On the Ground

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
"On the Ground"
Singel oleh Rosé
dari album R
Dirilis12 Maret 2021 (2021-03-12)
StudioThe Black Label (Seoul)
Genre
Durasi2:48
Label
Pencipta
Produser
Kronologi singel Rosé
"On the Ground"
(2021)
"Gone"
(2021)
Video musik
"On the Ground" di YouTube

On the Ground adalah single debut oleh penyanyi Korea-Selandia Baru dan anggota Blackpink, Rosé. Album ini dirilis pada 12 Maret 2021 oleh YG Entertainment sebagai single utama dari album single debutnya, R. Ini ditulis oleh Rosé bersama Amy Allen, Raúl Cubina, Jon Bellion, Jorgen Odegard dan Teddy Park, dan diproduksi oleh tiga yang terakhir. bersama Ojivolta dan 24. Lagu ini adalah lagu elektropop dan pop dengan elemen synth-pop dan irama yang terinspirasi EDM, dilengkapi dengan gitar sederhana. Liriknya mencerminkan kebangkitan Rosé menjadi terkenal, dari bernyanyi dan bermain piano di rumah masa kecilnya hingga terbang ke Korea Selatan dan membentuk salah satu aksi terbesar K-pop.

Video musik yang menyertainya, disutradarai oleh Han Sa-min, ditayangkan pada hari yang sama dengan perilisan lagu. Setelah dirilis, video musik tersebut memecahkan beberapa rekor YouTube untuk artis solo Korea, termasuk penayangan perdana yang paling banyak ditonton dan paling banyak dilihat dalam waktu 24 jam untuk video musik, mengumpulkan 41,6 juta penayangan pada waktu itu. Lagu ini memuncak di nomor 15 di Korea Selatan, nomor 31 di Australia, nomor 43 di Inggris, dan nomor 70 di Billboard Hot 100 AS, menjadi lagu dengan charting tertinggi oleh solois wanita Korea di AS dan Inggris. Lagu ini juga memulai debutnya dan memuncak di nomor 1 di Global 200 dan tanggal lagu Global Excl. U.S., lagu pertama oleh artis solo Korea yang melakukannya dalam sejarah tangga lagu.

Untuk mempromosikan "On the Ground", penyanyi tersebut muncul dan tampil di beberapa program musik Korea Selatan termasuk M! Countdown, Inkigayo, dan Show! Music Core.

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Pada 30 Desember 2020, dalam sebuah wawancara dengan outlet media Korea Selatan Osen, Rosé mengungkapkan bahwa syuting untuk video musik debutnya akan dimulai pada pertengahan Januari 2021.[1] Pada 25 Januari 2021, teaser berdurasi 33 detik berjudul "Coming Soon" diunggah ke saluran YouTube resmi Blackpink dan menampilkan Rosé menyanyikan cuplikan dari lagu yang tidak diketahui.[2] Label Rosé, YG Entertainment mengungkapkan bahwa dia telah "menyelesaikan semua syuting untuk video musik lagu utama album solonya pada pertengahan Januari", dan perilisannya akan "pasti berbeda dari gaya musik Blackpink yang biasa".[3] Pada 2 Maret 2021, diumumkan bahwa Rosé akan memulai proyek solonya pada 12 Maret, menjadikannya anggota Blackpink pertama yang merilis materi solo sejak Jennie "Solo" pada November 2018. Keesokan harinya, poster teaser baru mengungkap nama dari single utama, "On the Ground", untuk pertama kalinya.[4][5] Teaser video musik pertama untuk "On the Ground" dirilis pada 7 Maret.[6][7][8] Pada 8 Maret, YG mengungkapkan daftar lagu album, yang mengonfirmasi kontribusi penulisan lagu pertama kali dari Rosé pada lagu utama.[9] Pada 9 Maret, teaser video musik kedua untuk lagu utama dirilis.[10] "On the Ground" dirilis untuk unduhan dan streaming digital sebagai singel utama dari R pada 12 Maret 2021, oleh YG Entertainment.[11]

Komposisi[sunting | sunting sumber]

