Philippa dari Armenia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Philippa dari Armenia (1183 – seb. 1219) merupakan Permaisuri Nicea. Dia adalah putri Ruben III dari Armenia dan Isabella dari Toron. Eyang maternalnya adalah Humphrey III Toron dan Stephanie dari Milly.

Putri Armenia[sunting | sunting sumber]

Dia adalah adinda Alice dari Armenia, istri Raymond II dari Tripoli kemudian. Ayahandanya meninggal pada tahun 1186 ketika Alice berusia empat tahun dan Philippa hanya berusia tiga tahun. Ia digantikan oleh adiknya Levon I dari Armenia yang pada awalnya adalah "Pemangku takhta dan Tutor" keponakannya yang masih muda. Pamanda mereka akhirnya mengesampingkan mereka dan diganti oleh keturunannya sendiri.

Menurut tulisan-tulisan Smbat Sparapet, pada tanggal 3 Februari 1189/1190, Philippa bertunangan dengan Schahenscah, putra kedua Tchordouanel, Lord Sasun dan saudari Gregorius IV Muda yang tidak disebutkan namanya, Katolikos Armenia Kilikia. Pada saat yang sama, Alice bertunangan dengan Hathum, Lord Sasun, kakak Schahenscah. Wilayah Sason yang dikuasai dua bersaudara relatif signifikan bagi Kerajaan Armenia Kilikia pada saat itu dan Levon mungkin telah berusaha untuk mendapatkan kesetiaan mereka melalui pertunangan.

Pernikahan Alice dan Philippa terjadi di suatu tempat antara tanggal pertunangan mereka dan Mei, 1193. Pada bulan Mei, 1193, Hathum dan Schahenscah keduanya dibunuh. Para suster disebutkan oleh Smbat sebagai janda mereka. Sempad juga mencatat rumor-rumor kontemporer tentang Levon berada di belakang kedua pembunuhan itu. Karena Alice baru berusia sebelas tahun dan Philippa sepuluh tahun, perkawinan kemungkinan besar tidak terwujud.

Pada tanggal 31 Januari 1198/1199, Philippa bertunangan dengan Oshin dari Lambron, putra sulung Hathum, Lord Lambron (skt. 1145 - 1218). Pernikahan itu tidak pernah terjadi tetapi Sempad tidak menyatakan alasan tertentu. Oshin mungkin telah menggantikan ayahandanya pada tahun 1218. Tetapi pada tahun 1220, dia sudah meninggal dan Lord Lampron adalah adiknya Konstantin.

Permaisuri[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 24 Juli 1214, Philippa menikah dengan Theodoros I Laskaris dari Kekaisaran Nicea. Pernikahan mereka dicatat dalam kronik Georgios Akropolites. Mereka memiliki seorang putra, Konstantin Laskaris, yang lahir pada tahun 1215 dan dijadikan Adipati Thrakesion pada tahun 1249.

Namun, pada tahun 1216, Theodoros membatalkan pernikahannya. Philippa dikembalikan kepada pamandanya Levon dan hak waris Konstantin dihapus. Meskipun alasan agama dikutip penyebab pastinya tidak diketahui. Ada kemungkinan bahwa Levon mungkin telah salah mengartikan Philippa sebagai salah satu putrinya sendiri dalam perundingan pernikahan, yang berarti bahwa Theodoros mungkin mencari untuk mengamankan hak suksesi takhta Armenia, sementara Philippa hanya keponakan dari kerajaan dan tidak terlalu dekat dengan suksesi.[1]

Ketika Levon meninggal pada bulan Mei, 1219, ia digantikan oleh putrinya Isabel I. Philippa tidak disebutkan di antara kerabatnya yang masih hidup oleh Smbat. Dia mungkin meninggal antara tahun 1216 dan awal tahun 1219.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Gardner, Alice (1912). The Lascarids of Nicaea: the Story of an Empire in Exile. hlm. 87f. 

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

  • Sempad the Constable, Le Royaume Armenien de Cilicie.
  • George Acropolites, Annales.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Philippa dari Armenia
Lahir: 1183 Wafat: seb. 1219
Gelar penyandang kekuasaan
Didahului oleh:
Anna Komnene Angelina
Permaisuri Nicaea
1214–1216
Diteruskan oleh:
Marie de Courtenay