Lalisa (lagu)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
"Lalisa"
Singel oleh Lisa
dari album Lalisa
Bahasa
  • Korea
  • Inggris
Sisi-B"Money"
Dirilis10 September 2021 (2021-09-10)
GenreHip hop[1]
Durasi3:20
Label
Pencipta
Produser
  • 24
  • Bekuh Boom
  • Teddy Park
Kronologi singel Lisa
"Lalisa"
(2021)
"SG"
(2021)
Video musik
"Lalisa" di YouTube

"Lalisa" adalah single debut oleh rapper dan penyanyi Thailand Lisa, anggota girl grup Korea Selatan Blackpink. Album ini dirilis pada 10 September 2021, oleh YG Entertainment sebagai singel utama dari album singel debutnya dengan nama yang sama. Ditulis dan diproduksi oleh kolaborator lama YG, Teddy Park bersama dengan Bekuh Boom, dengan produksi tambahan ditangani oleh 24.

Lagu ini mendapat tinjauan beragam dari kritikus musik, banyak di antaranya memuji penampilan dan karisma Lisa; namun, mengkritik komposisi dan produksi lagu tersebut. Secara komersial, "Lalisa" memasuki Billboard Hot 100 di nomor 84, dan memuncak di nomor 2 di Billboard Global 200. Video musik yang menyertainya diunggah ke kanal YouTube Blackpink bersamaan dengan perilisan singel. Dalam 24 jam pertama, video tersebut menerima 73,6 juta penayangan, menarik penayangan terbanyak dalam satu hari oleh seorang solois di YouTube.

Latar belakang dan rilis[sunting | sunting sumber]

Dalam sebuah artikel yang diterbitkan oleh The Korea Herald pada 19 April 2021, seorang perwakilan dari YG Entertainment mengungkapkan bahwa Lisa akan debut sebagai solois ketiga dari grupnya dengan jadwal yang akan diumumkan secara resmi melalui pemberitahuan di akhir tahun.[2] Pada tanggal 25 Juli, Lisa mengunggah dua gambar yang menampilkan dirinya di sebuah studio ke story Instagram-nya dengan judul "What's mhy name?", mengisyaratkan judul rilis mendatangnya.[3] Pada tanggal 25 Agustus, YG mengkonfirmasi bahwa album single debut solonya akan berjudul Lalisa;[4] agensi tersebut kemudian meluncurkan daftar lagu untuk album tersebut, mengungkapkan bahwa single dengan nama yang sama akan berfungsi sebagai judul lagu.[5] Lagu ini dirilis pada 10 September 2021, dan tersedia untuk unduhan dan streaming digital.[6]

Musik dan lirik[sunting | sunting sumber]

Secara gaya, lagu ini dicirikan sebagai trek hip hop dinamis yang memasukkan unsur Thailand dalam dance break lagu tersebut.[7][8] Produksi lagu ini menggunakan riff brass "provokatif" dan ritme dinamis yang mengingatkan pada suara sirene, dan menggabungkan pengulangan 'Lalisa' dalam liriknya.[9] Dalam hal notasi musik, lagu ini disusun dalam kunci G♯ mayor dan membawa tempo 150 ketukan per menit.[10] Paige Greene dari Sportskeeda berkomentar bahwa lagu itu tampak sebagai manifestasi dari "semua identitas dan karakteristik Lisa."[11] Nama album tunggal beserta judul lagunya adalah referensi untuk nama aslinya yang dia terima saat mengunjungi seorang peramal. ketika dia masih muda sebagai isyarat untuk keberuntungan. Seminggu setelah mengubah namanya, YG Entertainment memberitahunya bahwa mereka telah menerimanya ke agensi sebagai trainee.[8] Nolan Feeney dari majalah Billboard mencatat bahwa "lagu utama berkembang dari suara penyanyi Blackpink yang maksimal dan menggebrak dunia seperti 'How You Like That' dengan aliran cepat dan mengacu pada warisan Thailand-nya".[8]

Musik video[sunting | sunting sumber]

Berkas:Lalisa MV screenshot.jpeg
Sebuah adegan dari video musik, menampilkan ansambel rumit yang terinspirasi dari Thailand, Lisa saat dia duduk di atas takhta yang dipahat dengan rumit.

