Kuwe totol biru

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kuwe totol biru
Caranx bucculentus
Status konservasi
Risiko rendah
IUCN20430510
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasActinopteri
OrdoPerciformes
FamiliCarangidae
GenusCaranx
SpesiesCaranx bucculentus
Distribusi

Kuwe totol biru ( Caranx bucculentus ), juga dikenal sebagai meye, adalah spesies ikan laut berukuran sedang dalam keluarga kuwe, Carangidae . Ikan kuwe totol biru tersebar di Samudera Hindia timur dan Pasifik barat tropis, mulai dari Taiwan di utara hingga Australia di selatan. Ini adalah spesies perairan pantai, ditemukan di lingkungan berpasir, berlumpur dan padang lamun, seringkali di teluk besar. Ikan selar bintik biru dibedakan dengan bintik-bintik biru tua di tubuh bagian atas, serta sejumlah ciri anatomi yang lebih detail. Ia adalah predator bentopelagis, memakan berbagai jenis krustasea termasuk kepiting dan udang saat masih remaja, sebelum beralih ke pola makan yang lebih didominasi ikan saat dewasa. Ini adalah salah satu predator paling umum di Teluk Carpentaria di Australia utara, dan dianggap sebagai predator terpenting bagi spesies udang yang penting secara komersial. Kematangan seksual dicapai pada usia 110 panjangnya mm dan berumur satu tahun, dengan pemijahan terjadi sepanjang tahun dengan puncaknya pada musim semi. Pertumbuhan diperkirakan 82,2 mm per tahun untuk kedua jenis kelamin, mencapai panjang maksimum yang diketahui sebesar 66 cm. Ikan selar bluespotted biasanya diambil sebagai tangkapan sampingan dalam perikanan udang, namun nilai komersialnya kecil dan sering kali dibuang. Kadang-kadang mereka ditangkap oleh pemancing dengan umpan dan kail, tetapi dianggap ikan pangan biasa-biasa saja.

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Kuwe totol biru adalah ikan berukuran sedang, tumbuh hingga panjang maksimum yang diketahui yaitu 66 ekor cm. [2] Ia memiliki karakteristik bentuk tubuh dari banyak spesies Caranx yang lebih besar, memiliki bentuk lonjong yang sangat padat dengan profil punggung, terutama di bagian anterior, jauh lebih cembung daripada profil perut . [3] Sirip punggung terdiri dari dua bagian yang berbeda, yang pertama terdiri dari delapan duri sedangkan yang kedua memiliki satu duri dan 18 atau 19 jari lunak . Sirip dubur terdiri dari dua duri terpisah di bagian anterior diikuti oleh satu duri dan 15 hingga 17 duri lunak, [3] sedangkan sirip perut memiliki 1 duri diikuti oleh 18 duri lunak. [4] Gurat sisi spesies melengkung sangat kuat dalam jangka pendek, menjadi lurus sebelum titik asal sirip punggung kedua, dengan bagian lurus ini 2,5 kali panjang bagian melengkung. Bagian melengkung berisi 40 hingga 50 sisik sedangkan bagian lurus tidak berisi sisik, melainkan 33 hingga 39 sisik kuat. [4] Dadanya telanjang di bagian perut, dengan area ini memanjang hingga ke belakang pangkal sirip perut dan secara diagonal hingga ke pangkal sirip dada . Mata mempunyai kelopak mata adiposa posterior yang berkembang cukup baik yang biasanya meluas ke tepi posterior pupil. Rahang atas memiliki deretan gigi taring yang kuat di bagian luar dan gigi viliformis di bagian dalam, sedangkan rahang bawah hanya memiliki satu gigi berbentuk kerucut. Spesies ini mempunyai total 26 hingga 31 penyapu insang dan 24 ruas tulang belakang . [3]

Kuwe totol biru berwarna hijau zaitun pucat di bagian atas, memudar menjadi putih keperakan di bagian bawah, dengan ikan dewasa memiliki banyak bintik biru kecil di bagian atas tubuhnya. Ujung atas opercle mempunyai bintik hitam yang besar, dan bintik hitam juga terdapat di pangkal atas sirip dada. Semua siripnya berwarna kuning hijau. [5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Smith-Vaniz, W.F.; Carpenter, K.E.; Motomura, H.; Larson, H.; Matsuura, K. (2018). "Caranx bucculentus". 2018: e.T20430510A67871515. doi:10.2305/IUCN.UK.2018-2.RLTS.T20430510A67871515.en. 
  2. ^ Randall, John Ernest; Roger C. Steene; Gerald R. Allen (1997). Fishes of the Great Barrier Reef and Coral Sea. University of Hawaii Press. hlm. 161. ISBN 0-8248-1895-4. 
  3. ^ a b c Carpenter, Kent E.; Volker H. Niem, ed. (2001). FAO species identification guide for fishery purposes. The living marine resources of the Western Central Pacific. Volume 5. Bony fishes part 3 (Menidae to Pomacentridae) (PDF). Rome: FAO. hlm. 2684. ISBN 92-5-104587-9. 
  4. ^ a b Lin, Pai-Lei; Shao, Kwang-Tsao (1999). "A Review of the Carangid Fishes (Family Carangidae) From Taiwan with Descriptions of Four New Records". Zoological Studies. 38 (1): 33–68. 
  5. ^ Randall, John Ernest; Roger C. Steene; Gerald R. Allen (1997). Fishes of the Great Barrier Reef and Coral Sea. University of Hawaii Press. hlm. 161. ISBN 0-8248-1895-4.