On the Ground ditulis oleh Rosé bersama Amy Allen, Raúl Cubina, Jon Bellion, Jorgen Odegard dan Teddy Park, dan diproduksi oleh tiga orang terakhir bersama Ojivolta dan 24. Lagu ini adalah lagu elekropop dan pop dengan elemen synth-pop dan ketukan yang terinspirasi EDM, dilengkapi dengan gitar sederhana.[12][13][14][15][16] Lagu ini menampilkan syair-syair melodi yang halus disertai dengan vokal "nafas", paduan suara yang menawarkan pukulan dance-pop, jembatan malaikat, dan nada tinggi Rosé di akhir.[16][17] Lagu ini melihat Rosé merefleksikan hidupnya sebagai superstar K-pop global dan dia menyadari bahwa apa yang benar-benar penting dalam hidupnya sudah ada di dalam dirinya. Dalam hal notasi musik, lagu tersebut disusun dalam kunci C mayor, dengan tempo 189 ketukan per menit, dan berlangsung selama dua menit empat puluh delapan detik. Lagu ini melihat Rosé merefleksikan hidupnya sebagai superstar K-pop global dan dia menyadari bahwa apa yang sebenarnya penting dalam hidupnya sudah ada di dalam dirinya.[16] Ashlee Mitchell dari MTV mencatat bahwa On the Ground memberikan "kontras yang sempurna, mengambil sikap yang lebih percaya diri, mengingatkan pendengar akan pentingnya menjadi diri sendiri."

Pada dasarnya lagu itu tentang mencari jawaban dalam hidup, untuk tujuan hidup, dan saya merasa orang-orang, terutama hari ini, dapat menghubungkannya dengan itu. Terkadang ketika Anda selalu seperti itu, Anda agak lupa untuk mengurus apa yang sebenarnya paling penting bagi Anda, dan itu hanya sebuah lagu yang mengatakan bahwa semua yang kita butuhkan sudah ada di dalam diri kita. Tidak perlu keluar dan mencarinya.

— Rosé tentang arti lagu.[18]

Penerimaan kritis[sunting | sunting sumber]

Setelah perilisan "On the Ground", lagu tersebut mendapat ulasan yang umumnya positif dari para kritikus musik. Ashlee Mitchell dari MTV mencatat bahwa "On the Ground" memberikan "kontras yang sempurna, mengambil sikap yang lebih percaya diri, mengingatkan pendengar akan pentingnya jujur pada diri sendiri."[11] Menulis untuk Beats Per Minute, JT Early menggambarkan lagu tersebut sebagai sebuah "lagu yang menyenangkan tentang menyadari apa yang penting."[12] Madison Murray dari Young Hollywood menggambarkan lagu tersebut sebagai "lagu yang menguatkan tentang pengalaman Rosé dalam sorotan dan bagaimana dia mempelajari kekuatan batinnya yang sebenarnya."[13] Menulis untuk NME, Rhian Daly menggambarkan lagu itu sebagai "lagu pop yang berangin, EDM".[16] Jo Ji-Hyun dari IZM memberi lagu tersebut peringkat bintang tiga, memuji "pesan lembut dan kuat" dan mencatat vokal Rosé untuk "menciptakan tingkat kelengkapan yang lebih tinggi."[19] Divyansha Dongre dari versi India dari Rolling Stone menggambarkan "On the Ground" sebagai "lagu pop elektrik dengan riff gitar yang catchy dan desain set yang indah."[14] Alice Bailey, pengulas majalah mode Prancis Elle, menyebut lagu itu "menggerakkan, indah, dan penuh lirik. -deep lead single."[20] Anna Chan dari Billboard menggambarkannya sebagai "lagu yang memberdayakan dan penuh perhatian tentang menemukan tujuan dalam diri Anda."[21]

Daftar akhir tahun[sunting | sunting sumber]

Majalah Billboard menempatkan lagu tersebut di nomor 39 dalam daftar 50 Lagu Terbaik 2021 Sejauh ini, menyatakan bahwa "Jika Anda tidak bisa mendapatkan cukup Blackpink pada akhir 2020, Rosé ada di sini untuk melayani pada awal 2021."[21] Tamar Herman dari South China Morning Post memilih "On the Ground" sebagai salah satu dari 10 lagu terbaik tahun 2021, menulis: "Proyek solo pertama vokalis Blackpink ini dimulai dengan menjanjikan lagu pop akustik introspektif, kemudian berubah menjadi lagu elektrik reflektif yang mengilustrasikan vokal bersih Rosé."[22]

