Kredo Damasus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Credo Damasus atau yang lebih dikenal sebagai Fides Damasi (Iman Damasus) adalah salah satu rumusan iman yang diakui oleh Gereja Katolik dan sebagian denominasi Protestan. Secara tersurat, credo ini disebut dalam Katekismus Gereja Katolik (1983) No. 192. Kredo ini diakui oleh sebagian denominasi Protestan karena secara tersurat dijumpai antara lain dalam Confessio Helvetica Posterior (1566).

Penggunaan[sunting | sunting sumber]

Sejauh ini, Kredo Damasus tidak digunakan dalam upacara liturgi. Karena itulah Kredo Damasus kurang dikenal. Biasanya kredo ini digunakan sebagai referensi untuk membantu menerangkan ajaran Gereja mengenai Tritunggal. Bagian paling terkenal yang sering dikutip dari kredo ini adalah kalimat: non sic unum Deum quasi solitarium, … (Dia satu Allah tetapi tidak sendiri: …).

Asal usul[sunting | sunting sumber]

Pada umumnya para ahli sejarah sepakat bahwa Kredo Damasus bukan disusun oleh seorang paus yang memakai nama Damasus, walaupun Fides Damasi identik dengan Paus Damasus I (memerintah sejak 1 Oktober 366 sampai 11 Desember 384). Kredo ini disusun oleh St. Hieronimus, seorang imam dan sekretaris pribadi paus. Dia mengirimkan kredo ini dalam sepucuk surat kepada Paus Damasus I. Diperkirakan St. Hieronimus menulis suratnya ketika dia berada di Roma dan selalu berhubungan dengan paus.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]