Lorong Waktu 4

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lorong Waktu 4
Musim 4
Screenshot judul Lorong Waktu 4 di televisi
Negara asalIndonesia
Jml. episode35
Rilis
Jaringan asliSCTV
Tanggal disiarkan27 Oktober (2003-10-27) –
30 November 2003 (2003-11-30)
Kronologi musim
← Sebelumnya
Musim 3
Berikutnya →
Musim 5
Daftar episode

Lorong Waktu musim keempat atau secara resmi dituliskan sebagai Lorong Waktu 4 ditayangkan di SCTV sebanyak 35 episode dari tanggal 27 Oktober 2003 sampai 30 November 2003 bertepatan dengan bulan Ramadhan 1424 H.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Suasana masjid sedang sentimentil, ada tiga orang yang tengah memasuki fase-fase rawan dalam hidupnya. Orang pertama adalah Havid yang rencana pernikahannya dengan Adinda mengalami pengunduran berkali-kali karena kakek Adinda sebagai pemegang keputusan tertinggi di keluarga besarnya belum bisa memutuskan siapa yang akan ia tunjuk sebagai calon suami cucunya dan secara kebetulan ia sendiri sedang sakit. Setiap kali didesak untuk segera mengambil keputusan ia selalu menolak karena menganggap tidak menghargai dirinya yang sedang sakit. Alhasil posisi Havid dan Adinda menjadi terombang-ambing dalam ketidakpastian dan membuka kesempatan Jambrong untuk mencoba mengambil hati Adinda lagi.

Orang kedua yang memasuki fase rawan adalah Sabrina. Istri Ustaz Addin ini sedang hamil muda dan menjadi sangat manja. Lazimnya wanita Indonesia saat sedang hamil, Sabrina pun mengalami proses ngidam.[1] Sebagai suami dan calon ayah yang bertanggung jawab, Ustaz Addin berusaha memenuhi tuntutan ngidam istrinya. Jika Ustaz Addin kelihatan keberatan, maka Sabrina akan mengeluarkan kata-kata mujarab para ibu hamil: "ini 'kan permintaan bayi". Kesibukan Ustaz Addin pun bertambah selain mengurus masjid dan memperbarui sistem keamanan program lorong waktu, ia pun mulai akrab dengan mangga muda, rujak, menemani Sabrina duduk di halte menonton lalu lintas, hingga kadang ia harus mengenakan baju polka dot demi memenuhi permintaan calon bayi yang dikandung Sabrina.

Pada akhir musim muncul kejutan lainnya. Mantan narapidana sekaligus sahabat Havid dan Jambrong yang bernama Jagur datang ke masjid dan mengungkapkan niatnya bertobat sekaligus menjadi murid Haji Husin. Haji Husin menerima, namun kekhawatiran muncul di hati Jambrong dan Havid karena mereka merasa sekalipun sudah bertobat tetapi status mantan narapidana yang melekat pada diri Jagur tidak akan menjamin proses pertobatnya. Namun ternyata mereka salah besar, sebab Jagur benar-benar ikhlas dan tulus untuk dari semua kejahatannya. Bahkan ia meminta Zidan untuk menghapus tato di tubuhnya dengan cara disetrika.

Kru yang terlibat[sunting | sunting sumber]

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Pemeran Peran
Deddy Mizwar Haji Husin
Hefri Olifian Ustaz Addin
Jourast Jordy Zidan
Opie Kumis Havid
Christy Jusung Sabrina
Ramdhani Qubil AJ Jambrong
Asrul Dahlan Jagur
Anggia Jelita Ibunda Zidan
Hedi Yunus Ayahanda Zidan
Inneke Koesherawati Sofia
Irma De Vanty Adinda

Tim produksi[sunting | sunting sumber]

Posisi Dipegang oleh
Produser Giselawati Wiranegara
Produser eksekutif Deddy Mizwar
Penulis skenario Wahyu H.S.
Sutradara Deddy Mizwar
Aldisar Syafar
Asisten sutradara Jerry Asfar
Pencipta lagu tema Anes Bali
Penyanyi lagu tema Ina Bartheen dan Anes Bali
Penata musik Anes Bali

Produksi[sunting | sunting sumber]

Lokasi pengambilan gambar untuk musim keempat masih menggunakan Masjid Raya Baitussalam yang berlokasi di Komplek Billy Moon, Duren Sawit, Jakarta Timur.[2]

Pergantian pemain[sunting | sunting sumber]

Hanya satu karakter pendukung yang mengalami pergantian di musim ini yaitu karakter ayah Zidan yang kali ini diperankan oleh penyanyi Hedi Yunus setelah sebelumnya dari musim pertama sampai musim ketiga diperankan oleh Diaz Erlangga.[3]

Penayangan[sunting | sunting sumber]

TPI pernah menayangkan musim keempat sinetron ini pada bulan Ramadhan tahun 2007 dengan slot waktu siar pukul 12.00 WIB.

Sampai saat ini (2024) dan dengan alasan yang belum bisa terkonfirmasi, musim keempat menjadi musim yang belum pernah disiarkan di media streaming milik grup Emtek yaitu Vidio.com.

Pemasaran[sunting | sunting sumber]

Perusahaan-perusahaan yang menjadikan Deddy Mizwar sebagai bintang iklan mereka masih tetap berpartisipasi sebagai sponsor dalam musim ini diantaranya Sarung Atlas dan Yamaha.[4]

Daftar episode[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Apa dan Siapa - Hamil Muda Christy". Gatra. Jakarta. 26 Oktober 2003. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-08-27. Diakses tanggal 27 Agustus 2022. 
  2. ^ "Masjid Lorong Waktu di Jakarta Timur". Kumparan. Jakarta. 3 Juni 2018. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-04-08. Diakses tanggal 6 Februari 2021. 
  3. ^ "Ciptakan Album Religi, Terungkap Agama Hedi Yunus Buat Kaget". Intip Seleb. Jakarta. 10 Mei 2022. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-06-18. Diakses tanggal 16 Juni 2022. 
  4. ^ Pamungkas, Septian. "Didi Petet Warga Desa Cibebek Yamaha". Liputan 6. Diarsipkan dari versi asli tanggal 8 April 2021. Diakses tanggal 8 April 2021. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]