Kritik/Publikasi Daftar Pangkat
Billboard The 50 Best Songs of 2021 So Far 39
SCMP Best K-pop songs of 2021 so far N/A

Kinerja komersial[sunting | sunting sumber]

Di Amerika Serikat, On the Ground memulai debutnya dan mencapai nomor 70 di Billboard Hot 100 AS, menjadi lagu dengan charting tertinggi oleh solois wanita Korea di AS. Lagu ini juga memulai debutnya dan memuncak di nomor 1 di Global 200 dengan 92,1 juta aliran global dan 29.000 unduhan global terjual dan di Global Excl. U. S., yang pertama melakukannya dalam sejarah bagan. Di Inggris, On the Ground memulai debutnya dan mencapai nomor 43 di UK Singles Chart, sekaligus menjadi lagu dengan charting pertama dan tertinggi oleh artis solo wanita Korea di tangga lagu. Demikian pula, lagu itu mendarat di nomor 3 di chart New Zealand Hot Singles, nomor 49 di Irish Singles Chart, dan nomor 31 di ARIA Charts Australia, menjadi lagu penyanyi pertama yang masuk tangga lagu di negara-negara ini.

Di Korea Selatan, lagu debutnya di nomor lima belas di Gaon Digital Chart pada minggu kesebelas (7-13 Maret), dengan kurang dari dua hari pelacakan. Minggu berikutnya, lagu tersebut masuk sepuluh besar dengan "Gone" dan memuncak di nomor empat, menandai sepuluh besar entri solo pertamanya di negara tersebut. Lagu tersebut juga berhasil memuncaki nomor satu di Singapura dan Malaysia.

Video musik[sunting | sunting sumber]

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Video musik untuk lagu tersebut disutradarai oleh Han Sa-min[23] dan diunggah ke saluran YouTube resmi Blackpink bersamaan dengan perilisan album tunggal. Setelah dua belas jam, video musik mencapai 23 juta tampilan, menjadikannya video musik tercepat oleh seorang solois yang mencapai 20 juta tampilan dalam sejarah K-pop.[24] Saat video tersebut ditayangkan perdana pada pukul 00.00 EST, video tersebut mengumpulkan lebih dari 1,2 juta puncak penonton secara bersamaan.[25] Dengan 41,6 juta penayangan dalam waktu 24 jam, "On the Ground" memegang gelar sebagai video musik Korea yang paling banyak dilihat oleh seorang solois dalam 24 jam di YouTube, memecahkan rekor hampir delapan tahun yang dipegang oleh Psy dengan lagunya "Gentleman".[25] Video musik menjadi yang tercepat untuk mencapai 100 juta penayangan untuk artis solo wanita, melakukannya dalam tujuh hari setelah rilis.[25][26] Video di balik layar diunggah sehari setelah video musik pada 13 Maret 2021.[27] Video latihan menari diunggah pada 23 Maret. Di dalamnya, penyanyi tersebut didampingi oleh penari latar yang semuanya mengenakan pakaian serba hitam yang sama.[28] Video berdurasi 3 menit ini memiliki lebih dari 156 juta tampilan dan 8 juta suka pada 27 April 2021.

Ringkasan[sunting | sunting sumber]

