Maria Laskarina

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Maria Laskarina
Maria laskarina.jpg
Permaisuri Hongaria
Berkuasa1235–1270
Lahirskt. 1206
Wafat16 Juli atau 24 Juni 1270
WangsaWangsa Laskaris
AyahTheodoros I Laskaris
IbuAnna Komnene Angelina
PasanganBéla IV dari Hongaria
AnakKinga, Margit, Katalin, Anna, Jolán, Erzsébet, Konstancia, István, Margit, Béla

Maria Laskarina (skt. 1206 – 16 Juli atau 24 Juni 1270) merupakan putri Theodoros I Laskaris dan istri pertamanya Anna Komnene Angelina.

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Ia adalah saudari Eirene Laskarina, permaisuri pertama Ioannes III Doukas Vatatzes. Theodoros menikahkan putri sulungnya dengan ahli warisnya pada tahun 1212. Theodoros juga menduda pada thaun yang sama dan melangsungkan pernikahan dengan Philippa dari Armenia dan Maria dari Courtenay. Namun Ioannes tidak pernah tergusur di dalam suksesi.

Sebagai putri yang lebih muda, pernikahan Maria tidak dimaksudkan untuk menambah calon suami di garis suksesi takhta. Melainkan ia mengamankan sebuah aliansi pernikahan dengan Kerajaan Hongaria.

Pada tahun 1218, Maria menikah dengan Pangeran Béla dari Hongaria dan menjadi penganut Katolik Roma, yang pindah dari Ortodoks Yunani, agamanya sejak lahir. Pasangan pengantin tersebut berusia dua belas tahun saat itu. Suaminya adalah putra sulung András II dari Hongaria dan Gertrud dari Merania.

András II meninggal pada tanggal 26 Oktober 1235. Putra mahkota menggantikannya sebagai Béla IV dan Maria menjadi ratunya. Béla bertakhta selama tiga puluh lima tahun dan meninggal pada tanggal 3 Mei 1270. Maria hidup lebih lama darinya selama dua bulan.

Keturunan[sunting | sunting sumber]

Maria dan Béla IV dari Hongaria memiliki sepuluh orang anak:

Silsilah[sunting | sunting sumber]

Maria Laskarina
Lahir: skt. 1206 Wafat: 1270
Gelar penyandang kekuasaan
Didahului oleh:
Beatrice D'Este
Permaisuri Hongaria
1235–1270
Diteruskan oleh:
Erzsébet Cuman

Pranala luar[sunting | sunting sumber]