Lorong Waktu 2

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Lorong Waktu 2
Musim 2
Title Card Lorong Waktu 2.jpg
Screenshot judul Lorong Waktu 2 di televisi
Negara asalIndonesia
Jumlah episode40
Rilis
Saluran asliSCTV
Tanggal tayang27 November 2000 (2000-11-27) –
4 Januari 2001 (2001-1-4)
Kronologi
← Sebelumnya
Musim 1
Selanjutnya →
Musim 3
Daftar episode Lorong Waktu

Lorong Waktu musim kedua atau secara resmi dituliskan sebagai Lorong Waktu 2 ditayangkan di SCTV sebanyak 40 episode dari tanggal 27 November 2000 sampai 4 Januari 2001 bertepatan juga dengan bulan Ramadhan 1421 H.

Saat ini sinetron Lorong Waktu 2 bisa disaksikan secara gratis melalui streaming di situs Vidio.com yang juga masih satu grup dengan SCTV dibawah bendera Emtek.[1]

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Ustaz Addin terus mengembangkan dan memperbarui proyek rahasianya yang dinamai "lorong waktu" yang merupakan sebuah program mesin waktu yang bisa membawa siapapun pergi ke masa depan ataupun ke masa silam. Haji Husin sebagai sesepuh masjid tetap membimbing dua muridnya yaitu Ustaz Addin sendiri dan Zidan untuk tetap berpegang teguh pada ajaran agama.

Pada musim ini masuk dua karakter baru yaitu seorang mantan pencuri kotak amal bernama Havid dan seorang mantan paranormal bernama Sabrina. Niat awal Havid tadinya adalah mencoba mencuri kotak amal masjid sampai kemudian ia mengurungkan niatnya dan berubah ingin belajar agama kepada Haji Husin. Havid lantas mencoba menyembunyikan kenyataan bahwa ia seorang buta huruf dan tidak bisa berhitung. Ia akhirnya tidak bisa mengelak saat Haji Husin mendapatinya tidak bisa memberikan kembalian kepada pembeli koperasi masjid. Dengan sabar Haji Husin dan Ustaz Addin kemudian membimbingnya supaya bisa membaca dan berhitung. Havid lantas menjadi salah satu marbot masjid sekaligus penjaga koperasi.

Untuk Sabrina sendiri ia sebelumnya adalah mantan paranormal yang awalnya ditemui oleh Haji Husin dan Zidan di lorong waktu. Ia sempat nyaris dibunuh oleh para perampok yang akan memasuki rumahnya sebelum ditolong oleh Haji Husin dan Zidan. Mereka kemudian bertemu di alam nyata di rumah Kyai Firman yang juga merupakan guru Haji Husin. Pada awalnya Haji Husin yang seorang duda sempat naksir pada Sabrina sebelum kemudian ia melihat bahwa ternyata muridnya yaitu Ustaz Addin juga naksir pada Sabrina. Haji Husin kemudian menyerah dan mengalah. Sabrina kemudian menyetujui lamaran Ustaz Addin di episode terakhir musim kedua.

Kru yang terlibat[sunting | sunting sumber]

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Tim produksi[sunting | sunting sumber]

Produksi[sunting | sunting sumber]

Pengambilan gambar[sunting | sunting sumber]

Mulai musim kedua ini, lokasi pengambilan gambar berpindah dari sebelumnya di Masjid Siti Rawani yang berlokasi di Komplek Villa Nusa Indah Raya, Jatiasih, Bekasi, Jawa Barat menjadi ke Masjid Raya Baitussalam yang berlokasi di Komplek Billy Moon, Duren Sawit, Jakarta Timur.[2] Awal mula pemilihan mesjid ini adalah ketika salah satu kru Demi Gisela Citra Sinema tidak sengaja lewat dan kemudian setelah melalui pertimbangan Deddy Mizwar mengajukan proposal izin untuk menggunakan mesjid sebagai lokasi pengambilan gambar.[3] Pada waktu itu (tahun 2000), mesjid ini baru saja selesai di renovasi. Sejak dipakai sebagai lokasi untuk Lorong Waktu, mesjid ini mendapat julukan baru sebagai "Mesjid Lorong Waktu". Ruangan yang dipakai sebagai lab sekaligus tempat mesin waktu disimpan merupakan sebuah ruangan serba guna yang saat mesjid direnovasi sengaja dibiarkan kosong.

Pergantian kru[sunting | sunting sumber]

Pemeran

Karakter Ustaz Addin yang sebelumnya diperankan oleh Adjie Pangestu untuk musim ini digantikan oleh Dicky Chandra[4] karena Adjie sudah terikat kontrak panjang dan eksklusif dengan dengan Prima Entertainment untuk sinetron Misteri Nini Pelet.

