Ler (Mitologi)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Anak-Anak Lir, patung di Taman peringatan (Dublin)

Ler (berarti "Laut" dalam bahasa Irlandia kuno; Lir adalah bentuk genitif) adalah dewa laut dalam mitologi Irlandia. Nama-nya menunjukkan bahwa ia adalah personifikasi dari laut, bukan dewa yang berbeda.[butuh rujukan] Dia bernama Allód[1] pada awal silsilah, dan sesuai dengan Llŷr dari mitologi Welsh. Ler adalah tokoh utama leluhur, dan merupakan ayah dari dewa Manannán mac Lir, yang sering muncul di sastra abad pertengahan Irlandia. Ler muncul dengan gelar raja dalam kisah anak-Anak Lir.

Referensi Gael[sunting | sunting sumber]

Ler, seperti cerita dari wales, merupakan dewa lautan, meskipun dalam kasus mitos Gaelic anaknya, Manannán mac Lir tampaknya mengambil alih posisinya dan memiliki fitur yang lebih menonjol. Ini menunjukkan kemungkinan bahwa banyak mitos-mitos yang mengacu pada Ler yang sekarang menghilang dari kita sebenarnya ada dan popularitasnya lebih besar, terutama mengingat jumlah dari sosok yang disebut 'putra Ler'.[butuh rujukan]

Pada abad ke-9 masehi glosarium Irlandia berjudul Sanas Cormaic, uskup dan cendekiawan terkenal Cormac mac Cuilennáin membuat sebutan antara Manannan dan ayahnya Ler, yang di identifikasikan oleh Cormac dengan laut:

Manannan mac lir .aku. cennaige amra bói aninis Manusiadan. ise luam sebagai deach boi aniarthar Eorpa. noḟindad tre nemgnacht (.aku. gnathugrud nime) inoiret nobíd insoinind ⁊ dalam melakukan[i]nind ⁊ intan nosclæchlóbad cechtar tidak sejak résin, inde Scoti et Brittones eum deum vocaverunt maris. et inde filium maris esse dixerunt .aku. mac lir mac mara.
"Manannan mac Lir: i. e. pedagang terkenal yang tinggal di Isle of Man. Dia adalah pilot terbaik di Eropa bagian barat. Melalui keakrabannya dengan langit dia tahu kuartal mana yang cuacanya akan baik dan akan buruk, dan ketika masing-masing dua musim akan berubah. Karenanya Skotlandia dan Inggris menyebutnya dewa laut, dan karena itu mereka berkata, dia adalah putra dari laut, i. e. mac lir 'anak laut"[2][3]

Ler adalah karakter utama dalam kisah mitologi anak-Anak Lir; namun, hal ini tidak dapat memastikan apakah ini orang yang sama seperti ayah Manannán atau Ler yang berbeda. Ler dalam cerita ini adalah saingan dari Bodb Dearg untuk memperebutkan kerajaan dari Tuatha Dé Danann, setelah mereka mundur ke fairy mounds. Untuk menenangkan Ler, Bodb memberikan salah satu putrinya untuk menikah dengannya, Aeb. Ia melahirkan empat anak, satu gadis, Fionnuala, dan tiga lelaki, Aed dan kembar, Fiachra dan Conn.

Aeb meninggal, tidak ingin anak-anak Aeb untuk tetap tanpa ibu, Bodb mengirim putrinya yang lain, Aoife, untuk menikah dengan Ler. Aoife memiliki kecemburuan dari anak-anak Aeb dan mengutuk mereka untuk hidup sebagai angsa selama 900 tahun.[4]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

  • Anak-anak Lir

Dalam budaya populer[sunting | sunting sumber]

Lir adalah fiksi dewa di Robert E. Howard's Hyborian Usia - cerita Conan yang Kelam.[5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Macalister, R. A. S (1941). "Lebor Gabála Érenn: The Book of Invasions vol. 4. ed". www.maryjones.us. Dublin: Irish Texts Society. Diakses tanggal 2016-11-11. 
  2. ^ Stokes, Whitley (ed.
  3. ^ O'Donovan, John (trans.
  4. ^ Dictionary of Celtic Myth and Legend, Miranda J. Green, Thames and Hudson, Ltd, 1997
  5. ^ The Slithering Shadow

Pranala luar[sunting | sunting sumber]