Marina Joesoef

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Marina Joesoef
LahirMarina Sastrowardoyo
24 Maret 1959 (umur 65)
Jakarta, Indonesia
KebangsaanIndonesia
PekerjaanSeniman
Fotografer
Suami/istriIwan V. Joesoef
AnakMarwan Arie Joesoef
Nurfahd S. Joesoef
Tiara R. Joesoef
Orang tua

Marina Joesoef — lahir dengan nama Marina Sastrowardoyo pada tanggal 24 Maret 1959 di Jakarta — adalah seorang seniman asal Indonesia. Ia adalah seorang pelukis yang pernah menggelar pameran di Jakarta dan Kuala Lumpur.[1] Ia juga dikenal dengan nama Marina Joesoef Sastrowardoyo,[1] meskipun Joesoef adalah nama belakang suaminya.

Pada awal dekade 1960-an, Marina mengikuti orang tua dan saudaranya untuk tinggal di Los Angeles dan Leiden, Belanda, di mana ayahnya, Dr. Sumarsono Sastrowardoyo, mempelajari urologi selama enam tahun, termasuk di University of California, Los Angeles. Marina pun bersekolah di Santa Monica dan Leiden.

Setelah kembali ke Indonesia, pada tahun 1976, ia berpartisipasi dalam ajang Miss Teen yang digelar oleh majalah Gadis, dan berhasil menjadi juara pertama.

Keluarga[sunting | sunting sumber]

Marina adalah anak perempuan tertua dari Dr. Sumarsono Sastrowardoyo, seorang dokter dan penulis memoir, dari perkawinannya dengan Ina Sastrowardoyo. Saudara laki-lakinya, Ariawan Sastrowardoyo, meninggal pada tahun 1995. Sementara saudara laki-lakinya yang lain, Dr. Aswin W. Sastrowardoyo, adalah seorang dokter yang juga pernah menjadi gitaris dan vokalis grup musik Chaseiro mulai tahun 1979 hingga 1983.[2] Marina juga memiliki adik perempuan, yakni Lisa Damayanti Sastrowardoyo (lahir pada tahun 1962).

Aktris Dian Sastrowardoyo adalah keponakan dari Marina.

Marina kemudian menikah dengan Iwan V. Joesoef,[3] seorang pebisnis, dan memiliki tiga orang anak, yakni Marwan Arie Joesoef (lahir pada tahun 1976), Nurfahd S. Joesoef (lahir pada tahun 1979), Naarah Joesoef (lahir pada tahun 1990) dan Tiara R. Joesoef (lahir pada tahun 1999)

Kakek Marina, Sutejo Sastrowardoyo, merupakan generasi ke-18 dari sebuah keluarga Jawa yang telah eksis sejak abad ke-15.

Languages[sunting | sunting sumber]

Marina Sastrowardoyo dapat berbicara dalam Bahasa Belanda, Bahasa Inggris, Bahasa Jawa, dan Bahasa Indonesia.

Catatan[sunting | sunting sumber]