Marina Bay, Singapura

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Marina Bay)
Marina Bay
InggrisMarina Bay
Tionghoa滨海湾
– PinyinBīnhǎiwān
MelayuTeluk Marina
Tamilமரீனா பே
Teluk Marina di malam hari dengan Marina Centre di latar belakang.
Bangunan-bangunan pusat jasa keuangan di sekeliling Teluk Marina.

Teluk Marina atau Marina Bay ialah sebuah teluk dekat Central Area di daerah selatan Singapura dan berada di sebelah timur dari Downtown Core. Teluk Marina direncanakan menjadi tujuan 24 jam 7 hari seminggu dengan kemungkinan tanpa batas bagi pengunjungnya untuk "menjelajahi kehidupan baru, pilihan gaya hidup, bertukar pikiran dan informasi untuk usaha, dan dihibur dengan berbagai jenis rekreasi dan pengalaman budaya".[1] Di sini terdapat berbagai fasilitas dan infrastruktur yang inovatif seperti "terowongan infrastruktur terpadu" dibangun dan aktivitas luar biasa mengambil tempat untuk tampil.[2]

Perencanaan Teluk Marina[sunting | sunting sumber]

Master Plan Teluk Marina menitikberatkan pada kegunaan campuran dari daerah ini, meliputi daerah komersial, pemukiman, hotel, dan hiburan untuk menjaga agar daerah ini tetap hidup sepanjang hari. Semua pengembang di daerah ini mempunyai sasaran promosi yaitu: Penjelajahan (Explore), Pertukaran (Exchange), dan Hiburan (Entertain):

Explore - Pilihan kehidupan yang baru. Banyak pengembang pemukiman sedang bersaing, termasuk One Shenton dan Marina Bay Residences yang akan melengkapi The Sail @ Marina Bay untuk menyajikan lingkungan tinggal dan kerja yang menyatu di jantung kota.[1]

Exchange - Pertemuan bisnis global. Jika selesai, Teluk Marina akan memiliki dua kali lipat luasan kantor untuk jasa keuangan yang ada saat ini, mendatang akan mengukuhkan Singapura sebagai salah satu pusat keuangan Asia terkemuka. Akan tersedia 2,82 juta meter persegi ruang kantor, setara dengan ruang perkantoran di pusat bisnis Hong Kong, yaitu Central.

Entertain - Pelengkap semua aktivitas. Tahun 2010 dengan dibukanya Marina Bay Sands Integrated Resort telah menyediakan lebih banyak pilihan hiburan di daerah ini, bersama-sama dengan tempat hiburan dan belanja yang sudah ada seperti Esplanade, Suntec City, Marina Square, Raffles City Shopping Centre.

Pemerintah Singapura juga menghabiskan S$35 juta atau sekitar Rp.2,275 triliun[3] untuk menyelesaikan tempat pejalan kaki sekeliling Teluk Marina (Waterfront Promenade) sepanjang 3,5 kilometer.[4] Termasuk pusat wisatawan ramah lingkungan dan The Helix yang menghubungkan Bayfront ke Marina Centre tempat Youth Olympic Park terletak. The Promontory @ Marina Bay (dahulu lokasi Central Promontory) akan digunakan sebagai tempat acara sementara dan ruang publik untuk kegiatan seperti teater dan karnaval.[5]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1970-an, reklamasi dilakukan di Teluk Marina, menjadi yang sekarang adalah daerah Marina Centre dan Marina South. Sewaktu proses reklamasi, daerah aliran sungai Telok Ayer hilang dari peta, sementara muara Sungai Singapura kemudian mengalir ke teluk bukan langsung ke laut. Tahun 2008, Marina Barrage dibangun, mengubah Teluk Marina dan daerah aliran sungai Kallang menjadi penampungan air tawar di pusat kota (Marina Reservoir), memberikan persediaan air, mengatur banjir, dan menjadi tempat atraksi baru.