Karakter Sabrina dimunculkan sebagai pengganti karakter Aura dan Lestari, masing-masing diperankan oleh Lenia Masagantha dan Irma Safitri, yang mana keduanya tidak ada yang dipilih oleh Ustaz Addin sebagai calon istrinya. Untuk memerankan Sabrina dipilihlah Christy Jusung yang saat itu baru berusia 20 tahun dan sebelumnya ia lebih banyak terlibat sebagai peran figuran dalam beberapa episode Warkop Millenium.[5]

Kru dibalik layar

Karena satu dan lain hal, Anes Bali tidak bisa tampil sebagai komposer sekaligus penata musik secara penuh untuk musim kedua. Sebagai alternatif, dipilihkan Chossy Pratama sebagai komposer lagu tema dengan judul KepadaMu Allah yang dinyanyikan oleh Ayu Giri Anjani. Untuk penata musik menghadirkan tiga nama berbeda yang saling bergantian mengisi selama musim berjalan yaitu: Tikko Supratikwo, Koko Thole dan Anes Bali sendiri.

Pemasaran[sunting | sunting sumber]

Musim kedua ini merupakan musim yang paling banyak menampilkan penempatan produk termasuk untuk sponsor teknologi informasi seperti Acer (untuk komputer desktop), Tandberg (headset) dan Samsung (monitor serta telepon seluler). Beberapa merek produk lainnya yang muncul dalam musim ini antara lain: sarung Atlas, Promag, busana Muslim Ranti, sandal dan sepatu Yastako serta kecap dan saus Nasional. Untuk menyiasati agar tidak terlalu mencolok saat ditayangkan kepada publik, tim produksi memilih untuk menyensor (memblur) merek-merek yang tampil meskipun secara fisik masih bisa terbaca oleh pemirsa di layar televisi.

Daftar episode[sunting | sunting sumber]

