Little Big Master

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Little Big Master
Tradisional五個小孩的校長
Sederhana五个小孩的校长
MandarinWǔ Gè Xiǎo Hái De Xiào Zhǎng
KantonNg5 Go3 Siu2 Haai4 Dik1 Haau6 Zeong2
SutradaraAdrian Kwan
ProduserBenny Chan
Alvin Lam
Stanley Tong
SkenarioAdrian Kwan
Hannah Chang
PemeranMiriam Yeung
Louis Koo
MusikWong Kin-wai
SinematografiAnthony Pun
PenyuntingCurran Pang
Perusahaan
produksi
Universe Entertainment
Sil-Metropole Organisation
Sun Entertainment Culture
One Cool Film Production
Beijing Monster Pictures
Yunnan Parashorea Cathayensis Culture Communication
Yiming Culture Communication
Foshan Joint Media Group
Sirius Pictures International
DistributorUniverse Films Distribution
Tanggal rilis
19 Maret 2015 (2015-3-19)
Durasi
112 menit
Negara Hong Kong
BahasaKanton
Pendapatan kotorHK$46,6 juta

Little Big Master merupakan film drama Hong Kong tahun 2015 yang ditulis dan disutradarai oleh Adrian Kwan. Film ini dibintangi oleh Miriam Yeung dan Louis Koo. Cerita film ini didasari pada cerita nyata di mana Lilian Lui, mantan kepala sekolah sebuah taman kanak-kanak elite di Discovery Bay yang awalnya merencanakan untuk pensiun untuk berkeliling dunia dengan suaminya, Alvin Tse, mengambil pekerjaan dengan gaji bulanan HK$4.500 untuk mendidik lima siswa yang tersisa di Taman Kanak-kanak Yoen Tin Yuen Long, yang akan ditutup pada tahun 2009, dan menunda perjalanannya.[1][2] Film ini berhasil dengan diiklankan, dengan pemasukan kotor sebesar HK$46,6 juta di bioskop Hong Kong dan menjadi film lokal yang berpendapatan kotor terbesar pada tahun 2015 di wilayah tersebut.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

merupakan seorang kepala sekolah di sebuah taman kanak-kanak internasional. Ia berhenti dari pekerjaan yang bergaji besar itu dan berencana berkeliling dunia dengan suaminya, Tse Wing-tung (Louis Koo). Namun, ia menunda perjalanan tersebut ketika mendapat berita mengenai Taman Kanak-kanak Yuen Tin di Yuen Long, akan ditutup dan hanya tersisa lima orang murid. Karena kesulitan keuangan, sekolah tersebut hanya dapat menggaji seorang kepala sekolah dan staf dengan HK$4.500. Lui melamar pekerjaan tersebut dengan harapan dapat membantu murid-murid itu pindah ke sekolah lain. Ketika ia mulai bekerja, ia mengetahui bahwa lima murid itu memiliki latar belakang yang bermasalah dengan keluarga mereka.

Lui berusaha keras membantu murid-muridnya, seperti menjadi sopir sukarela untuk menjemput Kitty dan Jenny, membantu masalah keluarga Ka-ka, dan lain-lain. Pada saat yang sama, ia juga menangani administrasi sekolah. Selain itu, Lui mengingatkan murid-murid dan orang tuanya agar memiliki mimpi. Ketika ia menyadari bahwa ia tidak dapat membantu pemindahan murid-murid itu, ia memutuskan untuk membuka penerimaan murid baru di sekolah itu. Pada saat itu, tumor lama yang ada dalam tubuh Lui kambuh.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Miriam Yeung sebagai Lui Wai-hung, kepala sekolah Taman Kanak-kanak Yuen Tin
  • Louis Koo sebagai Tse Wing-tung, suami Lui, seorang desainer museum pertunjukan
  • Winnie Ho sebagai Ho Siu-suet, seorang murid Taman Kanak-kanak Yuen Tin
  • Fu Shun-ying sebagai Lo Ka-ka, seorang murid Taman Kanak-kanak Yuen Tin
  • Keira Wang sebagai Tam Mei-chu, seorang murid Taman Kanak-kanak Yuen Tin
  • Zaha Fathima sebagai Kitty Fathima, seorang murid Taman Kanak-kanak Yuen Tin
  • Khan Nayab sebagai Jennie Fathima, seorang murid Taman Kanak-kanak Yuen Tin