Kegiatan di Teluk Marina[sunting | sunting sumber]

Peresmian Singapore Grand Prix diadakan pada 28 September 2008 di sirkuit jalanan di sisi Teluk Marina.[6] Ini menjadi Grand Prix F1 yang pertama yang diadakan malam hari, dengan jalur seluruhnya diterangi lampu. Sejak awal mula, The Float@Marina Bay sudah menjadi tempat kegiatan seperti Parade Hari Kemerdekaan, acara memasuki tahun baru,[7] Pesta Kembang Api Singapura, selain sebagai tempat memuaskan penggemar balapan di Grand Prix F1 Singapura. Stadion mengambang terbesar di dunia juga menjadi tempat upacara pembukaan dan penutupan Olimpiade Remaja Singapura 2010.[8]

Infrastruktur[sunting | sunting sumber]

Terowongan Infrastruktur Terpadu[sunting | sunting sumber]

Singapura adalah negara Asia kedua setelah Jepang yang membangun sistem Terowongan Infrastruktur Terpadu (atau dalam istilah bahasa Inggris "common service tunnel") untuk menyatukan seluruh keperluan utilitas pembangunan dan pengembangan Teluk Marina. Jaringan itu meliputi, pipa air bersih, listrik, telekomunikasi, dan berbagai keperluan layanan bawah tanah. Terowongan ini tidak hanya meningkatkan keandalan pasokan layanan tetapi juga memudahkan pemasangan dan pemeliharaan jaringan baru, juga terdapat layanan cadangan 100% untuk dikembangkan pada keperluan perubahan utilitas.[9]

Pengelolaan air[sunting | sunting sumber]

Pada 2004, Badan Layanan Masyarakat (Public Utilities Board) mengumumkan rencana pembangunan tempat cadangan air pusat kota dengan membenduk Kanal Marina. Pembangunan selesai pada 2008 dan dikenal sebagai Marina Barrage, ini mengubah Teluk Marina dan daerah aliran sungai Kallang menjadi tempat cadangan air tawar dengan membatasi transportasi laut dan mengatur kualitas air.

Tempat ini menjadi tempat cadangan bahan air minum untuk Singapura, juga menjadi tempat dengan permukaan air yang tenang untuk berbagai kegiatan dan aktivitas di atas air. Juga menjadi tempat penampungan air untuk menghindarkan daerah Chinatown banjir.

Transportasi[sunting | sunting sumber]

Terdapat 5 stasiun MRT yang melayani Teluk Marina: Stasiun MRT City Hall, Raffles Place, Marina Bay, Promenade dan Esplanade. Pada tahun 2020, Teluk Marina seluas 360 hektare akan menjadi pusat transportasi terpadu dengan jalur rel paling lengkap di Singapura.[10] Tiga stasiun MRT akan dibuka antara tahun 2012 dan 2014. Tahun 2018 daerah Teluk Marina akan memiliki enam atau lebih stasiun MRT, semuanya berjarak kurang dari 5 menit antar stasiun. Jalur pejalan kaki yang terpadu termasuk dengan peneduh, tertutup, bawah tanah, penyeberangan dua tingkat akan menjamin pejalan kaki dari semua kondisi cuaca dan menghubungkan bangunan serta stasiun MRT.[11] Di dalam Teluk Marina yang lebih luas, taksi air akan dilipat gandakan sebagai alternatif jenis transportasi.

Tujuan wisata baru[sunting | sunting sumber]

Gardens by the Bay[sunting | sunting sumber]

Gardens by the Bay sedang dibangun, 5 Januari 2011

Sejalan dengan penggambaran Singapura sebagai Kota Taman, kini sedang dibangun tiga taman menghadap laut di Teluk Marina. Gardens by the Bay terdiri dari Bay South, Bay East, dan Bay Central di mulut Sungai Singapura seluas 101 hektare. Tahap 1 dijadwalkan dibuka pada 2011.[12] Ketiga taman akan terhubung dengan beberapa jembatan pejalan kaki untuk membentuk lingkaran di seluruh pesisir dan menghubungkan seluruh pembangunan di sekitarnya, ruang terbuka publik, titik transportasi dan atraksi.[1] Melalui wisata pendidikan taman, hortikultura, keahlian berkebun dan seni tanaman, Gardens by the Bay akan memberi tempat rekreasi bagi para warga Singapura juga wisatawan mancanegara.[12]

