Mangifera quadrifida

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Mangifera quadrifida
Status konservasi
Risiko rendah
IUCN62945
Taksonomi
DivisiTracheophyta
SubdivisiSpermatophytes
KladAngiospermae
Kladmesangiosperms
Kladeudicots
Kladcore eudicots
KladSuperrosidae
Kladrosids
Kladmalvids
OrdoSapindales
FamiliAnacardiaceae
GenusMangifera
SpesiesMangifera quadrifida
Jack, 1824

Mangifera quadrifida atau dikenal dengan nama Asam Kumbang adalah spesies tumbuhan dari famili Anacardiaceae. Tumbuhan ini asli dari Semenanjung Malaya, Kalimantan dan Sumatera.[1]

Pemerian botanis[sunting | sunting sumber]

Pohon Mangifera quadrifida biasanya tumbuh dengan tinggi 20-30 meter, namun terkadang bisa tumbuh hingga 51 meter. Daunnya jika diraba tebal seperti kulit dan berbentuk lanset dengan panjang 10-20 centimeter, dengan tangkai daun yang panjang. Bunganya termasuk bunga majemuk karena jumlahnya banyak dan saling berdesakan dalam satu tangkai. Bunganya berwarna putih kecil, beraroma harum dan tersusun dalam tangkai bunga. Buah berbentuk oval berjenis buah batu (drupe) dengan panjang sekitar 7 centimeter dengan 1 biji besar didalamnya. Jika sudah matang, buah akan berwarna Ungu. Daging buah berwarna kuning dengan banyak serat dan beraroma harum. rasanya manis agak asam.

Tanaman ini dapat bersilangan dengan Mangga. Mangga kasturi diduga adalah hasil Persilangan alam antara Asam Kumbang dengan suatu jenis Mangga di Kalimantan.

Buah dari tanaman ini sangat mirip dengan Mangifera similis

Karena Penebangan Hutan semakin merajalela, populasi Mangifera quadrifida pun terus menurun. Pada tahun 2014, Daftar Merah IUCN menetapkan spesies ini kedalam status LC atau Least Concern.

Kegunaan[sunting | sunting sumber]

Buahnya yang berwarna Ungu dapat dimakan langsung dan buahnya yang masih muda diolah menjadi Rujak. Batang Kayunya bisa dijadikan bahan Bangunan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Rhodes, L.; Maxted, N. (2016). "Mangifera quadrifida". 2016: e.T62945A47600654. doi:10.2305/IUCN.UK.2016-3.RLTS.T62945A47600654.en.