Mamut kolumbia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Mamut kolumbia
Rentang fosil: Pleistosen Pertengahan-Holosen Awal, 1.5–0.011 Jtl
Columbian mammoth.JPG
Kerangka mamut kolumbia jantan
Klasifikasi ilmiah
Kingdom: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Mammalia
Ordo: Proboscidea
Famili: Elephantidae
Genus: Mammuthus
Spesies: M. columbi
Nama binomial
Mammuthus columbi
(Falconer, 1857)
North American mammoth map.jpg
Peta yang menunjukkan persebaran mamut kolumbia (merah) dan mamut berbulu (biru) berdasarkan temuan fosil
Sinonim

Mamut kolumbia (Mammuthus columbi) adalah spesies mamut yang telah punah. Spesies ini pernah menghuni wilayah Amerika Utara (dari Amerika Serikat utara hingga Kosta Rika) pada masa Pleistosen. Spesies ini merupakan salah satu spesies mamut terakhir. Mamut kolumbia berevolusi dari spesies Mammuthus trogontherii, yang memasuki wilayah Amerika Utara dari Asia sekitar 1,5 juta tahun yang lalu. Mamut pigmi di Kepulauan Channel California berevolusi dari mamut Kolumba. Kerabat terdekat mamut ini yang masih ada saat ini adalah gajah asia.

Dengan tinggi 4 m di pundaknya dan massa 8-10 ton, mamut kolumbia adalah salah satu spesies mamut terbesar. Spesies ini memiliki gading yang panjang dan melengkung serta empat gigi geraham; gigi geraham ini diganti sebanyak enam kali dalam masa hidup suatu individu. Mamut ini kemungkinan menggunakan gading dan belalainya seperti gajah modern: untuk memanipulasi objek, bertempur dan mencari makan. Mamut kolumbia cendering tinggal di wilayah terbuka dan memakan alang, rumput, dan tumbuhan lain. Mamut ini tidak tinggal di wilayah Arktik di Kanada, yang merupakan habitat mamut berbulu. Persebaran dua spesies ini mungkin pernah saling bertumpang tindih, dan bukti genetik menunjukkan bahwa mungkin mereka pernah berkawin silang.

Selama beberapa ribu tahun sebelum kepunahannya, mamut kolumbia hidup berdampingan dengan orang-orang Paleoamerika di Amerika Utara - yang merupakan manusia pertama di Amerika. Mereka memburu mamut ini untuk dijadikan makanan, untuk menggunakan tulang mereka untuk membuat alat. Orang-orang Paleoamerika juga menggambar mereka dalam seni purba. Sisa-sisa mamut kolumbia telah ditemukan bersamaan dengan artefak-artefak budaya Clovis. Mamut kolumbia punah pada akhir masa Pleistosen sekitar 11.000 tahun yang lalu, kemungkinan akibat hilangnya habitat yang disebabkan oleh perubahan iklim, perburuan oleh manusia, atau kombinasi keduanya.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]