Penerimaan publik[sunting | sunting sumber]

Kritik[sunting | sunting sumber]

Maggie Lee dari Variety Film Reviews memberikan ulasan positif terhadap film ini dengan menyatakan bahwa film ini "memiliki hati yang besar."[3] Clarence Tsui dari The Hollywood Reporter juga memberikan ulasan positif dengan memuji kesungguhan dan performa sutradara, Adrian Kwan, dengan membimbing pemeran utama, Miriam Yeung dan Louis Koo. Ia juga memuji penampilan aktris kanak-kanak film tersebut dan melihat film itu sebagai "film yang memiliki optimisme yang kuat yang bergantung pada goresan kuas halus daripada kritik sosial yang tajam dalam menunjukkan dan memahami tragedi dan sukacita."[4] Yvonne Teh dari South China Morning Post memberikan 4 dari 5 bintang kepada film ini dan memuji ceritanya sebagai "kencana yang penuh drama".[5]

Derek Elley dari Film Business Asia memberikan 6 dari 10 bintang kepada film Little Big Master dengan memuji penampilan pemerannya dan memberikan kritik mengenai kurangnya drama dan konflik yang nyata.

Bioskop[sunting | sunting sumber]

Little Big Master ditayangkan pada 19 Maret 2015 di Hong Kong dan menduduki peringkat teratas selama dua minggu berturut-turut, dan meraup pendapatan sebesar HK$16,1 juta (US$2.07 juta) setelah dua minggu dan pratayang awal. Setelah 20 hari rilis, film ini memperoleh pendapatan sebesar HK$32,3 juta (US$4.17 juta). Pada minggu keempat, Little Big Master turun ke peringkat kedua dan meraup pendapatan HK$39,3 juta (US$5.07 juta). Hingga akhir tayang di layar bioskop, film ini telah meraih HK$46,6 juta (US$6.01 juta), menjadikannya sebagai film lokal yang berpendapatan terbesar di Hong Kong pada tahun 2015.

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Penghargaan
Acara Kategori Penerima Hasil
Penghargaan Film Hong Kong Ke-35[6] Film Terbaik Little Big Master Nominasi
Sutradara Terbaik Adrian Kwan Nominasi
Skenario Terbaik Adrian Kwan, Hannah Chang Nominasi
Aktris Terbaik Miriam Yeung Nominasi
Aktris Pendukung Terbaik Anna Ng Nominasi

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Retired teacher returns to work to save dying kindergarten". South China Morning Post (dalam bahasa bahasa Inggris). Diakses tanggal 28 September 2016. 
  2. ^ "How Miriam Yeung, Canto-pop star and actress, changed her attitude to work and life". Times of News China (dalam bahasa bahasa Inggris). 16 Maret 2015. Diakses tanggal 28 September 2016. 
  3. ^ Lee, Maggie (19 Maret 2015). "Film Review: 'Little Big Master'". Variety (dalam bahasa bahasa Inggris). Diakses tanggal 28 September 2016. 
  4. ^ "'Little Big Master' ('Ng Gor Siu Haai Dik Haau Cheung'): Hong Kong/Filmart Review". The Hollywood Reporter (dalam bahasa bahasa Inggris). Diakses tanggal 28 September 2016. 
  5. ^ "Film review: Little Big Master – true story touches the heart". South China Morning Post (dalam bahasa bahasa Inggris). Diakses tanggal 28 September 2016. 
  6. ^ "香港電影金像獎". 香港電影金像獎 (dalam bahasa bahasa Mandarin). Diakses tanggal 28 September 2016. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]