No.
total
No.
musim
JudulSutradaraPenulis skenarioTanggal tayang asliTayangan
311"Penemuan Terbaru Ustaz Addin"Aldisar SyafarWahyu H.S.27 November 2000[6]
Ustaz Addin melakukan pengembangan ulang untuk mesin waktunya berikut penemuan teknologi baru yaitu komunikator yang berbentuk jam tangan. Sementara itu Havid yang beberapa hari terakhir terlihat di mesjid mulai bimbang apakah bertahan menjadi pencuri kotak amal atau tobat dan belajar mengaji.
322"Hikmah Para Pemburu Yang Kelaparan"Aldisar SyafarWahyu H.S.28 November 2000[7]
Haji Husin dan Zidan memberikan bahan makanan secara adil bagi kelompok pemburu yang ditemui di lorong waktu yang berselisih karena rebutan seekor ayam. Selanjutnya mereka berdua bertemu seorang wanita bernama Sudewi, seorang wanita yang merasa selalu rugi padahal apa yang ia lakukan selama ini dinilai tidak ada yang salah. Pesan apa yang akan diberikan Haji Husin kepada Sudewi?
333"Menjaga Perasaan Orang Lain"Aldisar SyafarWahyu H.S.29 November 2000[8]
Saat sedang makan di sebuah rumah makan, Haji Husin dan Zidan bertemu seorang kakek tua yang bercerita bahwa ia kenal dengan Sudewi yang terlalu berlebih-lebihan saat membeli makanan. Kakek tua tersebut merasa seharusnya Sudewi bisa lebih menahan diri karena diluaran sana masih banyak orang yang tidak seberuntung dirinya yang bisa makan-makan enak.
344"Kisah Kesetiaan Suami Terhadap Istri"Aldisar SyafarWahyu H.S.30 November 2000[9]
Haji Husin dan Zidan bertemu pasangan suami istri di lorong waktu yang mana sang suami sangat berat hati meninggalkan istrinya untuk berjihad melawan kelompok perampok desa. Sementara itu di alam nyata Havid mulai belajar mengaji dengan mengeja huruf hijaiyah dasar. Petuah apa yang akan diberikan Haji Husin kepada Havid selanjutnya?
355"Pertemuan Pertama Haji Husin dan Sabrina"Aldisar SyafarWahyu H.S.1 Desember 2000[10]
Upaya Havid menutupi kekurangannya sebagai orang yang buta huruf dan tidak bisa berhitung gagal dan ketahuan oleh Haji Husin. Sementara itu Haji Husin dan Zidan bertemu Sabrina di lorong waktu yang saat itu tengah diincar oleh para perampok yang mencoba membunuh dirinya. Apakah mereka bertiga akan selamat dari ancaman perampok tersebut?
366"Haji Husin Mengunjungi Lagi Sabrina"Aldisar SyafarWahyu H.S.2 Desember 2000[11]
Setelah berhasil menyelamatkan Sabrina dari ancaman pembunuhan, Haji Husin mendadak berubah menjadi sosok puitis. Ustaz Addin mengirim Haji Husin dan Zidan kembali ke lorong waktu untuk bertemu Sabrina tetapi rumah yang dulunya ditinggali Sabrina sekarang sudah beralih kepemilikannya kepada orang lain.
377"Berkah Ibadah Seorang Supir Angkot"Aldisar SyafarWahyu H.S.3 Desember 2000[12]
Dalam perjalanan lorong waktu Haji Husin dan Zidan bertemu sopir angkot yang selalu beribadah tepat waktu meskipun sedang mencari penumpang. Saat berjalan kaki pulang, sistem lorong waktu tidak mampu melacak keberadaan Haji Husin dan Zidan yang kemudian membuat Ustaz Addin khawatir. Setelah semalaman menunggu cemas, Haji Husin dan Zidan berujar bahwa mereka pulang ke rumah masing-masing tanpa memberitahu Ustaz Addin.
388"Kisah Tentang Pembagian Warisan"Aldisar SyafarWahyu H.S.4 Desember 2000[13]
Haji Husin dan Zidan menemui pasangan kakak beradik yang baru saja mendapat warisan rumah dan seekor kambing dari orang tuanya. Sang kakak berusaha curang dengan hanya memberikan sang adik seekor kambing. Bagaimana solusi yang akan diberikan Haji Husin pada kakak beradik tersebut?
399"Keikhlasan Seorang Tukang Kebun"Aldisar SyafarWahyu H.S.5 Desember 2000[14]
Haji Husin bertemu Sabrina di bank tetapi Sabrina tidak ingat siapa sosok Haji Husin. Di lorong waktu Ustaz Addin dan Zidan berkunjung ke rumah Kyai Firman dan menyaksikan seorang tukang kebun yang ikhlas memberikan singkong hasil kebunnya kepada Kyai Firman. Istri Kyai Firman kemudian balas memberikan seekor ayam kepada tukang kebun tersebut.
4010"Kisah Malin Kundang (Bag 1)"Aldisar SyafarWahyu H.S.6 Desember 2000[15]
Haji Husin dan Zidan dikirim oleh Ustaz Addin melalui software Dream Vision untuk bertemu dengan Malin Kundang dan ibunya. Apa saja yang berhasil didapatkan dari perjalanan mereka berdua saat menemui Malin Kundang yang durhaka kepada ibu kandungnya?
