Kumpele

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kumpele
Periode 23–0 jtyl
Miocene to Present[1]
Plectorhinchus
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasActinopteri
OrdoLutjaniformes
FamiliHaemulidae
GenusPlectorhinchus
Lacépède, 1801

Plectorhinchus atau kumpele adalah genus ikan bersirip pari laut, milik subfamili Plectorhinchinae yang merupakan salah satu dari dua subfamili dalam keluarga Haemulidae yang juga termasuk gerutuan . Spesies dalam genus ini banyak ditemukan di perairan tawar, payau, dan asin .

Deskripsi dan karakteristik[sunting | sunting sumber]

Ikan ini memiliki bibir yang besar dan berdaging dan cenderung hidup di terumbu karang di Indo-Pasifik dalam kelompok kecil atau berpasangan. Mereka sering bergaul dengan ikan lain dari spesies serupa; beberapa spesies kumpele terkadang berenang bersama. Mereka biasanya terlihat berkelompok di sudut dan celah atau di bawah overhang. Saat malam tiba, mereka keluar dari tempat berlindung untuk mencari mangsa invertebrata yang tinggal di bawah, seperti bristleworms, udang, dan kepiting kecil.

Pewarnaan dan pola kumpele berubah sepanjang hidup mereka. Misalnya, Plectorhinchus polytaenia mengembangkan lebih banyak belang seiring bertambahnya usia. Kumpele remaja umumnya terlihat sangat berbeda dari orang dewasa, dan sering hidup menyendiri di bagian terumbu yang lebih dangkal. Remaja mungkin berpita atau berbintik dan biasanya memiliki warna yang sama sekali berbeda dari orang dewasa spesiesnya. Remaja kecil memiliki pola berenang bergelombang, mungkin meniru cacing pipih beracun sebagai sarana penghindaran predator.[3] [4]

Juvenile Plectorhinchus lessonii dari Taiwan

Spesies[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Sepkoski, J. (2002). "A compendium of fossil marine animal genera". Bulletins of American Paleontology. 364: 560. 
  2. ^ Templat:Cof family
  3. ^ Debelius, H. Asia Pacific Reef Guide. 2001. ISBN 3-925919-56-2
  4. ^ Debelius, H. Indian Ocean Reef Guide. 2001. ISBN 978-3-931702-67-0