Hibrida

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Hibrida dalam bahasa Indonesia digunakan sebagai padanan istilah hybrid dalam bahasa Inggris. Sedangkan hibridisasi merupakan proses untuk menghasilkan hibrida dan juga padanan istilah hybridization atau hybridisation dalam bahasa Inggris.

Biologi[sunting | sunting sumber]

Dalam biologi, hibrida memiliki tiga arti.

  1. Dalam ilmu genetika, hibrida merupakan generasi hasil persilangan (hibridisasi) antarindividu ataupun populasi yang berbeda secara genetik yang memiliki gabungan sifat atau rekombinasi gen dari kedua tetua. Pengertian ini dapat mencakup generasi langsung (F1) dari hasil persilangan ataupun generasi lanjut (F2, F3, dst.) hasil segregasi dari persilangan tersebut.
    • Hibrida hasil persilangan antarindividu sespesies dengan galur berbeda atau antara kedua indiidu dengan spesies berbeda disebut bastar atau blaster (dan prosesnya disebut pembastaran), sementara hibrida hasil persilangan antarindividu dengan galur yang sama disebut perkawinan sekerabat. Bastar juga sering disinonimkan dengan hibrida.
  2. Dalam biologi molekuler, hibrida merupakan hasil dari proses hibridisasi (biologi molekular), yaitu pembentukan ikatan dupleks stabil antara dua rangkaian nukleotida.
  3. Dalam pertanian, hibrida atau lebih lengkapnya varietas hibrida merupakan kultivar yang merupakan keturunan langsung dari persilangan antara dua atau lebih populasi suatu spesies yang berbeda latar belakang genetiknya.

Kimia[sunting | sunting sumber]

Dalam kimia, hibrida atau orbital hibrida adalah hasil dari proses hibridisasi orbital, yaitu konsep bersatunya orbital-orbital atom.