris utama) institusi tersebut. Salah satu yang paling menonjol adalah Fran Levstik, Josip Vidmar, Juš Kozak, Prancis Bernik, dan Drago Jančar. Beberapa lainnya telah berkolaborasi dengan institusi tersebut, termasuk filsuf Ivo Urbančič dan Tine Hribar, sejarawan Vasilij Melik dan ahli teori politik Albin Prepeluh.

Catatan dan referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ di mana Matica secara harfiah dalam bahasa Inggris bermakna "Queen Bee," yaitu metafora untuk "tubuh induk Slovenia."

Pranala luar[sunting | sunting sumber]