Mactan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Mactan
Mactan-from-above.jpg
Pemandangan Mactan
Mactan location map.svg
Geografi
KepulauanVisayas
Dibatasi oleh
Luas55.7 km2
Titik tertinggi6 m
Pemerintahan
NegaraFilipina
Kota dan Munisipalitas
Kota terbesarLapu-Lapu (497.604 jiwa)
Kependudukan
Penduduk568.199 jiwa (2020)
Kepadatan9.500 jiwa/km2
Kelompok etnisBisaya (Cebu) dan suku-suku Filipina lainnya.

Mactan adalah pulau berpenduduk padat yang terletak sekitar satu setengah kilometer di sebelah timur Pulau Cebu di Filipina. Pulau ini merupakan bagian dari Provinsi Cebu dan dibagi menjadi Kota Lapu-Lapu dan munisipalitas Cordova. Pulau ini dipisahkan dari Cebu oleh Selat Mactan yang saat ini dilintasi oleh dua jembatan: Jembatan Mactan-Mandaue dan Jembatan Marcelo Fernan, keduanya menghubungkan Mandaue di Pulau Cebu dan Lapu-Lapu di Pulau Mactan. Jembatan ketiga yang masih dibangun, yaitu Jembatan Cebu–Cordova (CCLEX), akan menghubungkan pulau tersebut, melalui Cordova, ke Kota Cebu. Pulau ini mencakup sekitar 65 kilometer persegi (25 sq mi) dan berpenduduk sebanyak 568.199 jiwa menurut sensus 2020,[1] sebagai pulau terpadat di negara ini. Bersama dengan Kepulauan Olango, pulau-pulau tersebut dikelola sebagai 1 kota dan munisipalitas seluas 7.525 kilometer persegi (2.905,42 sq mi).

Bandar Udara Internasional Cebu-Mactan terletak di pulau ini.

Etimologi[sunting | sunting sumber]

Nama "Mactan" diturunkan dari bentuk sebelumnya, Manctan. Namun, Namun, bukti bentuk awal ini sedikit karena, bahkan pada awal abad ke-17, pulau itu sudah bernama Mactan. Formulir ini dibuktikan dalam salinan asli Deklarasi Kemerdekaan Filipina, yang mana Lapu-Lapu disebutkan sebagai raja "Manktan".[2] Hal ini didukung oleh sejarah lisan, yang mengklaim bahwa nama Mactan berevolusi dari nama Mangatang. Nama tersebut berarti "bajak laut" (harfiah: "mereka yang menunggu"), dan diperoleh selama periode di mana penduduk pulau akan memangsa kapal dagang yang lewat dalam perjalanan ke pelabuhan Sugbu. Nama kuno pulau ini pada masa prakolonial adalah Opong, yang menjadi nama pemukiman Spanyol di Opon (berganti nama menjadi Lapu-Lapu pada tahun 1961).[3]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pulau itu sudah menjadi permukiman yang berkembang sebelum dijajah oleh Spanyol pada abad ke-16. Masyarakat pulau tersebut adalah sekutu kuat dari Kelakanan Lawan, sebuah kerajaan makmur di Samar. Datu Hadi Iberein memerintah Lakanate Lawan. Dia digambarkan oleh sejarawan William Henry Scott sebagai “Samar datu dengan nama Iberein didayung ke kapal Spanyol yang berlabuh di pelabuhannya pada tahun 1543 oleh pendayung berkerah emas; sambil mengenakan anting-anting dan rantainya sendiri”. Penjelajah Portugis Fernando de Magelhaens tiba di pulau itu pada tahun 1521 dan terlibat dalam peperangan di antara kerajaan-kerajaan, hanya untuk dibunuh dalam pertempuran oleh para pejuang Datu Lapu-Lapu, penguasa di pulau itu. Namun, tradisi lisan juga menyatakan bahwa pulau tempat Pertempuran Mactan kemungkinan terjadi di Pulau Poro di timur laut.

Pada tahun 1730, para biarawan Katolik ordo Augustinian mendirikan kota Opon. Kota ini kemudian diubah namanya menjadi Lapu-Lapu melalui Undang-Undang Republik 3134, ditandatangani oleh Presiden Carlos P. Garcia pada 17 Juni 1961. Anggota Kongres Manuel A. Zosa, perwakilan dari Distrik Keenam Cebu, mensponsori rancangan undang-undang yang mengubah bekas munisipalitas Opon menjadi Kota Lapu-Lapu saat ini.[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "PHILIPPINES: Administrative Division". 
  2. ^ Acta de la proclamación de la independencia del pueblo Filipino (in English and Spanish) from Wikisource.
  3. ^ Celestino C. Macachor (2011). "Searching for Kali in the Indigenous Chronicles of Jovito Abellana". Rapid Journal. 10 (2). Diarsipkan dari versi asli tanggal July 3, 2012. 
  4. ^ "Dr Who and Mexicans". Lindsey Michelle Susdorf "Future Dating Political Documents". 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 10°18′N 123°58′E / 10.300°N 123.967°E / 10.300; 123.967