4111"Kisah Malin Kundang (Bag 2)"Aldisar SyafarWahyu H.S.7 Desember 2000[16]
Masih di alam mimpi Haji Husin dan Zidan, Malin Kundang mencoba meminta maaf kepada ibunya usai dirinya dikutuk dan mulai merasakan tubuhnya kaku seperti batu. Ibunya yang sempat tidak mau memaafkan akhirnya menerima dan mereka berdua saling bermaafan. Sementara itu Havid yang masih belum kuat berpuasa sehari penuh memohon pada Haji Husin agar bisa diizinkan berpuasa pendek. Apakah Haji Husin akan mengabulkan permintaan Havid?
4212"Zidan Berulang Tahun Dalam Mimpi"Aldisar SyafarWahyu H.S.8 Desember 2000[17]
Karena tidak mau menunggu lama sampai bedug Maghrib untuk berbuka, Zidan merayakan ulang tahunnya bersama teman-temannya di alam mimpi melalui DreamVision. Apa saja yang didapatkan Zidan dan teman-temannya melalui pesta ulang tahun di alam mimpi?
4313"Penyusup Di Lorong Waktu"Aldisar SyafarWahyu H.S.9 Desember 2000[18]
Sistem keamanan lorong waktu berhasil dibobol oleh sepasang suami-istri hacker pembobol rekening bank yang kemudian memaksa Ustaz Addin memenuhi keinginan mereka yang meminta dikirim ke masa 50 tahun kedepan. Lewat sebuah trik, kedua penjahat tersebut akhirnya menyerahkan diri kepada polisi dan apa yang mereka sudah alami di lorong waktu berhasil dihapuskan oleh Ustaz Addin.
4414"Hakikat Wujud Allah"Aldisar SyafarWahyu H.S.10 Desember 2000[19]
Zidan dan Havid sangat penasaran dengan wujud Allah SWT yang sesungguhnya. Ustaz Addin lantas mengirim Haji Husin dan Zidan ke lorong waktu untuk melihat 'pertarungan' dua orang yang saling mengklaim sebagai wali Allah yaitu Aulia dan Saiful. Pelajaran apa yang bisa dipetik dari 'persaingan' kedua orang ini?
4515"Jangan Terlena Kenikmatan Dunia (Bag 1)"Aldisar SyafarWahyu H.S.11 Desember 2000[20]
Haji Husin berkunjung ke rumah Kyai Firman dengan niat mencari murid baru. Disini ia bertemu dengan dua murid Kyai Firman yaitu Sabrina dan Firda. Sementara itu Havid mulai dilibatkan dalam proyek lorong waktu dengan memakai software DreamVision dan ia bertemu dengan dukun sakti yang diklaim mampu memenuhi apapun yang diminta oleh Havid untuk kebutuhan duniawinya.
4616"Jangan Terlena Kenikmatan Dunia (Bag 2)"Aldisar SyafarWahyu H.S.12 Desember 2000[21]
Haji Husin kecewa Kyai Firman mengirim Firda sebagai calon muridnya dan ia berdalih keberatan menerima Firda karena wajahnya mirip almarhumah istrinya dan akhirnya Kyai Firman menggantikannya dengan Sabrina. Di lorong waktu Haji Husin dan Zidan bertemu dengan Ki Dodol, seorang ulama yang dikultuskan oleh warga kampungnya. Bagaimana sosok Ki Dodol yang sesungguhnya?
4717"Kekuatan Ikhtiar Dan Niat"Aldisar SyafarWahyu H.S.13 Desember 2000[22]
Haji Husin dan Zidan bertemu dengan seorang pria bernama Asep yang memiliki semangat dan niat ikhlas di jalan Allah SWT dalam usaha mengubah nasib sekalipun dalam perjalanannya Asep mengalami banyak cobaan dengan penolakan lamaran kerja dan bahkan harus sampai menjadi pemulung. Bagaimana perjalanan Asep dan istrinya sehingga akhirnya bisa berubah menjadi orang yang berkecukupan?
4818"Zidan Mencari Nenek Moyangnya (Bag 1)"Aldisar SyafarWahyu H.S.14 Desember 2000[23]
Ayah Zidan berkelakar kepada putranya bahwa mereka berdua adalah keturunan bangsawan Jawa dari Kerajaan Majapahit. Hal ini ditandai juga dengan adanya tanda lahir diatas perut mereka berdua. Penasaran dengan hal tersebut, Zidan meminta Ustaz Addin mengirimkan dirinya bersama Haji Husin ke era Majapahit untuk membuktikan apakah ucapan ayahnya itu benar atau tidak. Apakah Zidan akan menemukan fakta sesungguhnya soal garis silsilah leluhurnya?
4919"Zidan Mencari Nenek Moyangnya (Bag 2)"Aldisar SyafarWahyu H.S.15 Desember 2000[24]
Zidan akhirnya menemukan jawaban bahwa leluhurnya ternyata seorang perampok besar di era Majapahit. Zidan kecewa tetapi tetap ingin mencari tahu bagaimana silsilah leluhurnya di masa lalu yang lebih lama lagi. Ustaz Addin mengirimnya ke zaman purba dan Zidan kemudian bertemu duet suami-istri pithecanthropus erectus yang merupakan leluhur purba dari Zidan.
5020"Sabrina Mengetahui Lorong Waktu"Aldisar SyafarWahyu H.S.16 Desember 2000[25]
