Kukabura

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kukabura
Dacelo

Laughing Kookaburra in Tasmania, Australia
recorded in south Western Australia
Rekaman
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasAves
OrdoCoraciiformes
FamiliAlcedinidae
GenusDacelo
Leach, 1815
Species
Distribusi
EndemikAustralia dan Papua

Kukabura (diucapkan /ˈkʊkəbʌrə/ ) atau raja-udang irian (hanya untuk burung yang tinggal di papua) adalah burung pekakak pohon terestrial dari genus Dacelo yang berasal dari Australia dan Nugini, yang tumbuh antara 28 dan 47 cm (11 dan 19 in) panjangnya dan beratnya sekitar 300 g (11 oz) . Nama tersebut merupakan kata pinjaman dari Wiradjuri guuguubarra, onomatopoeik panggilannya. Suara kukabura tertawa yang keras dan khas banyak digunakan sebagai efek suara standar dalam situasi yang melibatkan latar semak Australia atau hutan tropis, terutama di film-film lama.

Mereka ditemukan di habitat mulai dari hutan lembab hingga sabana gersang, serta di daerah pinggiran kota dengan pepohonan tinggi atau dekat air mengalir. Meskipun mereka termasuk dalam kelompok yang lebih besar yang dikenal sebagai " pekakak ", kukabura tidak berhubungan erat dengan air.[1]

Spesies[sunting | sunting sumber]

Lima spesies kukabura dapat ditemukan di Australia, Papua dan Kepulauan Aru : [2]

Tidak seperti biasanya bagi kerabat dekatnya, spesies kukabura tertawa dan raja udang irian sayap biru merupakan pesaing langsung di wilayah dimana wilayah jelajah mereka kini tumpang tindih.[3] Hal ini menunjukkan bahwa kedua spesies ini berevolusi secara terisolasi, mungkin pada periode ketika jarak antara Australia dan papua lebih jauh.

Kukabura bersifat dimorfik seksual . Hal ini terlihat pada raja udang irian sayap biru dan kukabura perut merah, dimana jantan memiliki ekor berwarna biru dan betina memiliki ekor berwarna coklat kemerahan.

Perilaku[sunting | sunting sumber]

Kukabura hampir secara eksklusif merupakan karnivora, memakan tikus, ular, serangga, reptil kecil, dan anak burung lainnya. Berbeda dengan burung pekakak lainnya, mereka jarang memakan ikan, meskipun mereka diketahui mengambil ikan mas dari kolam taman. Di kebun binatang, mereka biasanya diberi makanan yang cocok untuk burung pemangsa .

Meskipun sebagian besar burung akan menerima pemberian dan mengambil daging dari barbekyu, memberi makan daging giling atau makanan hewan tidak disarankan, karena tidak mengandung cukup kalsium dan serat .[4]

Mereka bersifat teritorial, kecuali kukabura perut-merah, yang sering tinggal bersama anak-anaknya dari musim sebelumnya.[5] Mereka sering bernyanyi secara paduan suara untuk menandai wilayah mereka.

Konservasi[sunting | sunting sumber]

Semua spesies kukabura terdaftar sebagai spesies berisiko rendah . Hukum Australia melindungi burung asli, termasuk kukabura.[6]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Simpson, Ken (1989). Field guide to the birds of Australia: a book of identification. Christopher Helm. hlm. 317. 
  2. ^ "Rollers, ground rollers, kingfishers – IOC World Bird List". www.worldbirdnames.org. Diakses tanggal 2023-02-03. 
  3. ^ "Kookaburra, Dacelo sp. Factsheet (Bibliography)". San Diego Zoo. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2 February 2017. Diakses tanggal 23 Jan 2017. 
  4. ^ Giles, Jennie (1994). "Caring for Wild Birds in Captivity Series (Adelaide and Environs): Caring for Kookaburras" (PDF). Bird Care & Conservation Society South Australia Inc. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 29 May 2015. Diakses tanggal 26 August 2015. 
  5. ^ Legge, Sarah (2004). Kookaburra: King of the Bush. Collingwood, Victoria: CSIRO Publishing. ISBN 978-0-643-09063-7. OCLC 223994691. 
  6. ^ "BirdLife Data Zone". datazone.birdlife.org. Diakses tanggal 2022-05-03.