Yuen Long

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Yuen Long
Hanzi: 元朗
Castle Peak Road sebagai jalanan utama di Kota Yuen Long
Cakrawala Kota Yuen Long

Yuen Long (Hanzi: 元朗) adalah sebuah kota yang terletak di bagian barat Wilayah Baru, Hong Kong. Kota ini berbatasan dengan Kota Hung Shui Kiu, Tin Shui Wai, Lau Fau Shan dan Ha Tsuen di sebelah barat, Shap Pat Heung dan Tai Tong di sebelah selatan, Au Tau dan Kam Tin di sebelah timur, dan Nam Sang Wai di sebelah utara.

Nama[sunting | sunting sumber]

Dalam Bahasa Kanton, Yuen Long dapat merujuk pada kota-kota seperti Kota Baru Yuen Long, Dataran Yuen Long atau Distrik Yuen Long .

Kota pasar[sunting | sunting sumber]

Dulunya pusat Kota Yuen Long terkenal dengan sebuah kota pasar, yang sekarang lebih dikenal dengan sebutan Pasar Baru Yuen Long (Mandarin: 元朗 新墟 ; Pinyin: Yuen Long San Hui), di daerah Distrik Yuen Long. Tempat ini digunakan oleh orang-orang dari desa-desa di sekitarnya untuk menjual hasil panen dan tangkapan ikan mereka. Hingga saat ini pasar masih menjadi tempat pilihan utama bagi orang-orang dari desa-desa di bagian barat laut Wilayah Baru untuk berbelanja dan berdagang. Seperti kebanyakan kota pasar lain di Hong Kong, pasar di Yuen Long hanya beroperasi di hari-hari tertentu setiap minggu. Di tempat ini juga didirikan banyak mal-mal dan restoran modern.

Pengembangan kota baru[sunting | sunting sumber]

Sungai Shan Pui yang membelah Kota Yuen Long

Sejak tahun 1970-an, terdapat dua kota baru telah dikembangkan di Yuen Long. Di akhir 1970-an hingga awal 1980-an Kota Baru Yuen Long dikembangkan menjadi kota pasar. Kota Baru Tin Shui Wai didirikan pada dekade 1990-an di sebelah barat, terpisah dari Kota Baru Yuen Long New Town. Sebagian besar tempat di kota ini merupakan bangunan perumahan. Antara kedua kota ini dihubungkan dengan Light Rail Transit dan beberapa rute bus yang melayani perjalanan setiap harinya.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pasar pertama di Yuen Long terletak di sisi selatan jalan utama dekat Tai Kei Leng. Pada tahun 1669, lokasi pasar ini dipindahkan ke utara di daerah Stasiun Yuen Long. Kini daerah bekas pasar ini dikenal dengan Kota Tua Yuen Long (Mandarin: 元朗 舊墟 ; Pinyin: Yuen Long Kau Hui). Meskipun sekarang pasar ini jauh dari pantai, di awal pembangunannya pasar ini tepat berada di dekat pantai.

Jalan Raya Cheung Shing, yang memisahkan Nam Pin Wai dan Sai Pin Wai, membagi pusat pasar menjadi dua. Disini juga terdapat sebuah kuil yang dibangun untuk keperluan ibadah dan untuk menghindari perseteruan. Setelah pada tahun 1898 Inggris menguasai Wilayah Baru, mereka membangun Castle Peak Road yang menghubungkan Wilayah Baru dengan Kowloon. Para penduduk desa mengusulkan dan memindahkan pasar kota ke jalan utama. Setelah Perang Dunia Kedua, perkembangan Yuen Long meningkat secara drastis. Yuen Long berhasil berubah dari sebuah desa kecil menjadi kota besar dengan berbagai budaya dan olahraganya.

Penyerangan Yuen Long 2019[sunting | sunting sumber]

saat dimana seorang jurnalis perempuan Stand News, diserang[1] di Yuen Long .

Pada 21 Juli 2019 terjadi serangan massa yang terjadi di Yuen Long, Hong Kong.[2][3][4] Sebanyak lebih dari 100 pria berpakaian putih membawa senjata yang kemudian menyerang warga termasuk orang tua, anak-anak, pengunjuk rasa berpakaian hitam, jurnalis, maupun anggota parlemen yang mereka temui di jalanan maupun para penumpang di stasiun MTR Yuen Long.[5][6][7] Setidaknya terdapat 45 korban luka-luka dalam insiden penyerangan tersebut,[8] termasuk salah seorang diantaranya merupakan wanita hamil.[9] Serangan tersebut terjadi tepat setelah adanya aksi unjuk rasa RUU anti-ekstradisi di Sheung Wan, Hong Kong dan diperkirakan sebagai tindakan untuk mengancam para pengunjuk rasa yang sedang kembali ke Yuen Long.

Demografi[sunting | sunting sumber]

Sebagian besar Penduduk Yuen Long merupakan etnis lokal Han dan imigran Hoa, Tionghoa Vietnam tahun 1970 hingga 1990-an.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "證據確鑿 - 小牛農場負責人陳志祥襲擊立場記者". Diarsipkan dari versi asli tanggal 17 Agustus 2019. Diakses tanggal 25 Juli 2019. 
  2. ^ Leung, Christy; Ting, Victor (22 Juli 2019). "Hong Kong police chief defends officers arriving 35 minutes after first reports of Yuen Long mob violence against protesters and MTR passengers". South China Morning Post. Hong Kong. Diakses tanggal 23 Juli 2019. 
  3. ^ "Pan-dems accuse police of collusion with Yuen Long triads". The Standard. Hong Kong: Sing Tao News Corporation. 22 Juli 2019. Diakses tanggal 23 Juli 2019. 
  4. ^ "Mob Attack at Hong Kong Train Station Heightens Seething Tensions in City". The New York Times. 22 Juli 2019. Diakses tanggal 23 Juli 2019. 
  5. ^ "'Where were the police?' Hong Kong outcry after masked thugs launch attack". The Guardian. 22 Juli 2019. Diakses tanggal 23 Juli 2019. 
  6. ^ "45 injured after mob attack at Hong Kong MTR station". Channel NewsAsia. 22 Juli 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-07-23. Diakses tanggal 23 Juli 2019. 
  7. ^ Cheng, Kris (22 Juli 2019). "Chaos and bloodshed in Hong Kong district as hundreds of masked men assault protesters, journalists, residents". Hong Kong Free Press (HKFP). Diakses tanggal 23 Juli 2019. 
  8. ^ At least 45 injured as rod-wielding mob dressed in white rampages through Yuen Long MTR station, beating screaming protesters – South China Morning Post
  9. ^ 【元朗襲擊】白裙女懷孕不足3個月沒通知醫院 診所求醫證胎平安 (22:46). online "instant news". Ming Pao. Hong Kong: Media Chinese International. 23 Juli 2019. Diakses tanggal 23 Juli 2019.