Sabrina merasa penasaran dengan kondisi mesjid yang menurutnya banyak misteri. Ustaz Addin menyatakan itu hanya perasaan Sabrina saja dan tidak ada yang menjadi misteri di mesjid. Karena rasa penasaran, Sabrina mencoba mengintip ruangan lab Ustaz Addin dan akhirnya ia mengetahui proyek rahasia Ustaz Addin yaitu lorong waktu.
5121"Menghindari Perselisihan Sesama Saudara"Aldisar SyafarWahyu H.S.17 Desember 2000[26]
Ustaz Addin meminta klarifikasi Sabrina soal lorong waktu dan akhirnya Sabrina pun berterus terang. Haji Husin merasa Ustaz Addin memiliki rasa terhadap Sabrina dan setelah menjalani perjalanan lorong waktu bertemu dua koboi yang berniat saling tembak, Haji Husin merasa jika tidak ada salah satu yang mengalah maka hubungan saudara antara ia dengan Ustaz Addin bisa terputus. Apakah Haji Husin menyerah dalam mendekati Sabrina?
5222"Mencari Tahu Orang Tua Sabrina (Bag 1)"Aldisar SyafarWahyu H.S.18 Desember 2000[27]
Havid meminjam uang dari Haji Husin untuk membantu orang tuanya yang sedang butuh dana untuk memperbaiki rumah. Ustaz Addin merasa kangen dengan keinginannya untuk mencoba merawat sosok orang tua kandung. Haji Husin mengirim Ustaz Addin dan Zidan untuk bertemu seorang wanita yang sedang sakit keras dan diketahui ternyata wanita itu adalah ibunda Sabrina. Sabrina menolak mengakui wanita tersebut sebagai ibu kandungnya.
5323"Mencari Tahu Orang Tua Sabrina (Bag 2)"Aldisar SyafarWahyu H.S.19 Desember 2000[28]
Havid mencoba meminjam uang dari Ustaz Addin untuk membayar hutangnya kepada Haji Husin. Sementara itu Sabrina coba diingatkan oleh Haji Husin dan Zidan melalui alam mimpi agar tidak berbuat durhaka dengan melupakan ibu kandungnya yang sedang dalam kondisi sakit keras. Berhasilkah usaha mereka berdua meyakinkan Sabrina?
5424"Harta Warisan"Aldisar SyafarWahyu H.S.20 Desember 2000[29]
Haji Husin dan Zidan mencoba membimbing Pak Tino yang dalam kondisi sakaratul maut karena sakit keras. Putra Pak Tino, Ganda, mencoba memaksa ayahnya untuk menandatangani surat warisan. Akankah Ganda berhasil memenuhi ambisinya tersebut?
5525"Hikmah Bersabar"Aldisar SyafarWahyu H.S.21 Desember 2000[30]
Haji Husin, Ustaz Addin dan Havid terlewat melakukan makan sahur. Haji Husin dan Havid terlewat karena jam wekernya mati sementara Ustaz Addin terlalu asyik bereksperimen di labnya. Havid mencoba meminta petunjuk Haji Husin soal hukum berpuasa dan berbuka tanpa makan sahur. Jawaban apa yang akan diberikan oleh Haji Husin?
5626"Kisah Jaka Tarub"Aldisar SyafarWahyu H.S.22 Desember 2000[31]
Kepada Havid, Haji Husin menegaskan dirinya tidak akan lagi memikirkan Sabrina sesuai petunjuk yang ia dapat melalui Shalat Istikarah. Havid berpikiran Sabrina sekarang sedang dekat dengah Ustaz Addin. Di lorong waktu Haji Husin dan Zidan bertemu dengan Jaka Tarub yang dengan segala ambisinya ingin mendapatkan bidadari cantik yang berujung pada Jaka Tarub yang ditangkap oleh para bidadari tersebut.
5727"Kisah Penjudi Yang Ingin Bertobat"Aldisar SyafarWahyu H.S.23 Desember 2000[32]
Ustaz Addin dan Zidan bertemu "kembaran" mereka di lorong waktu yang berbuat maksiat yaitu perjudian. Zidan mengobrol dengan "saudara kembarnya" yang ternyata masih memiliki keinginan bertobat dan menjalani hidup normal. Saat Haji Husin memulangkan mereka ke alam nyata, tanpa sengaja ia membuka buku harian Ustaz Addin yang berisi pujian kepada Intan. Sabrina marah dan menangis usai membaca buku harian tersebut.
5828"Kisah Orang Sombong Yang Menantang Takdir Allah"Aldisar SyafarWahyu H.S.24 Desember 2000[33]
Sabrina yang masih merasa kecewa dan sakit hati karena buku harian Ustaz Addin memilih datang terlambat ke mesjid. Sementara itu Haji Husin mengirim Ustaz Addin dan Zidan untuk bertemu dengan seorang pria bernama Rizal yang merasa angkuh karena hidupnya sangat mudah dan selalu lancar dalam segala urusan. Rizal lantas menantang Allah SWT untuk memberikannya cobaan hidup yang berat. Bagaimana nasib Rizal selanjutnya?
5929"Pelajaran Berharga Dari Kyai Malik"Aldisar SyafarWahyu H.S.25 Desember 2000[34]
Haji Husin mendapat wasiat yang perlu ia sampaikan ke seluruh muridnya untuk belajar dari sosok Kyai Malik di lorong waktu. Apa saja yang nantinya akan didapatkan oleh Ustaz Addin, Sabrina maupun Havid dari sosok Kyai Malik?