Marina Bay City Gallery[sunting | sunting sumber]

Selesai pada Juli 2010, Marina Bay City Gallery adalah bangunan yang ramah lingkungan di pesisir sepanjang Marina Boulevard. Galerinya menampilkan model skala besar dari Teluk Marina, dengan menggunakan teknologi multimedia mutakhir, wisatawan dapat menjelajah dan merasakan rencana masa depan dari Teluk Marina.

Waterfront Promenade[sunting | sunting sumber]

Cool Resting Spot di satu lokasi jalan pesisir Teluk Marina

Jalan pesisir sepanjang 3,5 km menghubungkan seluruh atraksi di Marina Centre, Collyer Quay dan daerah Bayfront selesai pada 2010. Wisatawan dapat melihat-lihat dan berjalan-jalan sepanjang Mist Walk, air menari dan menikmati pemandangan Teluk dari posisi manapun sepanjang jalan pesisir tersebut.

Bangunan utama[sunting | sunting sumber]


Bangunan masa datang[sunting | sunting sumber]


Galeri[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c “Realising the Marina Bay Vision”. The Business Times. 2008-03-22/23 http://www.marina-bay.sg/BT_22-23Mar08(pg7)_Realising%20the%20Marina%20Bay%20vision.pdf Diarsipkan 2011-05-27 di Wayback Machine. Dibuka 03-06-2010.
  2. ^ “Reinventing Singapore The Marina Bay Project” IDEAS IE Business School. http://ideas.ie.edu/articulos.cfm?idArticulo=198&idIdioma=1&titulo=Reinventing-Singapore-The-Marina-Bay-Project Diarsipkan 2012-01-18 di Wayback Machine.. Retrieved 03-06-2010.
  3. ^ 1S$ = Rp.6.500 (2008) Yahoo! Finance
  4. ^ “$35m for Marina Bay waterfront promenade”. Asiaone. 2008-09-19. http://www.asiaone.com/Travel/News/Story/A1Story20080918-88574.html Diarsipkan 2011-04-10 di Wayback Machine. Dibuka 03-06-2010.
  5. ^ "Downtown @ Marina Bay". URA. http://www.ura.gov.sg/cudd/cawebsite/downtown-map.htm Diarsipkan 2011-05-14 di Wayback Machine. Dibuka 07-08-2010.
  6. ^ "Singapore to host F1 Grand Prix next year". Channel NewsAsia. 11-05-2006. http://www.channelnewsasia.com/stories/singaporelocalnews/view/275566/1/.html Diarsipkan 2012-10-10 di Wayback Machine. Dibuka 11-5-2007.
  7. ^ Marina Bay Singapore Countdown 2010/11
  8. ^ "Singapore YOG 2010 Fan Site". http://www.singaporeyoutholympicgames.com/yog-venues/marina-bay-floating-stadium/ Diarsipkan 2010-01-09 di Wayback Machine. Dibuka 08-07-2010.
  9. ^ "State-of-the-art infrastructure in place at Marina Bay". Urban Redevelopment Authority. 2006-06-16. http://www.ura.gov.sg/pr/text/pr06-40.html Diarsipkan 2011-05-14 di Wayback Machine.. Dibuka 03-06-2010.
  10. ^ "5 MRT lines to Marina Bay". The Straits Times. 2010-05-24. http://www.straitstimes.com/BreakingNews/Singapore/Story/STIStory_530577.html Dibuka 03-06-2010.
  11. ^ "Seamless Connectivity". Marina Bay Singapore. 2008. http://www.marina-bay.sg/connectivity.html Diarsipkan 2010-01-28 di Wayback Machine.. Dibuka 03-06-2010.
  12. ^ a b (Inggris)"Gardens by the Bay." National Parks Diakses 03-06-2010.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]