Video dimulai dengan Rosé duduk di kamar tidur, ketika lampu gantung jatuh dari langit-langit.[18] Adegan berikutnya menampilkan Rosé meninggalkan teater mengenakan bodysuit hitam dengan kereta panjang berbulu, lengan puffer hitam besar dan sepatu bot setinggi lutut.[29][30] Penyanyi itu kemudian ditampilkan berlari dengan bodysuit berbulu dan rok mini acak-acakan, sementara sekering listrik menyala di latar belakang.[30] Selanjutnya, penyanyi itu terlihat mengenakan gaun pesta lavender ruched dan jaket bulu berwarna krem sambil duduk di belakang mobil dan tampak melamun ke luar jendela mobil.[31] Kemudian dalam video tersebut penyanyi tersebut ditampilkan serba hitam disertai oleh enam klon Rosé yang mengenakan gaun putih. Mereka berdiri di atas tanda yang bertuliskan "Roses are Dead, Love is Fake."[18][30] Kemudian video musik menampilkan Rosé di rumah masa kecilnya, mengagumi dirinya yang dulu terkenal, Roseanne dalam balutan kardigan lembut, potongan denim- off celana pendek, dan t-shirt, bermain piano.[30][32] Saat lagu ditutup, penyanyi itu mengenakan gaun acak-acakan berwarna pink, sambil mengapung di hamparan bunga.[30][33] Di bagian akhir, penyanyi tersebut diperlihatkan berpose dengan latar belakang limusin yang menyala

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Rekor dunia untuk "On the Ground
Tahun Organisasi Kategori
2021 Guinness World Records Artis pertama untuk meraih nomor pertama di Billboard Global 200 sebagai solois dan sebagai bagian dari grup
Video musik YouTube yang paling banyak ditonton dalam waktu 24 jam oleh artis solo K-Pop
Penghargaan program musik
Acara Saluran Tanggal
Show Champion MBC M 24 Maret 2021
M Countdown Mnet 25 Maret 2021
8 April 2021
Music Bank KBS 26 Maret 2021
Show! Music Core MBC 27 Maret 2021
Inkigayo SBS 28 Maret 2021

Pertunjukan langsung[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 14 Maret 2021, Rosé menampilkan "Gone" dan "On the Ground" di SBS Inkigayo.[34] Pada 16 Maret, Rosé menampilkan single di The Tonight Show Starring Jimmy Fallon, membuat penampilan solo pertamanya dia di acara televisi Amerika.[35] Dalam penampilan Rosé terlihat dalam klip hitam-putih yang menemukannya dengan mudah melakukan lagu sambil berlari melalui koreografi yang rumit dengan berbagai penari latar.[15] Pada tanggal 18 Maret 2021, penyanyi tersebut membawakan lagu tersebut di M Countdown. Penyanyi itu membawakan lagu di Show! Music Core pada 20 Maret. Lagu itu dibawakan lagi di Inkigayo pada 21 Maret.[36][37][38][39][40] Pada tanggal 30 Maret, Rosé menampilkan "On the Ground" di acara pagi Sukkiri di saluran Jepang Nippon TV.[37]

Versi cover[sunting | sunting sumber]

Pada 11 Mei, Brie Larson memposting lagu akustik single penyanyi Korea tersebut di kedua akun media sosialnya, dengan keterangan yang berbunyi: "A little ROSÉ magic for you". Rosé menunjukkan apresiasinya melalui Instagram Stories-nya, menambahkan emoji hati di atas video.

Kredit dan personel[sunting | sunting sumber]

  • Rosé–vocal utama, penulis
  • Amy Allen–penulis
  • Jon Bellion–produser, penulis
  • Jorgen Odegard–produser, penulis
  • Raúl Cubina–penulis
  • Teddy Park–produser, penulis
  • 24–produser
  • Ojivalta–produser
  • Josh Gudwin–mixing
  • Randy Merrill–mastering
  • Yongin Choi–perekam

Bagan[sunting | sunting sumber]

History perilisan[sunting | sunting sumber]

