Laut Bercerita

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Laut Bercerita
PengarangLeila S. Chudori
NegaraIndonesia
BahasaIndonesia
GenreFiksi
PenerbitKepustakaan Populer Gramedia
Tanggal terbit
23 Oktober 2017
Halaman379 halaman
ISBNISBN 9786024246945

Laut Bercerita adalah novel karya Leila S. Chudori yang diterbitkan oleh Kepustakaan Populer Gramedia (KPG) Jakarta pada tahun 2017. Novel ini berkisah tentang persahabatan, cinta, keluarga, dan kehilangan para tokoh-tokohnya. Mengambil latar sosial kehidupan mahasiswa pada tahun 90-an dan 2000 membuat novel ini bisa membawa pembaca untuk melihat kembali peristiwa-peristiwa di masa lalu. Novel ini juga diadaptasi ke dalam film pendek berdurasi 30 menit.

Profil[sunting | sunting sumber]

Laut Bercerita adalah novel karya Leila S. Chudori, pengarang yang juga berprofesi sebagai wartawan Tempo. Novel berbahasa Indonesia diterbitkan oleh Kepustakaan Populer Gramedia dan terbit pertama pada Oktober 2017. Novel ini berjumlah 379 halaman. Pada tahun 2020, novel ini diterjemahkan kedalam bahasa Inggris berjudul "The Sea Speaks His Name" oleh John McGlynn dari Penguin Random House.

Nomor ISBN novel: 978-602-424-694-5

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Laut Bercerita adalah novel yang ditulis oleh Leila setelah Pulang. Novel ini bercerita tentang kisah persahabatan, keluarga yang mencari penjelasan atas kehilangan seorang anak tanpa titik terang bertahun-tahun, juga cinta. Riset dalam pembuatan novel ini dimulai pada 2008 ketika Tempo menerbitkan edisi khusus Soeharto hingga akhirnya terbit pada 2017. Ketika menulis buku ini, Leila menghadirkan Nezar Patria dalam pembuatannya sebagai saksi dari kejadian 1998 yang mana juga membantu Leila menemukan referensi untuk karakter dalam tokoh yang diceritakan.


Setelah diterbitkan, banyak pembaca yang menyukai novel ini karena ikut menggambarkan kejadian 1998. Selain itu, menarik bahwa sang penulis sendiri adalah saksi dari kejadian masa itu.

Alur cerita[sunting | sunting sumber]

Novel ini ditulis dalam sudut pandang ‘Aku’ dari kedua karakter Biru Laut Wibisono dan Asmara Jati. Biru Laut adalah seorang Mahasiswa, yang mempunyai adik bernama Asmara Jati. Baik Laut atau Asmara Jati, keduanya menjadi tokoh utama dalam Novel tersebut.

Bermula pada tahun 1991, Leila mengawali novelnya dengan mengisahkan kehidupan sekelompok mahasiswa yang berkegiatan di suatu rumah di Seyegan, Yogyakarta. Mahasiswa-mahasiswa ini memiliki ketertarikan yang sama terhadap bacaan termasuk sastra. Dalam hal ini, termasuk sastra yang sempat dilarang untuk dibicarakan ketika itu, sastra karya Pramoedya Ananta Toer.

Dalam novel ini, alur yang digunakan tidak berurutan. Dari 1991, pembaca akan diarahkan menuju bab berikutnya yakni tahun 1998. Leila menulis berdasarkan peristiwa saat ini (ketika Biru Laut berada dalam penjara) dan masa lalu (ketika Biru laut masih menjadi mahasiswa dan buron).

Sebelum berada di penjara, konflik yang dihadapi Laut cukup banyak. Termasuk bagaimana ketika ia dan teman-temannya mengatur diskusi dan aksi demi membela petani Jagung di Blangguan yang tanahnya diambil secara tidak adil oleh pemerintah. Selain itu, novel ini juga bercerita bagaimana salah satu sahabat Laut berkhianat dan membocorkan informasi kepada intel. Aktivisme-aktivisme dan pembelaan ini yang kemudian diketahui oleh intel mengantarkan Laut kepada penjara.

Selanjutnya, Novel ini menceritakan bagaimana keluarga Laut termasuk Asmara Jati mengupayakan untuk mencari mahasiswa-mahasiswa yang hilang—termasuk Laut—yang tidak diketahui keberadaannya hingga beberapa tahun. Asmara Jati juga sempat menulis surat imajinatif yang ia sampaikan kepada Laut:

"Mas Laut,

Bapak sudah menyusulmu pagi tadi.

Peluklah ia karena beliau sangat rindu padamu

Empat tahun piring makanmu tidak boleh kami singkirkan, empat tahun kamarmu dan buku-bukumu berdiri tegak persis pada tempatnya tanpa sebutir debu pun yang berani melekat karena Bapak rajin merawatnya. Sesekali jika dia memangku ranselmu yang sudah butut itu dan mengelus-elusnya, seolah barang yang setia melekat di punggungmu itu adalah pengganti dirimu.”[1]

Film pendek[sunting | sunting sumber]

Laut Bercerita sempat diadaptasi ke dalam film pendek berdurasi 30 menit[2] yang disutradarai oleh Pritagita Arianegara. Pemeran dalam film pendek tersebut antara lain: Reza Rahadian, Ayushita, Dian Sastrowardoyo, Tio Pakusadewo, Aryani Willems, Tanta Ginting, Haydar Salishz, Ade Firman Hakim, Lukman Sardi, Adjie N.A. Film ini ditayangkan perdana saat novelnya diluncurkan pada 12 Desember 2017.[3]

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Tiga tahun setelah terbit, Leila Chudori bersama novelnya Laut Bercerita mendapat penghargaan SEA Write Award[4] bersaman dengan Eka Kurniawan dan Nirwan Dewanto. Penghargaan tahunan ini diberikan kepada penulis Asia Tenggara yang juga bertujuan untuk menciptakan kesadaran yang lebih luas atas kekayaan literatur yang dimiliki. Penghargaan ini juga pernah diberikan kepada pengarang Indonesia yang lain, di antaranya: Sutarji Calzoum Bachri, Marianne Katopo, Budi Darma, W.S Rendra, Seno Gumira Ajidarma, Remy Sylado, dan Linda Christanty.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Chudori, Leila (2017). Laut Bercerita. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia. hlm. 347. ISBN 978-602-424-694-5. 
  2. ^ Shadra, Aisha (13 Desember 2017). "Laut Bercerita, Kala Novel Turut Divisualisasi dalam Film Pendek". Diakses tanggal 14 Juni 2020. 
  3. ^ Shaidra, Aisha (13 Desember 2017). "Laut Bercerita, Kala Novel Turut Divisualisasi dalam Film Pendek". Tempo. 
  4. ^ "Leila S. Chudori wins 2020 SEA Write Award with 'Laut Bercerita'". 13 Juni 2020. Diakses tanggal 14 Juni 2020.