Sebuah video musik yang menyertai untuk lagu tersebut disutradarai oleh Seo Hyun-seung[butuh rujukan] dan diunggah ke saluran YouTube Blackpink bersamaan dengan perilisan "Lalisa"; video tersebut didahului dengan teaser—yang dirilis melalui platform yang sama tiga hari sebelumnya.[12][13] Video musik menjadi video debut yang paling banyak dilihat dan video yang paling banyak dilihat oleh seorang solois dalam 24 jam, mengumpulkan 73,6 juta tampilan; video tersebut memecahkan rekor "On the Ground" milik Rosé dan "Me!" milik Taylor Swift. menampilkan Brendon Urie, yang masing-masing menerima 41,6 juta tampilan dan 65,2 juta tampilan dalam 24 jam.[14] Visualnya mencakup banyak perubahan kostum, termasuk ansambel rumit yang didasarkan pada budaya tradisional Thailand.[15] Mengenakan gaun dan jubah manik-manik emas, mahkota emas runcing, dan penutup telinga dengan melati emas, dia duduk di atas takhta yang dipahat dengan rumit. Hiasan kepala runcing yang dikenakannya mengambil inspirasi dari makuṭa atau chada tradisional Thailand, yang sering dikenakan oleh para penari dan bangsawan Thailand.[16]

Penerimaan kritik[sunting | sunting sumber]

"Lalisa" menerima tinjauan beragam dari para kritikus—banyak di antaranya memuji kehadiran dan karisma Lisa; namun produksi musik dan konten lirik lagu tersebut menerima kritik. Menulis untuk The Harvard Crimson, Allison S. Park menyatakan bahwa "keterampilan rap Lisa yang hebat bersinar melalui" tetapi mengkritik "tidak adanya narasi liris yang kohesif."[17] Dalam ulasan negatif, Rhian Daly dari NME menegaskan bahwa "alih-alih menjadi kemenangan yang bersinar dan menyombongkan yang mungkin Anda harapkan, kualitasnya sangat rendah." Mengacu pada judul lagu sebagai "canggung", dia juga merasa bahwa isi liriknya tidak mengandung "hati atau jiwa" dan malah lebih fokus pada "bual kosong" yang tidak mencapai efek yang diinginkan.[18] Dalam ulasan serupa, Park Soo-jin dari IZM menyebut lagu tersebut "menyampaikan sepenuhnya identitasnya sebagai orang Thailand dan berteriak tentang martabat musisi Lisa di sana-sini, tetapi itu tidak terlalu mengesankan." Park menambahkan bahwa kesuksesan lagu itu tidak datang "dari kesempurnaan lagu, tetapi dari kekuatan merek yang dimulai dengan Blackpink dan 'dalam' Lisa."[19] Dalam ulasan yang lebih positif, Chase McMullen dari Beats Per Minute berkomentar bahwa "penampilan Lisa yang dengan cekatan mengambil panggung utama, dengan dia membalik-balik banyak perubahan lagu dengan mulus sehingga membuat setiap komponen terasa sangat alami."[20]

Performa komersial[sunting | sunting sumber]

"Lalisa" memulai debutnya di nomor dua di Billboard Global 200 dan Global Excl. U.S., menandai entri solo pertama Lisa dan lagu sepuluh besar di tangga lagu. Baik "Lalisa" dan lagu sisi-b nya "Money" menjadi lagu dengan charting terlama oleh solois K-pop di Global 200.[21] Di Korea Selatan, lagu debutnya di nomor 90 di Gaon Digital Chart pada minggu tanggal 5-11 September, dengan kurang dari dua hari pelacakan. Minggu berikutnya, lagu tersebut naik ke puncak di nomor 64.[19] Lagu ini juga debut di nomor 28 di Billboard K-pop Hot 100. Lagu ini memuncak di nomor satu di Malaysia dan nomor dua di Singapura.