Negara Tanggal Format Label
Berbagai 12 March 2021

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "[단독] 블랙핑크 로제, 드디어 솔로출격..1월중순 뮤비 촬영 '콘서트+앨범준비 열일'". Osen (dalam bahasa Korea). Diarsipkan dari versi asli tanggal 30 December 2020. Diakses tanggal 23 March 2020 – via Naver. 
  2. ^ Mamo, Heran (25 January 2021). "Blackpink's Rosé Teases Her Solo Music Ahead of Their Livestream Concert". Billboard (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 26 January 2021. Diakses tanggal 23 March 2021. 
  3. ^ Jeong, Lucy (8 February 2021). "Blackpink go solo: which member is releasing what, when". South China Morning Post (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2 March 2021. Diakses tanggal 23 March 2021. 
  4. ^ Philips, Lucy (4 March 2021). "Blackpink's Rosé is set to release her debut solo single 'On The Ground' next week". Dork. Diarsipkan dari versi asli tanggal 4 March 2021. Diakses tanggal 5 March 2021. 
  5. ^ Ji Eun, Jung (4 March 2021). "블랙핑크 로제 솔로 컴백 'On The Ground'". Naver. Diarsipkan dari versi asli tanggal 5 March 2021. Diakses tanggal 5 March 2021. 
  6. ^ "Rosé - 'On The Ground' M/V Teaser". Blackpink. 7 March 2021. Diarsipkan dari versi asli tanggal 7 March 2021. Diakses tanggal 7 March 2021. 
  7. ^ Hye-yeon, Jeong (8 March 2021). "블랙핑크 로제, 솔로곡 'On The Ground' 뮤비 티저 공개..우아美 폭발". Naver. Diarsipkan dari versi asli tanggal 8 March 2021. Diakses tanggal 8 March 2021. 
  8. ^ Ramli, Sofiana (8 March 2021). "Blackpink's Rosé shares video teaser for upcoming solo single, 'On The Ground'". NME. Diarsipkan dari versi asli tanggal 5 March 2021. Diakses tanggal 8 March 2021. 
  9. ^ "Blackpink's Rosé Gets Fancy for 'On the Ground' Music Video Teaser". Billboard (dalam bahasa Inggris). 8 March 2021. Diarsipkan dari versi asli tanggal 9 March 2021. Diakses tanggal 9 March 2021. 
  10. ^ Ramli, Sofiana (10 March 2021). "Blackpink's Rosé shares new video teaser for upcoming solo single, 'On The Ground'". NME. Diarsipkan dari versi asli tanggal 5 March 2021. Diakses tanggal 10 March 2021. 
  11. ^ a b Mitchell, Ashlee (17 March 2021). "Rosé is 'on the Ground' and Looking Up". MTV. Diarsipkan dari versi asli tanggal 19 March 2021. Diakses tanggal 20 March 2021. 
  12. ^ a b Early, JT (12 March 2021). "BLACKPINK'S ROSÉ EXPLORES HUMILITY AND HEARTBREAK ON HER DEBUT SOLO TRACKS "ON THE GROUND" AND "GONE"". Beats Per Minute. Diakses tanggal 18 April 2021. 
  13. ^ a b Murray, Madison (16 March 2021). "Blackpink's Rosé Shows Off Her Growth as an Artist with 2-Track Solo EP 'R'!". Young Hollywood. Diarsipkan dari versi asli tanggal 16 March 2021. Diakses tanggal 17 March 2021. 
  14. ^ a b Dongre, Divyansha (12 March 2021). "Blackpink's Rosé Makes Solo Debut With Poignant 'On The Ground'". Rolling Stone India. Diarsipkan dari versi asli tanggal 14 March 2021. Diakses tanggal 12 March 2021. 
  15. ^ a b Blistein, Jon (17 March 2021). "Blackpink's Rosé Breezes Through Elaborate 'On the Ground' Performance on 'Fallon". Rolling Stone. Diarsipkan dari versi asli tanggal 17 March 2021. Diakses tanggal 18 March 2021. 
  16. ^ a b c d Daly, Rhian (12 March 2021). "Blackpink's Rosé takes things back to basics on captivating solo debut, 'R'". NME. Diarsipkan dari versi asli tanggal 12 March 2021. Diakses tanggal 12 March 2021. 
  17. ^ Myer, Maddy (12 March 2021). "Blackpink's Rosé Drops "On the Ground" Music Video, New Song "Gone"". Teen Vogue. Diarsipkan dari versi asli tanggal 12 March 2021. Diakses tanggal 13 March 2021. 
