Lompat ke isi

Lalat serdak

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lalat serdak
Periode Late Jurassic–Recent
Coniopterygidae Edit nilai pada Wikidata
Taksonomi
SuperkerajaanHolozoa
KerajaanAnimalia
FilumArthropoda
KelasInsecta
OrdoNeuroptera
FamiliConiopterygidae Edit nilai pada Wikidata
Subfamilies
Aleuropteryginae

Brucheiserinae
Coniopteryginae

and see text

Lalat serdak, Coniopterygidae, (dustywing) adalah famili Pterygota (serangga bersayap) dari ordo serangga bersayap jaring ( Neuroptera ). Sekitar 460 spesies hidup diketahui. [1] Serangga kecil ini biasanya dapat ditentukan genusnya dengan lensa tangan berdasarkan venasi sayapnya, namun untuk membedakan spesies biasanya diperlukan pemeriksaan alat kelamin dengan mikroskop .

Deskripsi dan ekologi[sunting | sunting sumber]

Secara umum, serangga dewasa tidak seperti lalat jaring lainnya. Karena ukurannya yang kecil - lebar sayapnya antara 1,8 dan 5 milimeter - dan sayapnya yang berwarna kecoklatan bening biasanya ditutupi dengan debu sisik lilin berwarna keputihan, mereka mungkin pada awalnya disalahartikan sebagai kutu kebul ( Aleyrodidae ). Namun kutu kebul adalah serangga sejati (Sternorrhyncha), yang hanya berkerabat jauh dengan lalat jaring. Ciri pembeda yang mudah dikenali untuk membedakan lalat putih dari lalat serdak adalah, seperti banyak Neuroptera lainnya, lalat serdak membawa sayapnya hampir berdampingan saat istirahat, sedangkan kutu kebul membawanya hampir rata di punggung. Tidak ada lebih dari dua urat melintang di bidang kosta, dan sedikit urat melintang secara umum - unik di antara serangga bersayap jaring yang masih hidup, lalat serdak sebenarnya tidak memiliki venasi "bersayap jaring". Beberapa Coniopterygidae, seperti genus Conwentzia, hanya mempunyai sisa sayap belakang; yang lainnya, seperti betina Helicoconis, sama sekali tidak bersayap.

Lalat serdak sangat terkait dengan tanaman berkayu, di sekitar tempat mereka biasanya menghabiskan seluruh hidupnya. [2] Betina menyimpan telurnya sendiri-sendiri pada kulit kayu atau daun . Larva lalat serdam berukuran sekitar 3,5 mm panjang. Mulut mereka terdiri dari tabung penghisap pendek dan lurus yang ditutupi oleh labrum ("bibir" atas). Mereka bersifat krepuskular dan tinggal di semak-semak dan pepohonan, tempat mereka memakan invertebrata kecil seperti serangga skala, kutu daun dan tungau, serta telur artropoda ; tabung mulut digunakan untuk menyedot cairan dari mangsanya. Biasanya ada dua generasi setiap tahun.

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Engel & Grimaldi (2007)
  2. ^ Engel & Grimaldi (2007)