Laung Kuning Banjar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Laung Kuning Banjar
SingkatanLKB
PendiriAmat Baday
Didirikan diBalikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia
StatusAktif
TipeOrganisasi Masyarakat
TujuanPelestarian adat dan budaya
Kantor pusatBalikpapan, Indonesia
Lokasi
Wilayah layanan
Kalimantan Timur
Kalimantan Selatan
Kalimantan Tengah
Kalimantan Utara
Kalimantan Barat
Jumlah anggota
-+ 20,000
Bahasa resmi
Bahasa Indonesia, Bahasa Banjar
Ketua Umum
Amat Baday
Sekretaris Jendral
Yuliansyah
Bendahara Umum
Khairi Rahman
AfiliasiKesultanan Banjar


Laung Kuning Banjar (atau yang disingkat sebagai LKB) atau dikenal dengan sebutan Pasukan Laung Kuning Banjar adalah organisasi kemasyarakatan (ormas) adat Banjar yang bergerak di bidang pelestarian adat dan budaya. Laung Kuning Banjar berusaha mempertahankan kelestarian adat Banjar dan pengakuan hukum terhadap masyarakat adat Banjar.[1]

Amat Baday Ketua Umum Laung Kuning Banjar.

Laung Kuning Banjar (LKB) yang dipimpin Amat Baday memiliki 20 ribuan anggota yang tersebar di seluruh Kalimantan berkomitmen mengawal Pancasila dan UUD 1945, serta mendukung kebijakan di masa pemerintahan Presiden Joko Widodo membangun IKN Nusantara dengan mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) penduduk asli Kalimantan.[2]


Kegiatan Adat[sunting | sunting sumber]

Sesuai dengan visi misinya yaitu mempertahankan kelestarian adat Banjar, Laung Kuning Banjar aktif menampilkan kesenian tradisional Banjar dalam berbagai acara, seperti Kuntau, Madihin, Musik Panting, Lagu Banjar, ritual adat Banjar dan tari-tari tradisional Banjar.

Kuntau[sunting | sunting sumber]

Kuntau yaitu seni bela diri tradisonal Banjar yang biasa ditampilkan dalam berbagai acara seperti perkawinan, festival atau acara seremonial di bidang pemerintahan. Laung Kuning Banjar aktif mengangkat seni bela diri kuntau berbagai festival budaya yang diselenggarakan di Kalimantan.[3]

Madihin[sunting | sunting sumber]

Madihin (berasal dari kata madah dalam bahasa Arab yang berarti "nasihat", tetapi bisa juga berarti "pujian") adalah sebuah genre puisi dari suku Banjar. Puisi rakyat anonim bergenre Madihin ini hanya ada di kalangan etnis Banjar di Kalimantan Selatan saja. Sehubungan dengan itu, definisi Madihin dengan sendirinya tidak dapat dirumuskan dengan cara mengadopsinya dari khasanah di luar folklor Banjar.

Musik Panting[sunting | sunting sumber]

Musik Panting adalah kesenian musik asli dari Suku Banjar di Kalimantan Selatan. Alat musik utama dalam musik Panting adalah alat musik petik yang disebut panting. Musik Panting termasuk dalam musik jenis kordofon dengan tangga nada diatonik.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ DPRD Kalsel (2022-09-22). "Terima Audiensi Laung Kuning Banjar, Komisi IV Sepakat Bersinergi Majukan Seni Budaya Urang Banjar". DPRD Kalsel. Diakses tanggal 2023-04-05. 
  2. ^ Indonesia Express, indonesiaexpres.co.id (2023-02-07). "Laung Kuning Banjar Siap Bekerjasama Dengan Pemerintah TNI-POLRI Untuk Menjaga Kondusifitas Pembangunan IKN Nusantara". indonesiaexpres.co.id. Diakses tanggal 2023-04-05. 
  3. ^ banjarmasin.tribunnews.com (2023-08-13). "Ramaikan Festival Budaya HUT Provinsi Kalsel, Laung Kuning Ikuti Iring-Iringan dan Pementasan Kuntau". banjarmasin.tribunnews.com. Diakses tanggal 2023-10-17.