6030"Akibat Salah Sangka"Aldisar SyafarWahyu H.S.26 Desember 2000[35]
Ustaz Addin dalam masa bingung antara memilih Sabrina atau Intan. Haji Husin memintanya untuk mengajar Sabrina sementara waktu. Haji Husin kemudian mengirim Ustaz Addin dan Sabrina ke lorong waktu dimana Ustaz Addin menyangka dirinya berdua sedang dikerjai oleh Haji Husin. Ia lantas membantu menyelesaikan masalah seorang pria yang kena fitnah mencuri setelah si pencuri aslinya merasa menyesal menjerumuskan temannya yang berniat membantu dirinya lolos dari kejaran massa.
6131"Ujian Berhitung Matematika Havid"Aldisar SyafarWahyu H.S.27 Desember 2000[36]
Havid mendapat tugas ujian berhitung dari Haji Husin. Ia lantas melakukan trik curang tapi halus dengan meminta Zidan membantunya. Sementara itu seorang pria bernama Reyhan mengaku bimbang atas semua yang ia lakukan selama ini dalam bekerja dan mencoba meminta bantuan Haji Husin dalam permasalahannya ini.
6232"Kisah Orang Kaya Yang Bersekutu Dengan Setan"Aldisar SyafarWahyu H.S.28 Desember 2000[37]
Havid bertemu dengan "saudara kembarnya" di lorong waktu yang menjadi kaya dengan cara curang dan kotor termasuk dibantu oleh setan. Havid akhirnya mengakui bahwa ia melakukan kecurangan saat mengerjakan soal ujian berhitung yang diberikan oleh Haji Husin.
6333"Kewajiban Seorang Kepala Keluarga"Aldisar SyafarWahyu H.S.29 Desember 2000[38]
Haji Husin dan Zidan bertemu dengan Sabrina dan Ustaz Addin yang digambarkan sudah menikah di lorong waktu. Sabrina kecewa dengan Ustaz Addin yang terlalu mementingkan ibadah dan pekerjaan tanpa mau membagi waktu untuk keluarga. Sementara itu di dunia nyata Ustaz Addin mencoba menyangkal bahwa ia tidak akan berbuat seperti Ustaz Addin di alam lorong waktu yang melupakan istri dan keluarga.
6434"Isi Hati Ustaz Addin Yang Sebenarnya"Aldisar SyafarWahyu H.S.30 Desember 2000[39]
Atas permintaan Haji Husin, Sabrina diminta membantu rencana Haji Husin untuk bertemu dengan Ustaz Addin di lorong waktu dengan Zidan yang "mengaku" menjadi orang tua Ustaz Addin. Zidan mencoba melamar Sabrina untuk Ustaz Addin tetapi Sabrina marah dan menyebut bahwa Ustaz Addin tidak pernah mencintainya. Bagaimana perasaan Ustaz Addin setelah mendengar kata-kata Sabrina?
6535"Hubungan Dingin Ustaz Addin Dan Sabrina"Aldisar SyafarWahyu H.S.31 Desember 2000[40]
Ustaz Addin merasa kecewa dirinya 'dikerjai' oleh Haji Husin, Zidan dan Sabrina di lorong waktu dan mencoba meminta penjelasan Sabrina. Sementara itu Intan membawa seorang pria bernama Sayif ke mesjid untuk berkonsultasi dengan Haji Husin terkait wasiat ibu Sayif sebelum meninggal yang meminta anaknya mencari seorang tidak mampu yang layak menerima ongkos naik haji peninggalannya.
6636"Pertemuan Sabrina Dan Intan"Aldisar SyafarWahyu H.S.1 Januari 2001[41]
Sabrina menemui Intan di bank terkait pencarian seorang calon jemaah haji. Intan akhirnya membuka rahasianya bahwa ia sebetulnya diajak bersandiwara oleh Ustaz Addin hanya untuk mengetahui emosional Sabrina. Intan lalu menyerahkan keputusan soal sosok Ustaz Addin kepada Sabrina apakah mau diterima atau tidak. Akankah Sabrina berubah pikiran dan berbaikan dengan Ustaz Addin?
6737"Wasiat Ongkos Naik Haji"Aldisar SyafarWahyu H.S.2 Januari 2001[42]
Sayif memberikan wasiat biaya ongkos naik haji peninggalan ibunya kepada Firdaus. Sementara itu Intan mendesak Ustaz Addin untuk berbaikan dengan Sabrina karena ia merasa tidak enak hati usai mendengar kabar bahwa Sabrina menangis setelah membaca buku harian Ustaz Addin di komputer. Disisi lain Havid merancang rencana dengan dirinya yang akan 'memaksa' Haji Husin untuk memberikannya dana pensiun jika kelak berhenti dari pekerjaan di mesjid.
6838"Haji Husin Berniat Ingin Menikah Lagi"Aldisar SyafarWahyu H.S.3 Januari 2001[43]
Haji Husin memilih pergi sendiri di lorong waktu dengan berharap bisa meminta pendapat murid-muridnya soal apakah ia pantas untuk menikah lagi... sampai diketahui bahwa ternyata Haji Husin salah menyetel waktunya dan mengirimnya ke masa kini tanpa ada perubahan waktu sedikitpun.
6939"Menjadi Fitrah Kembali Di Hari Idul Fitri"Aldisar SyafarWahyu H.S.3 Januari 2001TBA

