Bagan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Sebuah bagan pai yang menunjukkan komposisi 38 Parlemen Kanada tahun 2005.

Bagan, juga diistilahkan sebagai grafik atau diagram, adalah sebuah representasi grafis dari data. Data yang diwakili dibentuk oleh simbol-simbol, seperti batang dalam bagan batang, garis-garis dalam sebuah bagan garis, atau irisan dalam bagan pai.[1] Sebuah bagan dapat mewakili bentuk tabel numerik data, fungsi, atau beberapa jenis struktur kualitatif yang memberikan informasi yang berbeda.

Istilah "bagan" sebagai representasi grafis dari data memiliki beberapa arti lain.

  • Data dari bagan adalah tipe dari diagram atau grafik, yang mengelompokkan dan memaparkan satu set data numerik atau data kualitatif.
  • Sebuah peta yang dilengkapi dengan informasi tambahan (elemen peta) untuk tujuan tertentu yang sering dikenal sebagai bagan, seperti bagan nautika dan bagan aeronautika, biasanya tersebar di beberapa lembar peta.
  • Beberapa istilah lain yang menggunakan instilah chart dalam bahasa Inggris, seperti dalam notasi nada (chord chart) atau tangga musik (record chart) untuk mengetahui perkembangan popolaritas suatu karya musik.

Bagan sering digunakan untuk memudahkan pemahaman data dalam jumlah besar dan hubungan antara bagian-bagian dari data. Bagan biasanya dapat dipahami lebih cepat dari data mentah. Metode ini digunakan di berbagai macam bidang, dan dapat dibuat secara manual dalam kertas bagan atau menggunakan bantuan perangkat lunak. Beberapa jenis bagan lebih berguna untuk menyajikan sebuah kumpulan data dibandingkan jenis lainnya. Misalnya, data yang menyajikan persentase dalam kelompok-kelompok yang berbeda (seperti "puas, tidak puas, tidak tahu") sering ditampilkan dalam bagan pai, tapi mungkin akan lebih mudah dipahami jika disajikan dalam bagan batang.[2] Di sisi lain, data yang mewakili angka-angka yang berubah selama periode waktu (seperti "pendapatan tahunan dari tahun 1990 hingga 2000") akan lebih cocok ditampilkan dengan bagan garis.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Cary Jensen, Loy Anderson (1992).
  2. ^ Howard Wainer (1997) 'Visual revelations: graphical tales of fate and deception from Napoleon Bonaparte to Ross Perot,Lawrence Erlbaum Associates, Inc.

Bacaan lebih lanjut[sunting | sunting sumber]