Leluhur bersama terakhir simpanse–manusia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Model spesiasi Hominini dan Gorillini selama 10 juta tahun terakhir; proses hibridisasi dalam Hominini diindikasikan sedang berlangsung selama kira-kira 8 hingga 6 juta tahun yang lalu.

Leluhur bersama terakhir simpanse–manusia (Chimpanzee–human last common ancestor, disingkat: CHLCA) adalah nenek moyang terakhir yang dimiliki bersama oleh genus Homo (manusia) dan Pan (simpanse dan bonobo) yang masih menjadi bagian dari Hominini. Karena spesiasi hibrida yang kompleks, tidak mungkin untuk memberikan perkiraan yang tepat tentang usia populasi leluhur ini. Namun, "perbedaan awal" antara populasi mungkin telah terjadi sejak 13 juta tahun yang lalu (pada kala Miosen), dan hibridisasi mungkin terus berlangsung hingga 4 juta tahun yang lalu (Pliosen).

Dalam studi genetik manusia, CHLCA berguna sebagai titik acuan untuk menghitung tingkat polimorfisme nukleotida tunggal dalam populasi manusia, di mana simpanse digunakan sebagai kelompok luar, yaitu sebagai spesies yang masih ada yang paling mirip secara genetik dengan Homo sapiens.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]