Mesjid membagikan zakat fitrah jelang hari raya Idul Fitri. Ustaz Addin dan Sabrina masih terus saling mencoba memperbaiki hubungannya. Sementara dalam perayaan Idul Fitri di rumah Zidan, ibunya memberikan satu porsi besar opor ayam dan ketupat untuk keluarga fakir yang kebetulan lewat di depan rumah mereka.

  • Catatan: Episode 39 ini terbagi jadi dua bagian tetapi untuk penayangan di televisi digabungkan menjadi satu dengan durasi satu jam.
7040"Ustaz Addin Melamar Sabrina"Aldisar SyafarWahyu H.S.4 Januari 2001TBA

Ustaz Addin akhirnya memutuskan untuk menikah usai tersindir oleh perkataan Haji Husin kepada Havid. Ketika ditanya siapa calonnya Ustaz Addin menyebut nama Sabrina dan meminta kesediaan Haji Husin untuk melamar Sabrina secara resmi kepada orang tua angkatnya yaitu Kyai Firman.

  • Catatan: Episode 40 ini terbagi jadi dua bagian tetapi untuk penayangan di televisi digabungkan menjadi satu dengan durasi satu jam.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Streaming Lorong Waktu". Vidio.com. SCTV dan Demi Gisela Citra Sinema. Diakses tanggal 7 April 2021. Inilah kisah tentang perjalanan seorang pemuda ke berbagai tempat dan peristiwa dengan bantuan alat canggih yang dapat menembus ruang dan waktu. 
  2. ^ "Masjid Lorong Waktu di Jakarta Timur". Kumparan. Jakarta. 3 Juni 2018. Diakses tanggal 6 Februari 2021. 
  3. ^ "Bernostalgia di Masjid 'Lorong Waktu'". Kumparan. Jakarta. 3 Juni 2018. Diarsipkan dari versi asli tanggal 8 April 2021. Diakses tanggal 8 April 2021. 
  4. ^ Chandra, Dicky. "Postingan Akun". Facebook. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-04-08. Diakses tanggal 8 April 2021. 
  5. ^ "10 Potret terkini Christy Jusung, mantan istri Hengky Kurniawan". RCTI Plus. 6 November 2020. Diarsipkan dari versi asli tanggal 8 April 2021. Diakses tanggal 8 April 2021. 
  6. ^ "Lorong Waktu 2 Episode 1". Vidio.com. Demi Gisela Citra Sinema dan SCTV. Diakses tanggal 7 April 2021. 
  7. ^ "Lorong Waktu 2 Episode 2". Vidio.com. Demi Gisela Citra Sinema dan SCTV. Diakses tanggal 7 April 2021. 
  8. ^ "Lorong Waktu 2 Episode 3". Vidio.com. Demi Gisela Citra Sinema dan SCTV. Diakses tanggal 7 April 2021. 
  9. ^ "Lorong Waktu 2 Episode 4". Vidio.com. Demi Gisela Citra Sinema dan SCTV. Diakses tanggal 7 April 2021. 
  10. ^ "Lorong Waktu 2 Episode 5". Vidio.com. Demi Gisela Citra Sinema dan SCTV. Diakses tanggal 7 April 2021. 
  11. ^ "Lorong Waktu 2 Episode 6". Vidio.com. Demi Gisela Citra Sinema dan SCTV. Diakses tanggal 7 April 2021. 
  12. ^ "Lorong Waktu 2 Episode 7". Vidio.com. Demi Gisela Citra Sinema dan SCTV. Diakses tanggal 7 April 2021. 
  13. ^ "Lorong Waktu 2 Episode 8". Vidio.com. Demi Gisela Citra Sinema dan SCTV. Diakses tanggal 7 April 2021. 
  14. ^ "Lorong Waktu 2 Episode 9". Vidio.com. Demi Gisela Citra Sinema dan SCTV. Diakses tanggal 7 April 2021. 
  15. ^ "Lorong Waktu 2 Episode 10". Vidio.com. Demi Gisela Citra Sinema dan SCTV. Diakses tanggal 7 April 2021. 
  16. ^ "Lorong Waktu 2 Episode 11". Vidio.com. Demi Gisela Citra Sinema dan SCTV. Diakses tanggal 7 April 2021. 