Penampilan langsung dan promosi[sunting | sunting sumber]

Menyusul perilisan album singlenya pada 10 September, Lisa akan memulai debut lagu utama di The Tonight Show Starring Jimmy Fallon.[22] Koreografi lagu utama dikoreografikan oleh Kiel Tutin, Sienna Lalau dan Lee-jung Lee.[23] Pada 19 September, dia menampilkan "Lalisa" di SBS Inkigayo, menandai debut solonya di televisi Korea Selatan. Lisa membawakan lagu itu di MBC Show! Music Core pada 25 September dan lagi di SBS Inkigayo pada 26 September.[24][25]

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Program penghargaan musik
Program Saluran Tanggal Ref.
Music Bank KBS 17 September, 2021 [26]

Kredit[sunting | sunting sumber]

  • Lisa – vokal utama
  • Teddy Park – penulis lirik, komposer
  • Bekuh Boom – komposer, penulis lirik
  • 24 – komposer, pengatur

Tangga lagu[sunting | sunting sumber]

Tangga lagu (2021) Posisi teratas
Irlandia (IRMA)[27] 87
Jepang (Japan Hot 100)[28] 74
Lithuania (AGATA)[29] 89
New Zealand Hot Singles (RMNZ)[30] 9
Korea Selatan (Gaon)[31] 90
68 68

Histori perilisan[sunting | sunting sumber]

