Oval

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Lonjong (oval))
Bentuk lonjong ini, dengan hanya satu sumbu simetri, menyerupai bentuk telur ayam.

Oval atau lonjong (berasal dari bahasa Latin ovum, yang berarti "telur") adalah lengkungan tertutup pada sebuah bidang yang "longgar" menyerupai bentuk telur. Istilah ini tidak terlalu spesifik, kecuali dalam bidang (geometri projektif, gambar teknik, dan lainnya.), kata lonjong atau oval memberikan definisi yang lebih tepat, yang dapat mencakup satu atau dua sumbu simetri. Dalam bahasa Inggris yang umum, istilah ini digunakan dalam arti yang lebih luas: bentuk apa pun yang mengingatkan kepada bentuk telur. Versi tiga dimensi dari oval disebut ovoid (bujur).

Oval dalam geometri[sunting | sunting sumber]

Istilah "lonjong" atau "oval" ketika digunakan untuk menggambarkan kurva dalam geometri tidak didefinisikan dengan baik, kecuali dalam konteks geometri proyektif. Banyak kurva berbeda yang biasa disebut oval atau dikatakan memiliki "bentuk oval". Secara umum, untuk dapat disebut oval, kurva bidang harus menyerupai bentuk seperti telur atau elips.

Dalam bahasa umum[sunting | sunting sumber]

Dalam ucapan umum, "oval" berarti bentuk yang agak seperti telur atau elips, mungkin memiliki dua atau tiga dimensi. Sering juga merujuk pada sosok yang menyerupai dua setengah lingkaran yang bergabung dengan sebuah persegi panjang, seperti lapangan kriket, arena speed skating atau lintasan atletik. Namun, lebih tepat disebut stadion. Bahkan kadang-kadang bisa merujuk ke bentuk persegi panjang dengan sudut bulat.

Arena speed skating sering disebut oval.

Istilah "elips" dan "bujur" sering digunakan secara bergantian dengan oval, meskipun bukan sinonim yang tepat.[1][2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Definition of ellispe in US English by Oxford Dictionaries". New Oxford American Dictionary. Oxford University Press. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-07-09. Diakses tanggal 9 July 2018. 
  2. ^ "Definition of oblong in US English by Oxford Dictionaries". New Oxford American Dictionary. Oxford University Press. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-07-09. Diakses tanggal 9 July 2018.