  17. ^ "Lorong Waktu 2 Episode 12". Vidio.com. Demi Gisela Citra Sinema dan SCTV. Diakses tanggal 7 April 2021. 
  18. ^ "Lorong Waktu 2 Episode 13". Vidio.com. Demi Gisela Citra Sinema dan SCTV. Diakses tanggal 7 April 2021. 
  19. ^ "Lorong Waktu 2 Episode 14". Vidio.com. Demi Gisela Citra Sinema dan SCTV. Diakses tanggal 7 April 2021. 
  20. ^ "Lorong Waktu 2 Episode 15". Vidio.com. Demi Gisela Citra Sinema dan SCTV. Diakses tanggal 7 April 2021. 
  21. ^ "Lorong Waktu 2 Episode 16". Vidio.com. Demi Gisela Citra Sinema dan SCTV. Diakses tanggal 7 April 2021. 
  22. ^ "Lorong Waktu 2 Episode 17". Vidio.com. Demi Gisela Citra Sinema dan SCTV. Diakses tanggal 7 April 2021. 
  23. ^ "Lorong Waktu 2 Episode 18". Vidio.com. Demi Gisela Citra Sinema dan SCTV. Diakses tanggal 7 April 2021. 
  24. ^ "Lorong Waktu 2 Episode 19". Vidio.com. Demi Gisela Citra Sinema dan SCTV. Diakses tanggal 7 April 2021. 
  25. ^ "Lorong Waktu 2 Episode 20". Vidio.com. Demi Gisela Citra Sinema dan SCTV. Diakses tanggal 7 April 2021. 
  26. ^ "Lorong Waktu 2 Episode 21". Vidio.com. Demi Gisela Citra Sinema dan SCTV. Diakses tanggal 7 April 2021. 
  27. ^ "Lorong Waktu 2 Episode 22". Vidio.com. Demi Gisela Citra Sinema dan SCTV. Diakses tanggal 7 April 2021. 
  28. ^ "Lorong Waktu 2 Episode 23". Vidio.com. Demi Gisela Citra Sinema dan SCTV. Diakses tanggal 7 April 2021. 
  29. ^ "Lorong Waktu 2 Episode 24". Vidio.com. Demi Gisela Citra Sinema dan SCTV. Diakses tanggal 7 April 2021. 
  30. ^ "Lorong Waktu 2 Episode 25". Vidio.com. Demi Gisela Citra Sinema dan SCTV. Diakses tanggal 7 April 2021. 
  31. ^ "Lorong Waktu 2 Episode 26". Vidio.com. Demi Gisela Citra Sinema dan SCTV. Diakses tanggal 7 April 2021. 
  32. ^ "Lorong Waktu 2 Episode 27". Vidio.com. Demi Gisela Citra Sinema dan SCTV. Diakses tanggal 7 April 2021. 
  33. ^ "Lorong Waktu 2 Episode 28". Vidio.com. Demi Gisela Citra Sinema dan SCTV. Diakses tanggal 7 April 2021. 
  34. ^ "Lorong Waktu 2 Episode 29". Vidio.com. Demi Gisela Citra Sinema dan SCTV. Diakses tanggal 7 April 2021. 
  35. ^ "Lorong Waktu 2 Episode 30". Vidio.com. Demi Gisela Citra Sinema dan SCTV. Diakses tanggal 7 April 2021. 
  36. ^ "Lorong Waktu 2 Episode 31". Vidio.com. Demi Gisela Citra Sinema dan SCTV. Diakses tanggal 7 April 2021. 
  37. ^ "Lorong Waktu 2 Episode 32". Vidio.com. Demi Gisela Citra Sinema dan SCTV. Diakses tanggal 7 April 2021. 
  38. ^ "Lorong Waktu 2 Episode 33". Vidio.com. Demi Gisela Citra Sinema dan SCTV. Diakses tanggal 7 April 2021. 
  39. ^ "Lorong Waktu 2 Episode 34". Vidio.com. Demi Gisela Citra Sinema dan SCTV. Diakses tanggal 7 April 2021. 
  40. ^ "Lorong Waktu 2 Episode 35". Vidio.com. Demi Gisela Citra Sinema dan SCTV. Diakses tanggal 7 April 2021. 
  41. ^ "Lorong Waktu 2 Episode 36". Vidio.com. Demi Gisela Citra Sinema dan SCTV. Diakses tanggal 7 April 2021. 
  42. ^ "Lorong Waktu 2 Episode 37". Vidio.com. Demi Gisela Citra Sinema dan SCTV. Diakses tanggal 7 April 2021. 
  43. ^ "Lorong Waktu 2 Episode 38". Vidio.com. Demi Gisela Citra Sinema dan SCTV. Diakses tanggal 7 April 2021. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]