Negara Tanggal Format Label Ref.
Variasi 10 September, 2021 [6]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "BLACKPINK's Lisa to debut solo with 'dynamic' hip-hop song". Yonhap News Agency. September 6, 2021. Diakses tanggal September 10, 2021. 
  2. ^ Ji-won, Choi (April 19, 2021). "[Exclusive] Blackpink Lisa's solo debut expected in June". The Korea Herald (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal August 28, 2021. 
  3. ^ "Blackpink's Lisa teases solo debut with cryptic Instagram posts". NME (dalam bahasa Inggris). July 25, 2021. Diakses tanggal September 6, 2021. 
  4. ^ "Blackpink's Lisa Shares 'Coming Soon' Poster Ahead of Solo Debut". Billboard (dalam bahasa Inggris). August 22, 2021. Diakses tanggal August 28, 2021. 
  5. ^ Khan, Afreen (6 September 2021). "Blackpink's Lisa drops tracklist for solo debut Lalisa". Sportskeeda (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 6 September 2021. 
  6. ^ a b "Lalisa - 리사 (Lisa)". Melon (dalam bahasa Korea). Diakses tanggal 10 September 2021. 
  7. ^ Alarilla, Joey (10 September 2021). "'Lalisa' MV: Lisa solo combines hip-hop, Thai elements". Digital Life Asia. Diakses tanggal 10 September 2021. 
  8. ^ a b c Feeney, Nolan (10 September 2021). "Blackpink's Lisa on Her Solo Debut and Stepping Up Her Rap Skills: 'I Pushed Myself'". Billboard (dalam bahasa Inggris). 
  9. ^ Jo, Hye-jin (September 10, 2021). "리사, 첫 솔로 앨범에 담은 모국 "태국풍 사운드+전통 춤 녹여" [종합]" [Lisa, home country "infuses Thai sounds + traditional dance" in her first solo album [Comprehensive]]. Xsports News (dalam bahasa Korea) – via Naver. 
  10. ^ "Key, BPM of Lalisa By Lisa". Musicstax (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 10 September 2021. 
  11. ^ Greene, Paige (10 September 2021). "'LALISA love me': Fans after BLACKPINK's Lisa owns her Thai identity in solo debut mv". Sportskeeda (dalam bahasa Inggris). 
  12. ^ "Watch: Blackpink's Lisa makes solo debut with 'Lalisa' MV". GMA News Online. September 10, 2021. Diakses tanggal September 10, 2021. 
  13. ^ Daly, Rhian (10 September 2021). "Blackpink's Lisa drops teaser for 'Lalisa' music video". NME. Diakses tanggal 8 September 2021. 
  14. ^ McIntyre, Hugh (September 13, 2021). "Blackpink's Lisa Scores One Of The Biggest YouTube Debuts Of All Time". Forbes. Diarsipkan dari versi asli tanggal September 13, 2021. Diakses tanggal September 13, 2021. 
  15. ^ "Blackpink's Lisa sets video record". Bangkok Post. September 10, 2021. Diakses tanggal September 13, 2021. 
  16. ^ Ho, Natasha (September 14, 2021). "Blackpink's Lisa is pretty savage in her record-breaking solo debut, 'Lalisa'". Young Post. Diakses tanggal 15 September 2021. 
  17. ^ Park, Allison (October 5, 2021). "'Lalisa' Review: Lisa, Taken Too Literally". The Harvard Crimson. Diakses tanggal October 5, 2021. 
  18. ^ Daly, Rhian (September 10, 2021). "Lisa's dull and empty 'Lalisa' is far from the solo debut the Blackpink rapper deserves". NME. 
  19. ^ a b Park, Soo-jin. "Lalisa". IZM (dalam bahasa Korea). Diakses tanggal November 18, 2021. 
  20. ^ McMullen, Chase (September 10, 2021). "Blackpink's Lisa bleeds confidence on her dominant first solo single "Lalisa"". Beats Per Minute. Diakses tanggal September 15, 2021. 
  21. ^ McIntyre, Hugh (November 10, 2021). "Blackpink's Lisa Now Claims The Longest-Charting Hits By A K-Pop Soloist On Billboard's Global Chart". Forbes. Diakses tanggal November 10, 2021. 
  22. ^ "Blackpink's Lisa To Perform Her Solo Single 'LALISA' on the Tonight Show, View Tweet That's Got Fans Super-Excited!". Yahoo! Singapore (dalam bahasa Inggris). September 4, 2021. Diakses tanggal September 6, 2021. 
  23. ^ "블랙핑크 리사, 女 솔로 새 역사 예고…'LALISA' 기대 요인" [BLACKPINK's Lisa to announce a new history of female solo... 'LALISA' Expectations]. The Fact (dalam bahasa Korea). September 9, 2021. Diakses tanggal November 16, 2021. 
  24. ^ Kim, Mi-ji (September 25, 2021). '음악중심' NCT 127, 'Sticker'로 1위…MC 정우 "팬들이 원한 그림"[종합] ['Music Core' NCT 127, wins 1st with 'Sticker'... MC Jung-woo "The picture the fans wanted" [Comprehensive]]. X Sport News (dalam bahasa Korea). Diakses tanggal September 25, 2021 – via Naver. 
  25. ^ Kim, Yu-jin (September 26, 2021). 이무진, '신호등'으로 출연 없이 1위…양요섭·ITZY 컴백 (인기가요)[종합] [Lee Mu-jin, 'Traffic Light' wins 1st place without appearance... Yang Yo-seob·ITZY comeback (Inkigayo) [General]]. X Sport News (dalam bahasa Korea). Diakses tanggal September 26, 2021 – via Naver. 
  26. ^ Oh, Yoon-joo (September 17, 2021). 리사, 출연 없이 '뮤직뱅크' 1위…에이티즈·원호 등 컴백 [종합] [Lisa wins 1st place on 'Music Bank' without appearing... ATEEZ, Wonho, etc. [Comprehensive]]. My Daily (dalam bahasa Korea). Diakses tanggal September 17, 2021 – via Naver. 
  27. ^ "IRMA – Irish Charts". Irish Recorded Music Association. Diakses tanggal September 18, 2021. 
  28. ^ "Billboard Japan Hot 100". Billboard Japan. September 15, 2021. Diakses tanggal September 15, 2021. 
  29. ^ "2021 37-os savaitės klausomiausi (Top 100)" (dalam bahasa Lithuanian). AGATA. September 17, 2021. Diakses tanggal September 17, 2021. 
  30. ^ "NZ Hot Singles Chart". Recorded Music NZ. September 20, 2021. Diakses tanggal September 18, 2021. 
  31. ^ "Digital Chart – Week 37 of 2021". Gaon Chart (dalam bahasa Korea). Diakses tanggal September 16, 2021. 
  32. ^ "Official Singles Chart Top 100". Official Charts Company. Diakses tanggal September 17, 2021.