Martin Gerard Rutten

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Martin Gerard Rutten (lahir di Jombang, Jawa Timur, 22 Oktober 1910 – meninggal di Utrecht, 13 Oktober 1970 pada umur 59 tahun) ialah seorang geolog dan biolog berkebangsaan Belanda.

Martin Rutten adalah putera dari Louis Martin Robert Rutten, dan sebagai mahasiswa, ia diajar oleh ayahnya sendiri. Sebagai mahasiswa, ia ikut serta dalam ekspedisi ke Antillen Belanda (1930) dan Kuba (1933) yang diorganisasi oleh ayahnya sendiri. Di samping geologi, ia juga mempelajari spesies burung yang hidup di tempat itu, yang menjadi minatnya. Ia dipromosikan sebagai doktor pada tahun 1936 atas disertasinya tentang geologi Kuba. Kemudian ia ikut bertugas di Bataafsche Petroleum Maatschappij, sehingga ia dikirim ke Hindia Belanda (sekarang Indonesia). Sejak tahun 1940 ia tinggal di Belanda, dan semasa Perang Dunia II ia bekerja di pertambangan negara di Limburg.

Antara tahun 1946-1951, ia menjadi profesor stratigrafi dan paleontologi di Universitas Amsterdam, dari tahun 1951, ia pindah ke Universitas Utrecht untuk mengisi jabatan ayahnya "geologi umum". Ia menyelenggarakan penelitian paleontologi atas foraminifera, dan juga masalah umum sepanjang sisa hidupnya. Bersama dengan J. Veldkamp dan RW. van Bemmelen, ia memulai penelitian paleomagnetisme di Belanda, dan kemudian di Islandia, di mana ia memulai serangkaian penelitian lapangan.

Sumber[sunting | sunting sumber]