Gambar teknik

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pekerja lapangan sedang membaca gambar tektik rancangan bangunan.
Gambar teknik
Gambar teknik

Gambar Teknik adalah susunan visual terperinci tentang suatu desain atau produk yang dijadikan sarana komunikasi antara teknikus, arsitek, dan sebagainya. Selain digunakan untuk menyampaikan informasi, gambar teknik juga dapat digunakan sebagai penelitian konsep perencanaan dan dokumentasi desain suatu bangunan, mesin dsb.[1] Gambar teknik memiliki aturan yang baku tentang penggambaran ukuran, lambang-lambang, garis dsb. sehingga gambar tersebut dapat dibaca secara tepat oleh berbagai pihak yang terlibat.[2]

Skala[sunting | sunting sumber]

Sesuai dengan standar, objek desain dalam gambar dapat dibuat dalam ukuran penuh, diperkecil atau diperbesar. Rasio dimensi linier suatu objek dalam gambar dengan ukuran sebenarnya disebut skala. Di Rusia, ini adalah GOST 2.302-68 Sistem Terpadu untuk Dokumentasi Desain (ESKD). Skala.[10] Menurut GOST ini, skala berikut harus digunakan dalam desain:

Skala reduksi 1: 2; 1: 2.5; 1: 4; 1: 5; 1:10; 1:15; 1:20; 1:25; 1:40; 1:50; 1:75; 1: 100; 1: 200; 1: 400; 1: 500; 1: 800; 1: 1000

Nilai alami 1: 1

Skala pembesaran 2:1; 2.5: 1; 4: 1; 5: 1; 10: 1; 20: 1; 40: 1; 50: 1; 100: 1.

Saat merancang rencana induk untuk objek besar, diizinkan menggunakan skala 1: 2000; 1: 5000; 1: 10.000; 1: 20.000; 1: 25000; 1: 50.000.

Baca lebih lanjut dalam teks standar.

Klasifikasi gambar[sunting | sunting sumber]

Gambar teknik
Gambar teknik
Gambar konstruksi
Gambar konstruksi

Menurut industri: gambar teknik, gambar konstruksi.

Pada gilirannya, gambar teknik dan gambar konstruksi dapat dibagi menurut tujuannya.

Teknis: gambar perakitan, gambar dimensi, gambar instalasi, gambar pengepakan, dll. sesuai dengan GOST 2.102-68.

Konstruksi: solusi arsitektur, rencana induk, pendinginan, interior, dll.

Dengan metode desain: pertama membangun 3D, lalu menggambar dan sebaliknya.

Melalui media: digital, kertas

Eksekusi gambar[sunting | sunting sumber]

Istilah "drafting" dapat merujuk pada proses pembuatan gambar dalam kerangka grafis teknik. Proses pembuatan gambar dapat dilakukan di atas kertas atau menggunakan perangkat lunak profesional dan komputer. Ketika berbicara tentang menggambar dalam konteks gambar kertas, prosesnya dapat digambarkan sebagai menciptakan gambar yang akurat secara geometris dari tampilan atas, depan, dan samping dari suatu bagian. Jika kita berbicara tentang gambar rakitan, maka biasanya ini adalah bagian dari objek kompleks di sepanjang sumbu simetri. Tapi sekarang adalah abad kedua puluh satu, dan kita akan berbicara tentang digital, gambar elektronik. Desain modern terkait erat dengan komputer. Pertimbangkan prinsip dasar membuat gambar dalam sistem CAD:

Pengembangan model 3D dari dokumen

Menempatkan Tampilan Gambar

Menambahkan elemen desain. Misalnya dimensi/label/tabel.

Keterkaitan antara gambar dan model 3D. Perubahan model secara otomatis dilacak dalam gambar dan sebaliknya.

Gambar dibuat dengan mengatur tampilan model pada lembar gambar, dengan penambahan elemen desain berikutnya seperti dimensi, label teks, tabel.

Elemen gambar:

Format gambar

Menggambar pemandangan

Dimensi

Bidang toleransi dimensi, penyimpangan bentuk dan lokasi permukaan.

Label teks dan tabel.

Grafik dan simbol

Tampilan gambar bersifat asosiatif dengan model tempat mereka dibuat, yaitu, perubahan yang dibuat dalam model, seperti perubahan nilai dimensi, penambahan atau penghapusan fitur, ditampilkan secara bersamaan dalam gambar. Begitu pula dengan perubahan nilai dimensi pada sebuah gambar mengakibatkan perubahan model yang diacu pada gambar tersebut.[11]

Saat membuat gambar produk atau objek, insinyur harus mematuhi standar. Bagaimanapun, menggambar adalah visualisasi subjek pengembangan dalam bentuk grafik model matematika.

Juru gambar teknik sedang bekerja.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Reza, Aditya (2017-12-08). "Memahami Pengertian Gambar Teknik Lebih Detail". ArsiCAD.ID (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-11-17. 
  2. ^ link, Dapatkan; Facebook; Twitter; Pinterest; Email; Lainnya, Aplikasi. "APA ITU GAMBAR TEKNIK ?". Diakses tanggal 2020-11-17.