  18. ^ a b c Okwodu, Janelle (12 March 2021). "Blackpink's Rosé Goes Solo in Style With Her "On the Ground" Video". Vogue (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 12 March 2021. Diakses tanggal 20 March 2021. 
  19. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama :1
  20. ^ "Rosé's 'On The Ground' Lyrics Are A Candid Reflection On Fame And Life's True Purpose". Elle. March 12, 2021. Diakses tanggal June 23, 2021. 
  21. ^ a b "The 50 Best Songs of 2021 So Far: Staff Picks". Billboard. June 8, 2021. Diakses tanggal June 8, 2021. 
  22. ^ "Best K-pop songs of 2021 so far: BTS, Rosé, IU, Baekhyun, Everglow and more". SCMP. June 16, 2021. Diakses tanggal June 28, 2021. 
  23. ^ "Rosé - On The Ground" (dalam bahasa Korea). YG, Sa Min Han. 15 March 2021. Diarsipkan dari versi asli tanggal 24 March 2021. Diakses tanggal 16 March 2021 – via Vimeo. 
  24. ^ Munzenrieder, Kyle (12 March 2021). "Rosé's "On The Ground" Video Has Glam Fashion, Casual Record Breaking". W Magazine (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 15 March 2021. Diakses tanggal 18 March 2021. 
  25. ^ a b c Byung-gil, Ahn (20 March 2021). "로제 MV 1억뷰…신기록 행진ing [공식]". SportsTrend (dalam bahasa Korea). Diarsipkan dari versi asli tanggal 20 March 2021. Diakses tanggal 20 March 2021. 
  26. ^ Lee, Seung-hoon (16 March 2021). 로제, 'On The Ground' 뮤비 24시간 최다 조회수 갱신..8년 만에 신기록 [공식] [[Official] Rosé,"On The Ground" MV recorded the most views in 24 hours.A new record in 8 years]. Osen (dalam bahasa Korea). Diarsipkan dari versi asli tanggal 16 March 2021. Diakses tanggal 16 March 2021. 
  27. ^ Blackpink (13 March 2021). "Rosé - 'On The Ground' M/V Making film". Diarsipkan dari versi asli tanggal 24 March 2021. Diakses tanggal 18 March 2021 – via YouTube. 
  28. ^ Lee, Cydney (23 March 2021). "Rosé Dances 'On the Ground' for Laid-Back Performance Video". Billboard (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 24 March 2021. Diakses tanggal 23 March 2021. 
  29. ^ Ramil, Sofiana (10 March 2021). "Blackpink's Rosé shares new video teaser for upcoming solo single, 'On The Ground'". NME (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 5 March 2021. Diakses tanggal 20 March 2021. 
  30. ^ a b c d e Khan, Aamina (12 March 2021). "Blackpink's Rosé's "On the Ground": 10 Looks from the Music Video". Teen Vogue (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 24 March 2021. Diakses tanggal 20 March 2021. 
  31. ^ "Blackpink's Rosé Gets Fancy for 'On the Ground' Music Video Teaser". Billboard. Diarsipkan dari versi asli tanggal 9 March 2021. Diakses tanggal 21 March 2021. 
  32. ^ "Rosé Steps Out of Blackpink for a Sparkling Solo Debut". Rolling Stone. Diarsipkan dari versi asli tanggal 21 March 2021. Diakses tanggal 21 March 2021. 
  33. ^ "Blackpink's Rose makes solo debut with 'On the Ground'". Upi. Diarsipkan dari versi asli tanggal 20 March 2021. Diakses tanggal 21 March 2021. 
  34. ^ Lee, Minji (12 March 2021). "Blackpink's Rose says songs for debut solo album 'R' came like fate". Yonhap News Agency (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 18 March 2021. Diakses tanggal 16 March 2021. 
  35. ^ Hyo-jin, Jeon (10 March 2021). "블랙핑크 로제, 美 '지미 팰런쇼' 출연 [공식]". Naver. Diarsipkan dari versi asli tanggal 10 March 2021. Diakses tanggal 11 March 2021. 
  36. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama :2
