Hong Kong Film Award

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Avenue of Stars di Hong Kong

Penghargaan Perfilman Hong Kong (Inggris: Hong Kong Film Awards, disingkat menjadi HKFA; Hanzi tradisional: 香港電影金像獎), didirikan pada tahun 1982, adalah penghargaan yang paling bergengsi di dunia perfilman Hong Kong dan juga di Asia Tenggara. Upacara penerimaan penghargaan itu diadakan secara berkala setiap tahun, yang biasanya diadakan di bulan April. Penghargaan ini mengakui pencapaian tertinggi dan terbaik dalam pembuatan suatu film dari segala segi, seperti pengarahannya, penulisan naskah skenario, akting dan aspek-aspek sinematografi lainnya.

Penghargaan ini diintegrasikan dengan Hong Kong Film Awards Association Ltd. sejak bulan Desember 1993, yang saat ini dikomandani oleh beberapa orang sutradara, yang merupakan perwakilan dari tiga belas profesional dunia perfilman di Hong Kong. Voting untuk film-film yang masuk nominasi biasanya dilakukan pada bulan Januari sampai bulan Maret setiap tahunnya dan terbuka untuk para anggotanya, yang termasuk para pekerja film setempat, para kritikus, dan sekelompok dewan panelis penilai.

Direktur[sunting | sunting sumber]

Direkturnya saat ini adalah perwakilan dari tiga belas profesional dari dunia perfilman Hong Kong, sebagaimana tersebut di bawah ini:

Pemenang Penghargaan Film Terbaik[sunting | sunting sumber]

Kategori penghargaan[sunting | sunting sumber]

Penghargaan ini saat ini memberikan dalam sembilan kategori, sebagaimana terlihat dalam daftar berikut:

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]