Lasang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lasang
Myrica
Tumbuhan
Jenis buahbuah berbiji
Taksonomi
DivisiTracheophyta
SubdivisiSpermatophytes
KladAngiospermae
Kladmesangiosperms
Kladeudicots
Kladcore eudicots
KladSuperrosidae
Kladrosids
Kladfabids
OrdoFagales
FamiliMyricaceae
GenusMyrica
Linnaeus, 1753
Tipe taksonomiMyrica gale

Myrica /mɪˈrkə/ [1] atau lasang adalah genus dari sekitar 35–50 spesies pohon kecil dan semak dalam keluarga Myricaceae, ordo Fagales . Genus ini mempunyai sebaran yang luas, meliputi Afrika, Asia, Eropa, Amerika Utara dan Amerika Selatan, dan hanya hilang di Australia . Beberapa ahli botani membagi genus menjadi dua genera berdasarkan struktur untai bunga dan buah, membatasi Myrica pada beberapa spesies, dan memperlakukan spesies lainnya di Morella . [2]

Karakteristik[sunting | sunting sumber]

Spesiesnya bervariasi dari 1 m (3 ft 3 in) semak hingga 20 m (66 ft) pohon; beberapa di antaranya meranggas, namun sebagian besar spesiesnya selalu hijau . Akar mempunyai bakteri pengikat nitrogen yang memungkinkan tanaman tumbuh di tanah yang sangat miskin kandungan nitrogen . Daunnya tersusun spiral, sederhana,2–12 cm (13164+34 in) panjang, lonjong dengan alas meruncing dan ujung lebih lebar, serta tepi berkerut atau bergerigi halus. Bunganya berbentuk catkins, dengan untai bunga jantan dan betina biasanya berada pada tumbuhan terpisah ( dwirumah ). Buahnya berupa buah berbiji kecil, biasanya dilapisi lilin .

Jenis spesies, Myrica gale, penyebarannya holarctic, tumbuh di rawa gambut yang bersifat asam di seluruh bagian yang lebih dingin di Belahan Bumi Utara; itu adalah semak daun yang tumbuh menjadi 1 saya tinggi. Spesies yang tersisa semuanya memiliki wilayah jelajah yang relatif kecil, dan sebagian besar berada di daerah beriklim hangat.

Myrica faya ( Morella faya ), yang berasal dari pulau vulkanik Azores, Madeira dan Kepulauan Canary, telah menjadi spesies invasif di gunung berapi Hawaii [3] di mana ia diperkenalkan pada abad ke-19; kemampuannya untuk mengikat nitrogen membuatnya beradaptasi dengan baik untuk tumbuh di tanah vulkanik dengan nitrogen rendah.

Lapisan lilin pada buah ini tidak dapat dicerna oleh sebagian besar burung, namun beberapa spesies telah beradaptasi untuk dapat memakannya, terutama tepus kuning dan burung walet pohon di Amerika Utara. Karena lilinnya sangat kaya energi, hal ini memungkinkan burung pengicau kuning untuk musim dingin lebih jauh ke utara di iklim yang lebih sejuk dibandingkan burung pengicau Amerika lainnya jika ada buah lasang. Benih tersebut kemudian disebarkan ke dalam kotoran burung.

 

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Sunset Western Garden Book, 1995:606–607
  2. ^ Valérie Huguet, Manolo Gouy, Philippe Normand, Jeff F. Zimpfer, and Maria P. Fernandez.
  3. ^ Warren L. Wagner, Derral R. Herbst, and Sy H. Sohmer.