  37. ^ a b Yang, Haley (30 March 2021). "Rosé sits down for interview on 'The Kelly Clarkson Show'". KoreaJoongAngDaily. Diakses tanggal 25 April 2021. 
  38. ^ Hae-seon, Han (21 March 2021). "임영웅, 로제·아이유 꺾고 '음악중심' 1위..."영웅시대 감사"". Naver. Diarsipkan dari versi asli tanggal 24 March 2021. Diakses tanggal 21 March 2021. 
  39. ^ Hye-jeon, Jeong (27 March 2021). "'음악중심' 로제, 아이유·임영웅 꺾고 1위.."테디 오빠 고마워"[종합]". Heraldpop. Diarsipkan dari versi asli tanggal 27 March 2021. Diakses tanggal 28 March 2021. 
  40. ^ Han-byul, Jeong (28 March 2021). "'인기가요' 블랙핑크 로제 "과분한 사랑 감사" 1위 소감". Heraldpop. Diarsipkan dari versi asli tanggal 28 March 2021. Diakses tanggal 28 March 2021. 
  41. ^ "Australian-charts.com – Rosé – On the Ground". ARIA Top 50 Singles. Diakses tanggal 19 March 2021.
  42. ^ "Ultratop.be – Rosé – On the Ground" (dalam bahasa Belanda). Ultratip. Diakses tanggal 9 April 2021.
  43. ^ "Billboard Canadian Hot 100 Chart: March 27, 2021". Billboard. Diarsipkan dari versi asli tanggal 24 March 2021. Diakses tanggal 23 March 2021. 
  44. ^ "Euro Digital Song Sales–March 27, 2021". Billboard. Diakses tanggal April 27, 2021. 
  45. ^ Trust, Gary (22 March 2021). "Rose's 'On the Ground' Blasts In Atop Both Billboard Global Charts". Billboard. Diarsipkan dari versi asli tanggal 22 March 2021. Diakses tanggal 22 March 2021. 
  46. ^ "Archívum – Slágerlisták – MAHASZ" (dalam bahasa Hungaria). Single (track) Top 40 lista. Magyar Hanglemezkiadók Szövetsége. Diakses tanggal 26 March 2021.
  47. ^ "Official Irish Singles Chart Top 50". Official Charts Company. Diakses tanggal 19 March 2021.
  48. ^ "Billboard Japan Hot 100 | Charts". Billboard Japan Hot 100 (dalam bahasa Jepang). Diarsipkan dari versi asli tanggal 18 May 2019. Diakses tanggal 26 March 2021. 
  49. ^ "2021 11-os SAVAITĖS (kovo 12-18 d.) SINGLŲ TOP100" [2021 11th week’s top 100 most listened] (dalam bahasa Lituavi). AGATA. 19 March 2021. Diarsipkan dari versi asli tanggal 19 March 2021. Diakses tanggal 23 March 2021. 
  50. ^ "Top 20 Most Streamed International + Domestic song Week 11 (12/03/21 - 18/03/21)" (dalam bahasa English). Instagram. 27 March 2021. Diarsipkan dari versi asli tanggal 29 March 2021. Diakses tanggal 27 March 2021. 
  51. ^ "Mexico Airplay"Perlu langganan berbayar. Billboard. April 24, 2021. Diakses tanggal April 27, 2021. 
  52. ^ "NZ Hot Singles Chart". Recorded Music NZ. 22 March 2021. Diarsipkan dari versi asli tanggal 24 March 2021. Diakses tanggal 20 March 2021. 
  53. ^ "Portuguesecharts.com – Rosé – On the Ground". AFP Top 100 Singles. Diakses tanggal 27 March 2021.
  54. ^ "RIAS International Top Charts Week 11". Recording Industry Association (Singapore). Diarsipkan dari versi asli tanggal March 23, 2021. 
  55. ^ "2021년 12주차 Digital Chart". Gaon Chart (dalam bahasa Korea). 14–20 March 2021. Diakses tanggal 25 March 2021. 
  56. ^ "Korea Kpop Hot 100 Chart". Billboard. Diarsipkan dari versi asli tanggal 24 March 2021. Diakses tanggal 24 March 2021. 
  57. ^ @billboardcharts (22 March 2021). "#Rosé's "On The Ground" debuts at No. 70 on this week's #Hot100" (Tweet). Diakses tanggal 23 March 2021 – via Twitter. 
  58. ^ 2021년 3월 Digital Chart [March 2021 Digital Chart] (dalam bahasa Korea). Gaon Music Chart. Diakses tanggal April 7, 2021. 
  59. ^ "2021년 상반기 Digital Chart". Gaon Chart. Diarsipkan dari versi asli tanggal July 9, 2021. Diakses tanggal July 9, 2021.